• Fri. Jun 25th, 2021

Membeli Solusi Perangkat Lunak Berarti Mengadaptasi Proses Bisnis

Byakhad

May 29, 2021

Solusi Perangkat Lunak

CRM, SCM, FAS, ESS, ECM dan BPA hanyalah beberapa dari aliran akronim dan kata kunci yang tidak ada habisnya yang dihadapi pemilik usaha kecil yang mencari solusi perangkat lunak yang baik untuk mengotomatiskan fungsi bisnis utama.

Janji dari banyak solusi perangkat lunak berbasis cloud untuk mengotomatiskan fungsi utama bisnis sangatlah mengesankan. Kemampuan perwakilan penjualan teknologi untuk berbicara dalam bahasa yang sama sekali berbeda menggunakan kata-kata bahasa Inggris yang dilengkapi dengan akronim, jargon, dan ekspresi unik sama-sama mengesankan.

Hal ini menciptakan suasana superioritas karena tampaknya hanya orang-orang istimewa yang dapat mengetahui semua hal ini dan membuat makna apa pun darinya dalam istilah bisnis. Banyak bisnis kecil dengan mudah mengadopsi solusi ini, percaya bahwa mereka akan memperoleh daftar manfaat yang menarik.

Tantangan bagi pemilik bisnis lebih dari sekadar mempelajari bahasa baru yang membingungkan. Lebih penting lagi, mereka harus belajar menyesuaikan proses bisnis anda, orang, kebijakan, praktik, dan semua informasi serta pekerjaan yang harus mengalir melalui fungsi bisnis yang dilayani oleh perangkat lunak ini.

Ironisnya, banyak bisnis yang sangat besar mengutip kegagalan untuk menjalankan proses adaptasi ini sebagai alasan mengapa banyak sistem seperti itu gagal memenuhi harapan mereka. Ini terlepas dari banyaknya sumber daya teknologi informasi dan konsultan bisnis yang diterapkan untuk mengelola proses tersebut.

Bisnis kecil tidak memiliki akses ke jajaran pakar yang sama untuk membantu mereka mengelola transisi. Sebaliknya, mereka cenderung lebih bergantung pada pemasok solusi perangkat lunak. Sayangnya, sebagian besar pemasok perangkat lunak ini tidak menyediakan layanan untuk membantu pelanggan mereka mendefinisikan ulang proses bisnis dan alur kerja mereka.

Pemasok perangkat lunak berfokus pada penginstalan produk, memberikan pelatihan tentang praktik terbaik dalam penggunaan produk, memberikan dukungan teknis dasar untuk perangkat lunak, dan kemudian beralih ke prospek berikutnya. Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Setelah periode yang singkat, rasa frustrasi meningkat karena proses dan praktik kerja karyawan yang ada dalam bisnis berbenturan dengan cara perangkat lunak beroperasi sesuai rancangannya. Upaya untuk menyesuaikan perangkat lunak dengan alur kerja yang ada atau untuk mengembangkan solusi ke fungsionalitas yang tampaknya tidak sesuai atau hilang selalu menghasilkan lebih banyak frustrasi.

Sementara itu, bisnis tidak pernah sepenuhnya menyadari manfaat penuh dari perangkat lunak yang dijual oleh staf penjualan. Yang benar adalah bahwa bisnis tidak pernah sepenuhnya mengadopsi perangkat lunak sehingga manfaatnya hanya akan sesuai dengan tingkat penggunaannya.

Mendapatkan lisensi perangkat lunak dan mengaktifkan nama pengguna dan kata sandi pertama adalah bagian yang mudah. Untuk mencapai nilai riil pembelian ini membutuhkan penilaian yang akurat dan komprehensif dari proses bisnis yang sebenarnya di tempat dalam bisnis dibandingkan dengan yang disediakan dalam solusi perangkat lunak diperlukan untuk menentukan pekerjaan yang diperlukan untuk mengimplementasikannya dengan sukses.

Penilaian ini harus mencakup pemetaan proses, rencana manajemen perubahan untuk setiap proses, integrasi sistem dan alur kerja, pelatihan pengguna, dan pengujian dunia nyata dan rencana proyek keseluruhan untuk mengelola transisi ke mode operasi baru.

Manajer proyek yang kompeten dengan operasi bisnis, analisis proses bisnis, dan keahlian penerapan perangkat lunak dapat menjadi aset yang tak ternilai untuk memungkinkan penerapan solusi perangkat lunak yang menguntungkan dalam jangka panjang untuk bisnis kecil.