Review Toyota Veloz

Harga Toyota Avanza Veloz 2020 lebih tinggi dari saudaranya. Model entry level Toyota Avanza Veloz 1.3 MT dibanderol Rp 224 juta, sedangkan harga resmi model termewah Toyota Avanza Veloz 1.5 AT Rp 248 juta.

Dari segi fungsionalitas, beberapa fitur baru telah ditambahkan, termasuk velg dan layar hiburan lini kedua MPV C-class ini. Jika tidak, bagian-bagian mesin tetap sama.

Toyota Avanza Veloz tercatat sebagai model andalan dari seri Toyota Avanza LMPV yang dijual sejak tahun 2003. Sebagai model tertinggi, Veloz memiliki berbagai detail yang membedakannya dengan Avanza 2019 standar.

Biasanya sebatas kosmetik, dan fungsinya lebih lengkap.

Spesifikasi

Oh ya, mungkin sebagian dari kita ingin tahu, mengapa PT Toyota Astra Motor meluncurkan Veloz dan memisahkannya dari Toyota Avanza biasa?

Oleh karena itu, pada tahun 2011, Avanza generasi kedua adalah Toyota Avanza Veloz.

Toyota Avanza Veloz memiliki positioning yang lebih tinggi dari Avanza Normal, serta memiliki tampilan dan fungsi yang lebih mewah dari Avanza biasa, meskipun tidak ada perbedaan mekanis.

Pada tahun 2015, Toyota Avanza Veloz dirombak dan mengadopsi seri mesin baru yaitu varian 1.3 menggunakan kode mesin 1NR-VE, sedangkan varian 1.5 menggunakan kode mesin 2NR-VE yang keduanya menggunakan teknologi dual VVT-i. . Tentu tidak lupa ubahan lainnya pada tampilan, interior, host dan fitur keselamatan yang lebih lengkap.

Empat tahun kemudian, pada Januari 2019, Toyota Avanza dan Veloz dirombak kembali. Bedanya dengan dulu, kini hanya eksterior, interior dan fungsinya saja yang diperbarui. Meskipun bisa dikatakan cukup besar, seberapa besar? Periksa komentar di sini.

Eksterior

Kita mulai dari tampilannya, perubahan paling signifikan pada bagian depan Toyota Avanza adalah lampu depan independen, yang mengingatkan kita pada dua MPV premium Toyota Voxy dan Vellfire di Indonesia.

Lampu bagian atas merupakan lampu utama menggunakan teknologi LED, sedangkan bagian bawah terdiri dari lampu senja dan lampu sein. Keduanya dipisahkan oleh garis tipis warna bodi, di atasnya kita bisa melihat desain gril yang sedikit lebih besar.

Itu masih mempertahankan gril bawah trapesium besar, yang terhubung langsung ke rumah lampu kabut, dan sekarang terlihat memanjang, dan sekilas terlihat seperti senyum badut.

Dimensi dan jarak sumbu roda tetap sama, kecuali side skirt dengan trim chrome pada varian Veloz 1.5, atau pelek two-tone model baru yang diklaim lebih aerodinamis.

Kalaupun ada, terbatas pada reflektor cat-eye di bagasi, yang mirip dengan desain lampu depan, dan pintu belakang dihiasi krom hitam, seperti gril depan atas dan housing kamera mundur. Sekarang lebih rapi.

Interior

Secara keseluruhan, kabin setelah perubahan kedua sama dengan sebelum perubahan. Mulai dari desain dashboard hingga material plastik yang digunakan.

Ya, sekarang sudah ada pengatur AC digital, meski tidak ada pengatur suhu otomatis.

Ada banyak tempat atau slot penyimpanan yang bisa digunakan, dari slot kartu antara AC digital dan host, dua slot daya 12V/120W di baris pertama dan kedua, dan slot pengisian USB di baris ketiga, hingga 16 Untuk pemegang cangkir yang tersebar. Di ketiga baris mobil.

Kenyamanan perjalanan jarak jauh bagi penumpang baris kedua dan ketiga juga sangat sesuai dengan sistem hiburan kursi belakang, meski hanya tersedia untuk varian Veloz 1.5.

Duduk di Avanza Veloz juga sangat nyaman, walaupun tidak terlalu istimewa, namun jok berbahan fabric cukup nyaman untuk menopang tubuh Anda selama perjalanan, serta terdapat tiga baris sandaran kepala dan sabuk pengaman.

Kabinnya sangat luas, tidak terlalu ramai, dengan banyak ruang kepala dan kaki, tetapi lebih cocok untuk anak-anak atau orang dewasa dengan tinggi di bawah 170 cm.

Fitur Lainnya

Avanza Veloz hadir standar dengan beberapa fungsi keselamatan aktif dan pasif. Dari dual SRS airbag, sabuk pengaman 3 titik dengan pretensioner dan force limiter, side impact beam hingga Isofix.

Selain itu, juga hadir standar dengan fitur keselamatan aktif seperti sistem pengereman anti-lock (ABS) dan peringatan sabuk pengaman penumpang depan. Sebagai langkah anti maling, Toyota Avanza Veloz juga menyematkan fungsi anti maling sebagai sistem keamanan, yang dapat menghidupkan mobil menggunakan fungsi start/stop mesin tanpa kunci.

Untuk memudahkan parkir, Anda juga bisa mendapatkan sensor parkir belakang, khusus untuk Toyota Veloz 1.5, Anda bisa mendapatkan kit kamera parkir belakang.

Fitur Keselamatan

Seperti Toyota Avanza 2019 biasa, Veloz juga dibekali dua pilihan mesin. 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i cocok untuk varian 1.3, 2NR-VE, DOHC Dual VVT-i cocok untuk varian 1.5. Output daya masing-masing mesin adalah 95 daya kuda, torsi maksimum 120 Nm (1,3) dan 103 daya kuda, serta torsi 136 Nm (1,5).

Performa dan handling

Secara umum, mengingat tidak ada perubahan pada sistem tenaga, performa Toyota Avanza New Veloz pun tak jauh berbeda. Baik itu mesin, gearbox atau unit ECU.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membeli asuransi mobil untuk mobil Toyota Veloz milik anda agar lebih aman.