Inilah Objek Wisata Unggulan di Jawa Tengah yang Wajib Kamu Tau

Wisata Unggulan di Jawa Tengah
toriqa.com

Jika Anda dari luar Jawa Tengah, Anda pasti tertarik untuk sesekali mencoba liburan di kawasan ini. Banyak sekali tempat wisata yang bisa dieksplor saat berkunjung ke Jawa Tengah, tidak hanya di ibu kota khususnya Semarang, tetapi juga di provinsi-provinsi yang memiliki tempat wisata untuk dijelajahi.

Berikut beberapa tempat wisata di Jawa Tengah:

Candi Borobudur Kabupaten Magelang

Jika Anda menyukai tempat wisata sejarah, maka Candi Borobudur adalah lokasi yang tepat untuk dikunjungi dan bisa menjadi spot foto yang sempurna juga.

Struktur bangunan candi tidak hanya bisa dikagumi karena nilai seninya yang tinggi, tetapi pemandangan di sekitarnya juga terlalu menawan untuk membuat wisatawan menyesal atau menyerah.

Buka dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore, Candi Borobudur memiliki 504 stupa dan 1.460 prasasti di kompleksnya yang bisa dinikmati pengunjung hanya dengan Rp 12.500 per anak dan Rp 30.000 per orang dewasa.

Baturaden Kabupaten Banyumas

Bagi yang suka berlibur menikmati keindahan alam, pemandangan di Baturadin sangat indah, apalagi saat merasakan kesejukan udara disana.

Dari kawasan Baturadin, wisatawan juga bisa melihat kota Purwokerto dan juga pantai-pantai indah yang ada di Cilacap.

Pancuran Pitu adalah salah satu tempat favorit bagi wisatawan karena sumber air panasnya yang konstan. Terletak di lereng Gunung Slamet sebelah selatan, ada nama lain yang disebut Wana Wisata Baturaden.

Tempat ini terkenal dengan hutan alamnya yang hijau dan sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang suka berkemah. Jika dari Baturadin jarak ke Wana Wisata hanya 2 km dan selain itu terdapat kebun binatang bernama Taman Kaloka Widya yang juga merupakan museum kerangka hewan Indonesia.

Di Baturadin ada tempat lain yang perlu diketahui dan dikunjungi wisatawan yaitu flag theater dimana ada pertunjukan yang diberikan oleh pesawat Garuda Indonesia jenis Foxer 28.

Wisatawan bisa masuk ke pesawat dan kemudian ada film tentang potensi wisata Banyumas yang bisa disimak disana agar lebih mengenal kekayaan alam yang dimiliki negara kita tercinta ini.

Setiap film yang ditonton bisa berdurasi hingga 15 menit. Untuk menikmati semua hiburan di Baturadin, diketahui harga tiketnya hanya 14 ribu.

Lawang Sewu Kota Semarang

Tempat wisata ini sepertinya sangat populer dan bahkan jika ditanya tentang tempat wisata populer di Jawa Tengah, rata-rata orang pasti akan merekomendasikan bangunan kuno peninggalan Belanda ini.

Lawang Sewu sebenarnya adalah sebuah bangunan yang digunakan sebagai perusahaan kereta api atau trem Belanda dan ini adalah kantor pusat di zaman kuno.

Bangunan yang berdiri sejak tahun 1904 ini memiliki banyak pintu, sehingga disebut Lawang Sewu atau Pintu Seribu.

Dengan lebih dari 1.200 pintu dan 429 bukaan pintu, kawasan wisata ini semakin menarik dan banyak pasangan yang akan menikah memilih Lawang Sewu sebagai tempat pemotretan prewedding mereka.

Tiket masuknya sangat terjangkau karena Anda hanya perlu membayar Rp. 10 ribu untuk setiap wisatawan, namun jika Anda juga tertarik untuk menjelajahi basement Lawang Sewu, wisatawan harus merogoh kocek sebesar Rp. 30 ribu per orang.

Lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada di kompleks Tugu Muda yang tepatnya berada di Jalan Pemuda. Ketahui juga tentang lagu daerah Jawa Tengah, berikut lirik, makna dan penciptanya.

Kampung Batik Laweyan Solo

Bagi wisatawan yang gemar berburu dan mengoleksi batik, kunjungan ke kampung kuno Batik Laweyan sangat direkomendasikan.

Bahkan jika dibandingkan dengan Keraton Kasunanan, tempat ini masih lebih tua dan batik sudah ada sejak lama, yaitu sejak Kerajaan Pajang sekitar abad ke-16 di Jawa Tengah.

Saat Anda memasuki kawasan Kampung Batik Laweyan, Anda akan dibuat takjub dengan arsitektur Eropa yang megah.

Di Laweyan rumah-rumahnya keren banget kayak di Eropa yang bangunannya begitu kokoh dan megah sehingga para saudagar batik terkenal menghuninya.

Setibanya di Laweyan, silahkan langsung menelusuri toko-toko di sana satu per satu untuk membeli batik favorit atau belajar membatik.

Harga batik yang ditampilkan bervariasi dan sangat relatif; Harganya berkisar dari puluhan hingga ratusan ribu untuk batik cap, dan jutaan rupiah untuk batik lukis.

Kota Lama Kota Semarang

Jika Jakarta memiliki Kota Tua, Semarang memiliki Kota Tua yang bisa menjadi tujuan Anda jika ingin berwisata di Jawa Tengah khususnya Semarang.

Jika kita melihat kota tua, dan jika kita melihat desain bangunan, maka secara otomatis akan mengingatkan kita pada bangunan tua Belanda, yang membuatnya sangat menarik bagi wisatawan dari mana saja.

Jika Anda sedang menjelajahi kawasan Kota Lama, salah satu tempat yang harus dikunjungi adalah Gereja Blendock yang sudah berusia lebih dari 2,5 abad.

Blenduk sendiri adalah kata yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti kubah dan gereja ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore dari hari Senin sampai Sabtu dan dari jam 1 siang sampai jam 4 sore khusus hari Minggu, kecuali ada pemberkatan pernikahan di gereja tersebut.

Atapnya memiliki lengkungan dan dihias dengan warna merah meskipun warna yang digunakan pada dindingnya adalah putih sehingga terlihat kontras.

Ciri khas gereja adalah fasad, yang memiliki dua menara kembar dengan empat pilar kokoh. Ada hal lain untuk dikunjungi saat Anda berada di kota tua, seperti Polder Air Tawang dan Stasiun Tawang.

Belum lagi ada Prau Layar atau lebih akrab disebut Praoe Lajar, pabrik rokok yang masih berdiri yang bisa dikunjungi di kawasan Polder.

Museum Kereta Api Kota Ambarawa

Tempat menarik lainnya yang bisa ditemukan di Jawa Tengah adalah Museum Kereta Api Ambarawa.

Tempat wisata yang buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore ini, harga tiket masuknya tidak selangit karena tarif kereta uap hanya Rs. 5.250 pulang pergi yang dapat menampung 80 orang, untuk tiket kereta api truk, Anda hanya membayar Rs. 10.000 rupee pada hari kerja. 15.000 pada hari libur dan tiket masuknya sendiri hanya membutuhkan uang saku. 5 ribu.

Hal-hal yang dapat dinikmati wisatawan di museum ini antara lain bangunan stasiun dengan kesan arsitektur Belanda yang masih sangat elegan, wisata kereta uap ke stasiun Willem 2 yang berada di kawasan Jumbo, dan wisata kereta lori yang mengangkut sekitar 20 penumpang menuju stasiun lama.

Di Tuntang dari stasiun Willem I, semua benda-benda bernilai sejarah dipajang dengan rapi di ruang pameran, serta pusat oleh-oleh dan jajanan yang terletak di sisi stasiun. Semua ini tidak boleh dilewatkan, terutama koleksi unik dari 21 lokomotif tua yang dapat menambah pengetahuan wisatawan.