Akhir-akhir ini cuaca di wilayah Indonesia khususnya di Kota Bogor sering terjadi hujan yang sangat lebat. Hampir setiap hari masyarakat merasakan hujan yang ekstrem, hingga mengakibatkan banjir hebat, angin kencang, bahkan tanah longsor. Belum lama juga ada korban karena adanya debit air yang besar sehingga membuat korban terseret arus, dan jasadnya ditemukan di daerah banjir kanal. Memang kita tidak bisa memprediksi akan datangnya hujan, apalagi di daerah Bogor saat musim kemarau saja pasti hujan apalagi saat musim hujan.

Sebagai manusia kita dituntut untuk harus mewaspadai segala macam bentuk bencana, tujuannya agar bisa selamat. Jika sedang terjadi bencana sangat banyak sekali aktivitas yang akan terganggu, seperti bekerja, mengikuti kuliah online atau kuliah karyawan, dan bentuk aktivitas lainnya yang biasanya kita lakukan setiap hari. Berbagai macam program dari pemerintah sudah dilakukan untuk menanggulangi banjir, namun apadaya sebagai manusia hanya bisa berencana saja tidak bisa menghendaki. Bencana tetap datang seiring berbagai macam penanggulangan yang dilakukan. 

Banjir dan tanah longsor selain adanya faktor alam, ada juga faktor yang dibuat oleh manusia itu sendiri. Seperti membuang sampah sembarangan, menebang pohon, dan lain-lainnya. Hal seperti itulah yang harus dibenahi, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat kedepannya agar tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan dan menebang pohon. Sangat dianjurkan sekali kepada masayarakat jika membuang sampah tidak di saluran air, seperti sungai maupun selokan. Karena jika membuang pada tempat tersebut akan menyumbat air yang akan lewat dan membuat luapan air, sehingga masayarakat itu sendiri yang akan menanggung akibatnya.

Menebang pohon juga menjadi salah satu faktor bencana tanah longsor, karena setiap air yang turun dari hujan dan diserap oleh tanah tidak ada beban yang bisa menahan tanah yang menyerap air tersebut. Maka akhirnya tanah itupun longsor dan membuat kerugian yang besar, baik kerugian material bahkan hingga kerugian nyawa.

Hal seperti itu yang paling penting untuk di ubah, karena dengan mengubahnya kita bisa merasakan dampak yang sangat besar baik itu dampak bagi alam sendiri maupun dampak bagi manusia.

By roket