Tetap Aman Saat Melakukan Pengelasan MIG

Sudah menjadi rahasia umum bahwa aspek keselamatan harus menjadi perhatian utama dalam hal pengelasan. Operasi pengelasan menghasilkan percikan api dengan risiko besar terjadinya kebakaran dan benda-benda di sekitarnya dapat tersulut.

Pengelasan MIG, meskipun menghasilkan banyak panas dan cahaya berbahaya, masih bisa benar-benar aman selama Anda mengikuti semua tindakan pencegahan keselamatan yang penting.

Sebagai langkah pertama, Anda harus menempatkan alat pemadam kebakaran secara permanen di dekat area pengelasan. Lebih baik memiliki alat pemadam api jenis CO2 saat pengelasan. Alat pemadam air mungkin tidak cocok di bengkel las karena Anda akan berdiri di tengah banyak listrik.

Pastikan ada ventilasi yang memadai di area pengelasan sehingga asap berbahaya tidak membuat Anda mati lemas. Kenakan masker atau respirator jika Anda akan mengelas untuk waktu yang lama.

Cahaya yang dihasilkan oleh semua jenis pengelasan sangat terang dan dapat membakar mata dan kulit Anda seperti terik matahari jika Anda tidak melindungi diri dengan baik. Oleh karena itu, hal pertama yang Anda perlukan sebelum memulai pekerjaan pengelasan Anda adalah topeng las.

Lebih baik memakai masker las penggelapan otomatis karena lebih aman jika Anda akan melakukan pengelasan selama berjam-jam atau sering bekerja dengan logam. Tidak seperti topeng manual, topeng las penggelapan otomatis memungkinkan Anda kebebasan untuk menggunakan kedua tangan Anda untuk mengelas, dan tidak perlu repot-repot menyesuaikan topeng berulang kali. Gunakan juga layar las untuk melindungi orang lain di sekitar area pengelasan dari cahaya yang menyilaukan.

Jangan sekali-kali memanjakan diri dalam pengelasan MIG jika air mengenai Anda atau ada genangan air di sekitar permukaan pengelasan Anda. Hal ini diperlukan untuk mencegah semua kemungkinan kemungkinan tersengat listrik.

Karena panas yang berlebihan, kulit dan rambut Anda bisa terbakar dan oleh karena itu perlu memakai baju lengan panjang dan celana panjang yang tidak mudah terbakar tanpa manset. Gunakan sarung tangan las kulit dan pelindung mata atau tudung las yang efektif. Beberapa orang lebih memilih sarung tangan tipis untuk mengelas untuk ketangkasan yang lebih baik pada pergelangan tangan dan telapak tangan – tetapi untuk pengelasan MIG Anda dapat mengenakan sarung tangan apa pun yang Anda rasa nyaman.

Kulit tidak hanya akan jasa las Jogja melindungi kulit Anda dari panas yang dihasilkan oleh pengelasan tetapi mereka juga akan melindungi kulit Anda dari sinar UV yang dihasilkan oleh pengelasan. Harap diingat luka bakar UV terjadi tiba-tiba dan menyebar dengan cepat dan Anda harus ekstra hati-hati.

Jika Anda tidak bisa memakai kulit, maka Anda setidaknya harus beralih ke pakaian katun. Serat plastik seperti poliester dan rayon harus dihindari dengan hati-hati karena akan meleleh saat bersentuhan dengan logam cair dan akan membakar Anda secara positif. Kapas paling banyak akan membuat lubang dan tidak membakar atau melakukan sesuatu yang fatal.

Jangan pernah memakai sepatu berujung terbuka atau sepatu sintetis yang memiliki mesh di atas ujung kaki. Ada kemungkinan logam panas jatuh lurus ke bawah dan membakar lubang melalui bagian atas sepatu. Kenakan sepatu atau sepatu bot kulit atau setidaknya tutupi sepatu Anda dengan bahan yang tidak mudah terbakar.

Perlu diketahui bahwa bahan seperti serbuk gergaji, kertas atau kantong plastik di sekitar area pengelasan dapat membara dan terbakar – jadi jagalah agar pengelasan tetap rapi dan bersih serta bebas dari barang yang mudah terbakar. Perhatian Anda jelas akan terfokus pada pengelasan dan tidak mungkin bagi Anda untuk memperhatikan apa yang terjadi di sekitar Anda bahkan jika sesuatu tiba-tiba terbakar.