Generasi unggul dapat diartikan sebagai generasi yang lebih baik dengan kecerdasan dan karakter yang lebih unggul. Untuk menciptakan generasi emas di masa depan sekolah unggulan hadir sebagai salah satu cara. Hal ini juga agar kebutuhan pendidikan memiliki lembaga yang lebih berkualitas, profesional dan unggul serta modern.

Indikator Sekolah Unggul

Cara memenuhi kebutuhan standar minimum sekolah mendapatkan kualitas lulusan yang lebih unggul dan lebih bermutu untuk masa depan. Sekolah unggul ini menjadi arena pendidikan karakter pemimpin masa depan dengan pemikiran dan tindakan yang jujur, cerdas luas dan mendalam.

Sekolah unggul ini diharapkan memiliki indikator terukur seperti lembaga penyelenggaraan yang kredibel dan bereputasi unggulan, sarana prasarana dan layanan prima, sistem pembelajaran yang efektif dan efisien serta prestasi akademik dan non akademik unggulan. Suatu kebanggaan tersendiri bagi para orang tua apabila anaknya masuk ke sekolah unggulan.

Indikator ini dibuat untuk menghasilkan generasi berkarakter generasi emas yang memiliki kompetensi nilai, karakter, gaya hidup, sikap, pola pikir konsep, yang unggul kreatif cerdas dan inovatif. Dalam mewujudkan hal tersebut, kontribusi sekolah harus nyata dalam mewujudkan lingkungan dan kehidupan yang baik untuk mereka.

Karena sekolah ini dipercaya bisa berproses secara maksimal. Dengan fasilitas yang serba lengkap, proses pembelajaran maksimal dan terarah dan didukung oleh tenaga professional. Sekolah unggul memiliki kualitas pendidikan yang lebih baik. Pada dasarnya, sekolah unggul adalah sekolah yang berfokus pada kualitas proses pembelajaran, bukan pada kualitas input siswanya.

Dan kualitas proses pembelajaran tersebut tergantung pada kualitas guru yang bekerja. Pendidikan tidak boleh hanya diartikan sebagai proses transfer ilmu, namun juga harus diartikan sebagai upaya untuk membantu para siswa mampu mengenal diri dan lingkungannya.

Kemampuan mengenal diri dan lingkungannya adalah kemampuan untuk melihat secara objektif dan kemampuan untuk merespon secara tepat. Untuk itu calon siswa hendaknya dapat diukur saat seleksi siswa baru, dengan begitu hal ini dapat mengukur nilai kecerdasaan yang mereka miliki.

Proses pembelajaran di sekolah unggulan ini harus berkaitan dengan kemampuan guru, fasilitas belajar, kurikulum metode pembelajaran dan juga jaringan kerjasama. Sekolah unggul harus memiliki fasilitas dan sarana prasarana yang lebih unggul, dengan media pembelajaran dan pengajaran yang canggih.

Sekolah unggul juga harus memiliki iklim belajar yang positif di mana seluruh muridnya bisa menguasai keterampilan dasar, meraih prestasi akademik dengan maksimal serta menunjukkan keberhasilan melalui evaluasi yang sistematis. Tipe sekolah unggul ialah sekolah yang proses belajar mengajar dilakukan secara efektif.

Sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan tidak hanya dilihat dari tingkat pencapaian tujuan tetapi juga proses dan karakteristik sekolah. Sekolah Murid Merdeka, hadir sebagai sekolah unggul terpadu yang memiliki sistem pendidikan karakter dan pendidikan akademik yang baik.