• Mon. Oct 26th, 2020
Sudah Terbukti! Alpukat, Makanan yang Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Makanan yang menurunkan kolesterol menjadi salah satu makanan yang banyak diburu oleh masyarakat yang peduli akan kesehatan. Jangan menyepelekan kolesterol dalam tubuh karena jika jumlahnya berlebih akan mengakibatkan kesehatan Anda menjadi terganggu. Awalnya, Anda akan merasa pegal di beberapa bagian pada tubuh. Apabila Anda mengacuhkannya, lama kelamaan kolesterol dapat menyumbat aliran darah dan menyebabkan beberapa penyakit, seperti jantung. Pastinya Anda tak mau bukan jika penyakit mematikan tersebut menyerang hanya gara-gara pola makan yang tidak sehat? Makanya, tak ada salahnya mulai dari sekarang Anda mengetahui makanan yang dapat menurunkan kolesterol.

Salah satu makanan yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah buah alpukat. Buah ini pastinya sudah kerap Anda jumpai, baik dalam bentuk minuman atau pun untuk campuran beberapa makanan. Menurut ahli kesehatan, alpukat ini mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat dapat menstabilkan kolesterol dalam darah. Jika Anda mau mengkonsumsinya secara rutin, maka serangan jantung yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol tak akan terjadi. Malah sebaliknya, jantung Anda bisa terjaga kesehatannya.

Manfaat dari Buah Alpukat

Buah alpukat dapat dikatakan sebagai buah yang kaya akan manfaat. Tak hanya dapat difungsikan untuk menstabilkan kolestrol dalam darah. Alpukat nyatanya juga masih menyimpan sejuta manfaat untuk tubuh konsumennya. Apabila Anda memiliki masalah dengan pencernaan, misalnya sering sembelit, Anda bisa menjadikan alpukat sebagai solusinya karena alpukat juga kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Untuk ibu hamil yang butuh asam folat tinggi, bumil juga bisa mendapatkannya dari alpukat. Bahkan, untuk Anda yang memiliki masalah dengan mata, alpukat juga bisa jadi jurus terampuhnya karena pada alpukat juga mengandung antioksidan karoten.

Cara Kerja Alpukat untuk Menurunkan Kolesterol

Anda yang merasa memiliki kandungan kolesterol berlebih pada tubuh, usahakan mulai sekarang menjadikan alpukat sebagai asupan harian. Dalam satu buah alpukat mengandung 71 persen lemak tak jenuh. Kadar lemak sehat pada alpukat yang tinggi tentunya akan membantu menjaga tubuh dari gangguan-gangguan kesehatan. Selain itu, pada alpukat juga mengandung lipoprotein. Lipoprotein sendiri dibagi menjadi 2 yaitu HDL dan LDL. Tentunya keduanya memiliki fungsi yang berbeda. HDL yang sering disebut lemak baik akan membantu tubuh mengangkut kolesterol ke hati. Tujuannya tentunya agar hati bisa menumpasnya dan tak akan membuat kerja jantung menjadi berat.

Sedangkan LDL yang lebih terkenal dengan lemak jahat memiliki fungsi yang berbeda. Keberadaanya yang berlebih pada darah manusia malah dapat membahayakan kesehatan, terutama jantung karena LDL memicu munculnya plak pada pembuluh arteri jantung. Tetapi, Anda tak usah khawatir, ketika alpukat dikonsumsi secara rutin, buah berwarna hijau ini dapat menstabilkan kolesterol dengan cara menaikkan 11 persen kadar HDL dan menurunkan LDL sebesar 22 persen. Untuk itu, tak ada salahnya Anda menjadikan alpukat sebagai stok wajib untuk keluarga di rumah. Agar tidak bosan, Anda bisa menyajikannya dengan cara berbeda, mulai dari dibuat jus atau sebagai campuran salad.

Cara Menurunkan Kolesterol

Selain rutin mengkonsumsi buah alpukat, Anda juga bisa menurunkan kolesterol dengan cara-cara yang mudah. Usahakan Anda meluangkan waktu untuk berolahraga karena aktivitas tersebut dapat membuat penumpukan kolesterol berkurang. Anda juga bisa menumpas kolesterol dengan mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat larut. Untuk rekomendasi makanan yang menurunkan kolesterol yang memiliki kadar serat larut terbaik yaitu nestle acticor. Asupan tambahan untuk tubuh ini sudah terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol jika Anda mau mengkonsumsinya paling tidak 2 kali sehari. Anda pastinya tak akan bosan karena nestle acticor tersedia dalam beberapa varian seperti coklat, pisang, alpukat dan green tea-latte.  Jadi, tak ada salahnya Anda membuktikannya mulai dari sekarang.