Spesifikasi PlayStation 4 Pro

main image

Play Station 4 atau PS4 menurut Wikipedia merupakan konsol permainan video buatan Sony Computer Entertainment. Konsol yang diumumkan sebagai penerus Playstation 3 ini dirilis di Indonesia pada 9 Februari 2014. PS4 ini berkompetisi dengan Nintendo Wii U dan Microsoft  Xbox One sebagai salah satu konsol permainan video generasi kedelapan. Sony ingin memberi banyak focus terhadap cara bermain sosial dengan menambahkan tombol berbagi di kontroler terbarunya untuk PS4 dan memungkinkan pemain menonton video game yang dimainkan teman secara langsung atau live. Selain itu, Sony juga mengeluarkan Play Station 4 Pro. Jika kamu berminat membeli PS4 Pro, dibawah ini kita bahas semua fitur dan spesifikasinya. 

  1. Spesifikasi

Play Station 4 Pro memiliki prosesor utama ‘single custom chip’, berisi CPU Octa-core AMD Jaguar x86-64 dan GPU AMD Radeon 4.2 TFLOP. Untuk memori RAM nya yaitu GDDR5 8 GB. Sedangkan penyimpanan internal atau hard disk nya yaitu sebesar 1 TB. Untuk Optical drivenya sudah Blu-ray 6-speed CAV, DVD 8-speed CAV. Lalu input dan outputnya terdapat tiga USB Super-Speed (3.2 Gen-1) dan sebuah port AUX. Konektivitasnya yaitu terdapat Ethernet, Wi-Fi IEEE 802.11 dan Bluetooth 4.0. Untuk output audio dan video yaitu terdapat terminal HDMI (4K/HDR). Power supply-nya AC 100V, 50/60 Hz. Listrik yang dikonsumsi PS4 Pro ini sampai 310W.

  1. Bodi PS4 Pro

PS4 Pro ini memiliki dimensi 285 mm x 55 x 327 mm, belum termasuk stand. Untuk beratnya untuk ukuran game konsol ini termasuk ringan yaitu 3,3 kg. Untuk penempatan PS4 Pro ini, temperatur yang disarankan yaitu 5 sampai 35 derajat celcius.

  1. Fitur-fitur

Pada PS4 Pro ini terdapat peningkatan grafis dan performa untuk beberapa game yang didukung dan termasuk judul Playstation VR. Resolusinya yaitu sudah 4K 2160p YUV420 dan 2160p RGB. Bisa upscale game ke resolusi 4K dengan rendering checkerboard dan beberapa game resolusi UHD native. PS4 Pro ini mendukung penyajian video 4K, termasuk Netflix dan Youtube. Hadir bersama versi baru kontroler DualShock 4 dan memiliki striping LED. Adanya port USB 3.1 di sisi belakang. Dapat mendukung hard disk eksternal SATA-III. Terdapat upgrade pada Wi-Fi, seperti model New PlayStation 4. Mendapat upgrade streaming Share Play serta Remote Play, sekarang bisa memberikan resolusi full HD di PC, Mac, dan Xperia. Untuk sisi desainnya, PS4 Pro ini memiliki finishing sama seperti PS4 Slim tetapi volumenya lebih besar.

  1. Hal yang Perlu Diketahui

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli PS4 Pro ini ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui pada konsol ini. Pada konsol ini tidak ada game eksklusif PS4 Pro. Satu judul bisa berjalan di kedua konsol. Kemudian, tidak ada DLC eksklusif PS4 Pro, kecuali kalau kamu upgrade di sejumlah mode. Lalu game tanpa dukungan PS4 Pro akan berjalan sama layaknya di PS4 yang standar. Lalu menyajikan dukungan periferal yang sama seperti sebelumnya. Konsol ini memanfaatkan ekosistem Playstation network yang sama. Lalu konsol ini kompatibel dengan seluruh data save, trofi dan info akun di Playstation 4. Untuk playstation store nya ini tetap sama dengan yang sebelumnya, walaupun kemungkinan store menampilkan beberapa fitur yang hanya tersedia di PS4 Pro saja. Awal peluncurannya dibanderol US$ 400.