Oktober biasanya dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis dan horor karena hari Halloween jatuh pada bulan tersebut, salah satunya adalah film Qodrat dan Inang. Indonesia pun tidak ingin kalah dengan dua film horor yang akan tayang bulan Oktober ini, ayo simak.

  1. Tentang Film Qodrat dan Inang

Disutradarai oleh Charles Gozali, film Indonesia dengan genre horor religi ini akan tayang di bioskop kesayangan pada Oktober 2022 mendatang. Film diproduksi oleh Rapi Films yang sudah terkenal dengan film-film horor produksinya dan sering menyabet penghargaan.

Di satu sisi lain, Inang merupakan tayangan besutan Fajar Nugroho. Banyak penikmat film lebih mengenalnya dengan nama Fajar Nugros.

  1. Tanggal Perilisan

Trailer official yang dirilis pada tanggal 5 September lalu, membuat para fans sudah tidak sabar menantikan tayangnya film ini. Rapi Films menyebutkan akan tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai 27 Oktober.

Jadi, bagi Anda yang ingin menonton siap-siap mengosongkan jadwal pada tanggal itu. Serta untuk mengecek bioskop di daerah masing-masing. Tak jauh dari Qodrat, Inang akan tayang mulai 13 Oktober.

  1. Jalan Cerita Film

Film Qodrat mengisahkan tentang seorang ustadz bernama Ustadz Qodrat yang dipercaya oleh warga untuk mengusir jin dan roh jahat dengan rukiah. Rukiah dapat dilakukan dengan membacakan ayat Al-Qur’an, tetapi karena jin yang dihadapi terlalu kuat maka warga meminta bantuan Ustadz Qodrat.

Sementara itu, ritual yang dilakukan di film Inang adalah ruwatan. Apakah ruwatan dan rukiah sama? Tentunya kedua ritual ini berbeda.

  1. Masalah yang Diangkat

Hidup Ustadz Qodrat yang tidak lepas dari campur tangan dunia gaib berdampak pada anaknya. Pada awal film, Anda akan disuguhkan adegan Ustadz Qodrat merukiah anaknya, Alif, yang dapat membuat bulu kuduk merinding.

Sayangnya, Qodrat malah gagal merukiah anaknya sendiri dan memutuskan kembali ke Desa Kober, tempat ia menimba ilmu agama dulu. Bukannya mendapat jalan keluar, berbagai gangguan dari setan Assuala yang merasuki anaknya malah semakin menjadi-jadi ketika ia berada di sana.

  1. Pemeran Utama

Vino G Bastian mendapat kesempatan untuk memainkan Ustadz Qodrat dalam film ini. Film Qodrat akan menjadi film horor pertama yang diperankannya sebagai pemeran utama.

Istri Vino G Bastian, Marsha Timothy juga ikut beradu akting dengan sang suami dalam film ini. Peran Marsha di sini adalah sebagai Yasmin, ibu dari Alif Amri yang kerasukan di desa Kober. Di sisi lain, film Inang melibatkan aktor yang tak kalah keren, yaitu Dimas Anggara.

  1. Latar Film

Film Qodrat mengambil latar waktu berpuluh-puluh tahun yang lalu. Sewaktu Ustadz Qodrat masih membantu warga merukiah jin dan ketika terjadi insiden ia gagal merukiah anaknya sendiri.

Mengambil latar tempat di sebuah pesantren tempat Ustadz Qodrat menimba ilmu. Suasana film ini terasa semakin mencekam dengan banyaknya hal-hal mistis yang terjadi di pesantren tersebut.

  1. Antusiasme Fans

Meskipun baru merilis trailer official, rupanya banyak sekali orang-orang yang menunggu tayangnya kedua film ini. Dilihat dari akun Instagram mereka yang berinteraksi dengan banyak penggemar, terlihat bahwa banyak yang menantikan akting Vino dan Marsha dalam film ini Qodrat, atau Dimas Anggara dalam film Inang.

  1. Film dengan Genre Serupa

Indonesia memang suka sekali memproduksi film dengan genre horor yang membuat jantung berdegup kencang. Film dengan genre yang sama dengan Qodrat contohnya adalah film Inang.

Kedua film ini sama-sama mengangkat kisah ritual pengusiran jin dan setan, tetapi dengan cara yang berbeda. Jika film ini menggunakan teknik rukiah, film Inang menggunakan teknik buang sial yang ada dalam tradisi Jawa.

Film Inang akan mengisahkan tentang Wulan, perempuan yang hamil di luar pernikahan dan akan melahirkan tepat pada Rabu Wekasan. Karena kepercayaan yang menganggap anak yang lahir di Rabu Wekasan akan mendatangkan bencana, maka Wulan akhirnya menjadu korban dari ritual keluarga Santoso.

Itu dia dua film horor yang dapat Anda tonton di bulan Oktober, akan disarankan untuk menonton bersama teman atau keluarga bagi Anda yang penakut. Jadi, mana yang akan Anda pilih antara dua film horor ini?

By Drajad