• Wed. Dec 2nd, 2020
Tak Perlu Waktu Banyak, Inilah Menu Sarapan Praktis untuk Anak

Sebelum beraktivitas seharian, anak harus mendapatkan asupan energi dengan sarapan terlebih dahulu. Tanpa sarapan pagi, anak akan lemas dan kurang bertenaga baik ketika bermain atau belajar di sekolah. Berikut ini ada beberapa menu sarapan praktis untuk anak yang bisa dibuat hanya dalam waktu beberapa menit saja namun tetap memiliki gizi yang baik.

Menu-Menu Sarapan Praktis untuk Anak

  1. Omelet keju

Omelet keju sangat mudah untuk dibuat. Telur memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk tubuh anak, apalagi ditambahkan keju yang gurih tentu akan membuat anak akan tergugah selera makannya. Bahan yang diperlukan untuk memasak ini hanyalah telur, keju, dan juga parutan wortel, sedangkan untuk memasaknya hanya butuh sekitar 5 menit saja.

  1. Orak-arik bunga kol

Satu lagi olahan telur yang sangat baik digunakan untuk sarapan pagi, yakni orak-arik bunga kol. Bunga kol memang terkenal karena nutrisinya yang baik untuk buah hati. Anda bisa menambahkan beberapa bahan tambahan seperti bakso, sosis, dan sebagainya tergantung dari apa yang anak suka. Untuk membuat menu ini hanya perlu 7 hingga 10 menit saja.

  1. Banana smoothies

Menu ini sangat cocok dimasak jika anak menyukai buah-buahan, terutama pisang. Selain rasanya yang segar dan manis, nutrisi dari buah pisang juga baik untuk tubuh. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu memotong kecil-kecil buah pisang dan blender bersama air es dan yogurt. Kemudian, sajikan ke dalam gelas saji dan berikan pada si kecil sebelum ia beraktivitas.

  1. Roti Bakar

Jika anak sudah mulai bosan mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidratnya, maka menu ini bisa dijadikan alternatif. Roti bakar sangat mudah untuk dibuat dan bisa dikombinasikan dengan berbagai rasa selai, mulai dari blueberry, nanas, cokelat, kacang, dan lain-lain. Bahkan Anda juga bisa menambahkan beberapa toping buah-buahan atau biskuit untuk menambah tekstur.

  1. Bubur ayam oatmeal

Tidak bisa dipungkiri bahwa bubur ayam memang memiliki rasa yang lezat. Teksturnya yang lembut akan membantu anak jika masih kurang bersemangat untuk makan di pagi hari. Adanya tambahan oatmeal akan memberikan sumber energi yang lebih besar. Untuk membuat ini, Anda perlu menyiapkan bahan oatmeal instan, daging ayam, jagung manis, buncis, dan susu.

  1. Sereal buah

Mungkin selama ini ketika mendengar kata sereal maka yang terbayang adalah sejenis kepingan cokelat dan gandum yang dimasukkan ke dalam susu. Namun, menu kali ini cukup unik dan berbeda, yakni sereal buah. Sereal buah sangat baik untuk kesehatan anak karena buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Di samping memberikan menu-menu di atas, sebaiknya anak diberikan nutrisi tambahan untuk mengantisipasi ada nutrisi yang belum terpenuhi. Salah satu caranya adalah dengan memberikan susu Bebelac. Rasanya enak dan kandungan nutrisinya yang tinggi akan membantu anak mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.