Pusat ajaran agama katolik terbentuk dalam wujud sakramen. Dan dalam agama katolik sendiri terdapat 7 Sakramen Dalam Gereja Katolik yang diakui secara universal.

Kata sakramen sendiri tidak dapat ditemukan hanya melalui karya tokoh-tokoh gereja katolik seperti halnya Turtulianus melainkan juga berbagai dokumen kanonik gereja. Yang mana darinya, Sakramen adalah bagian sentral dari ajaran dan doktrin umat katolik.

Sakramen Ada Ada Saja?

Dalam katekismus Gereja Katolik, Sakramen memiliki arti sebagai tanda dari kehadiran allah dalam hidup manusia. Atau suatu rahmat dari tuhan yang berkhasiat, dilembagakan dari Kristen dan dipercayakan kepada Gereja yang olehnya kehidupan ilahi diberikan.

Definisi sakramen sendiri merupakan definisi yang kompleks, oleh sebab itu penguraiannya seperti berikut:

  • Berkhasiat diartikan sebagai efektif atau suatu kata yang berarti menurut ajaran katolik, sakramen bisa mewakili apa saja. karena kuasa tuhan hanya bekerja dan orang-orang katolik mempercayainya.
  • Tanda, adalah objek, kata atau isyarat yang mengacu sesuatu diluar dirinya sendiri. Dalam ajaran agama katolik, sakramen mewakili setiap jenis benda. Dan kata-kata gerak tubuh manusia dan mengacu pada sesuatu yang lebih besar, yaitu rahmat dan belas kasih tuhan.
  • Umat Katolik, biasanya akan mendefinisikan kaasih karunia sebagai karunia allah yang diberikan secara Cuma-Cuma dan gratis melalui kehadirannya dalam bentuk sakramen.

Dari semua umat katolik mereka akan mempercayai kalau 7 Sakramen Dalam Gereja Katolik mengacu dan merupakan bentuk dari anugerah Allah dan sarana komunikasi yang paling efektif di antara tuhan dan umatnya.

Sakramen Ada Apa Saja?

Seperti yang ditulis diatas kalau dalam agama katolik terdapat 7 Sakramen Dalam Gereja Katolik, dan dibawah ini 7 sakramen yang terdapat dalam ajaran katolik:

  1. Sakramen Baptis
  2. Sakramen Krisma
  3. Sakramen Ekaristi
  4. Sakramen Tobat dan Rekonsiliasi
  5. Sakramen Pengurapan Orang Sakit
  6. Sakramen Tahbisan atau Imamat
  7. Sakramen Perkawinan

Dari ke 7 sakramen diatas sebenarnya dibagi dalam 3 kategori yang diantaranya:

  • Penyembuhan
  • Inisiasi
  • Panggilan

Dan ini pun harus diketahui oleh setiap umat kristiani khususnya bagi pemeluk katolik, sebagai media dalam mengamalkan ajaran katolik dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian 7 Sakramen Dalam Gereja Katolik. Semoga ulasan diatas dapat memberikan manfaat untuk Anda.

By arief