Masih banyak masyarakat yang belum memahami dunia pinjaman ini. Banyak masyarakat menggunakan produk pinjaman online resmi. Jika beruntung, masyarakat tidak terjebak pinjol ilegal yang bisa berdampak negatif.

Tips Hindari Penipuan Pinjaman Online Resmi

Pinjol ilegal semakin menjamur dan tidak mendapatkan izin dari OJK. Sedangkan pinjaman online resmi akan mendapatkan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan. Simak tips agar terhindar dari penipuan di industri pinjol berikut ini:

Pertimbangkan Kemampuan Untuk Membayar

Perencanaan keuangan yang aman akan memberikan batas aman untuk pembayaran pinjaman 30 persen dari total pendapatan. Jumlah total pendapatan merupakan pendapatan rutin di setiap bulannya.

Jika angsuran pinjaman online lebih besar dari total pendapatan ini, maka sebaiknya Anda tidak mengajukan pinjaman.

Bukan Untuk Hal Konsumtif

Tujuan untuk melakukan pinjaman secara online bukan untuk hal yang sifatnya konsumtif. Jika Anda gunakan untuk hal-hal yang produktif, maka akan memberikan keuntungan.

Sebaliknya, jika pinjaman online ini untuk kebutuhan konsumtif, maka bersiaplah untuk mendapatkan beban keuangan.

Cek Legalitas

Tips selanjutnya, Anda perlu melakukan pengecekan sebelum memilih perusahaan pinjaman online. Pastikan memilih perusahaan yang telah terdaftar dan mendapatkan izin dari OJK. Jika sudah terdaftar, maka perusahaan memiliki kewajiban untuk mentaati peraturan.

Anda juga akan terhindar dari tindakan penipuan. Selain itu, bayangan jerat bunga yang tinggi tidak akan Anda alami jika memiliki pinjaman online legal.

Memiliki Website Resmi

Ciri dari pinjaman online selanjutnya adalah memiliki aplikasi dan website resmi. Aplikasi pinjaman dapat dengan mudah Anda temukan melalui Google Play Store maupun App Store.

Website berfungsi sebagai media promosi dari berbagai produk yang ditawarkan pinjaman online. Calon nasabah bisa mengecek semua informasi yang diperlukan dengan mengunjungi website resmi perusahaan pinjaman online.

Biaya dan Bunga

Penyelenggara pinjaman online mendapatkan pengawasan sehingga harus selalu memberikan rincian biaya. Baik itu untuk bunga dan biaya lainnya secara transparan kepada masyarakat. Manfaatkan fitur simulasi untuk mencari tahu berapa biaya angsuran setiap bulannya.

Memahami dan melaksanakan semua tips menghindari penipuan pinjaman online resmi akan menjaga Anda dari jerat pinjol ilegal.

By skyweb