perencanaan pernikahan

Menikah seringkali menjadi dambaan bagi setiap orang, terutama para wanita. Ada begitu banyak dari AZ yang harus dipersiapkan dengan sabar.

Namun karena niat baik harus diburu-buru, tak jarang pula tercipta momen sekali seumur hidup yang hanya bisa dilakukan dalam waktu singkat. Waktu tiga sampai empat bulan setelah lamaran sering digunakan untuk menyelesaikan pernikahan. Agar tidak terlalu menguras tenaga dan uang, lakukan 6 tips persiapan pernikahan ini, ShopBackers.

  1. Buat daftar undangan dan batasi tamu Anda

Karena ini hari paling bahagia Anda, maka Anda ingin mengundang semua orang yang Anda kenal. Percayalah, Anda tidak perlu melakukan ini.

Banyaknya undangan akan sangat mempengaruhi jumlah uang yang keluar. Jadikan pernikahan Anda menjadi momen sakral yang hanya dihadiri oleh orang-orang tertentu. Ajak keluarga dan teman-teman yang mengenal Anda dengan baik untuk hadir.

Ini akan efektif jika Anda benar-benar ingin menghemat uang. Jika sebuah pernikahan biasanya dihadiri oleh 500 tamu undangan, batasi tamu Anda hanya 200 orang.

  1. Buat anggaran sebagai alat kontrol

Setelah jelas berapa banyak tamu undangan yang akan menghadiri acara Anda, Anda dapat melanjutkan dengan membuat anggaran. Perhitungannya harus jelas, berapa persen kontribusi Anda dan pasangan untuk anggaran pernikahan Anda nanti.

Dari sini, Anda bisa mencari tempat, pesan catering, undangan, souvenir, dan lain sebagainya. Tentunya semuanya harus disesuaikan dengan budget yang telah dibuat. Pastikan juga Anda menyiapkan anggaran lebih untuk mengantisipasi biaya tak terduga.

  1. Selesaikan semua hal yang berhubungan dengan file

Jangan pernah meremehkan hal yang satu ini. Sebab, seringkali yang membuat persiapan pernikahan memakan waktu lama adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengurus dokumen resmi pernikahan. Tidak hanya terkait dengan urusan pemerintahan, berkas juga biasanya dibutuhkan untuk keperluan pernikahan agama.

Nah, jika Anda benar-benar terdesak waktu, fokuslah pada persiapan hari-hari pertama dengan menyelesaikan ini. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan, agar Anda lebih tenang. Dan yang harus diperhatikan, mengurus satu hal ini tidak bisa diwakilkan.

Termasuk saat ingin menikah secara sirih, anda  bisa menggunakan layanan nikah siri bandung yang biasanya akan dibantu mengurus berbagai hal terkait pernikahan.

  1. Cari lokasi sambil menyiapkan oleh-oleh yang kamu butuhkan

Carilah tempat yang cukup dan sesuai dengan daya tampung para tamu pada daftar yang Anda buat tadi. Jika Anda berencana mengadakan pesta pernikahan di rumah, artinya Anda bisa menghemat biaya sewa gedung. Atau mencari outdoor juga bisa menjadi solusi jika menginginkan harga yang lebih murah dibandingkan di dalam gedung.

Lakukan di hari selain Sabtu, karena Sabtu adalah primetime untuk pernikahan. Melakukannya di pagi hari juga lebih murah daripada di malam hari. Selain itu, Anda juga bisa mulai menyiapkan oleh-oleh yang akan Anda bagikan kepada tamu undangan.

  1. Pilih gaun pengantin Anda dan rencanakan riasan sekaligus

Setelah mendapatkan lokasi pernikahan dan mengetahui konsep pesta Anda nantinya, segera pilih gaun pengantin yang simpel dan tentunya sesuai dengan venue.

Kamu harus ingat, sesederhana apapun gaun pengantinmu, kamu dan pasangan akan tetap menjadi raja dan ratu hari yang paling keren. Jika ingin berhemat, Anda bisa membeli kain sendiri, mendesain sendiri dan memilih tempat menjahit yang murah namun tetap berkualitas. Saat menyiapkan pakaian, jangan lupa untuk merias wajah.

Biasanya pihak salon akan menawarkan paket pengantin. Bijaklah dalam memilihnya.

By jago