Salah satunya hal yang sering dilaksanakan oleh beberapa warga ialah beli kendaraan sisa. Argumennya berbagai macam, dimulai dari kemauan beli mobil yang tidak keluar seri anyarnya dan permasalahan ongkos. Tidaklah aneh, bila aktivitas jual-beli mobil dan motor sisa sebagai hal yang lumrah dan banyak dilaksanakan. Namun, untuk kamu yang lakukan aktivitas transaksi bisnis ini harus tahu apakah yang disebutkan dengan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau dipersingkat dengan BBNKB.

BBN-KB tercatat dalam STNK mobil atau motor, bila pernah dijualbelikan maka tercantum besaran nilainya. Tetapi bila tidak pernah, karena itu banyaknya masih kosong. Untuk kamu yang merencanakan untuk beli mobil sudah bekas harus ketahui apakah itu BBNKB mobil dan persyaratan sampai langkah hitungnya yang betul. Baca keterangan dari Qoala di bawah ini.

Persyaratan, Ongkos dan Langkah Hitung BBNKB Mobil

Apa Itu BBNKB Mobil?

Sumber Photo: Corepics VOF Lewat ShutterstockUntuk dijumpai, BBNKB ialah kependekan atau akronim dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Dapat disebut jika BBNKB sebagai biaya atau ongkos yang sudah diputuskan untuk peralihan pemilikan dan pemindahtanganan kendaraan motor itu dari 1 pemilik ke pemilik yang lain. Maka dari itu, BBNKB benar-benar sangat penting untuk berada di dalam STNK karena jadi info bernilai saat pemilikan kendaraan motor itu beralih tangan.

Menurut ketentuan yang ada, BBNKB adalah dari tipe pajak wilayah sebagai wewenang pemprov berdasar Pasal 2 ayat (1) huruf b Undang-Undang Pajak Wilayah dan Retribusi Wilayah (UU PDRD).

Sama sesuai Pasal 1 angka 14 UU PDRD, pengertian dari BBNKB ialah pajak atas penyerahan hak punya kendaraan motor sebagai karena kesepakatan dua faksi atau tindakan sepihak atau kondisi yang muncul karena jual-beli, ganti mengganti, hibah, peninggalan, atau penghasilan ke tubuh usaha.

Balik nama kendaraan pantas jadi kegiatan pertama kamu sesudah beli mobil sudah bekas dambaan. Masalahnya beragam permasalahan berkaitan hukum menunggu jika kamu lupa dalam melakukan. Tidak hanya hanya itu, ongkos kendaraan berkaitan BBNKB mobil yang nanti harus dikeluarkan dari kantong juga jadi lebih besar. Berikut beberapa resiko yang menunggu bila tidak selekasnya balik nama mobil sudah bekas yang dibeli:

Repot dan Mahal Saat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Saat sebelum lakukan balik nama, kendaraan sudah pasti masih atas nama pemilik lama. Karenanya, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan atau lima tahunan pasti repot karena kamu harus pinjam KTP (Kartu Pertanda Warga) pemilik awalnya. Jika pemilik sebelumnya sebagai famili atau saudara, kemungkinan masih tetap sedikit lebih nikmat. Tetapi, bagaimana bila orang itu bukan rekan alias orang asing? Pasti tidak nyaman dan menyenangkan untuk ke-2 faksi.

Hal tidak menyenangkan yang lain ialah bila mobil sudah bekas itu sebagai kendaraan ke-2 , ke-3 , bahkan juga ke-4 dari pemilik usang. Tentu saja, biaya pajak progresif yang tambah mahal berlaku saat kamu membayar PKB.

Ada Peluang Tidak Dapat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Sekarang ini, pemilik kendaraan yang telah jual mobil atau motornya sangat dianjurkan untuk lakukan penutupan STNK (Surat Pertanda Nomor Kendaraan). Masalahnya, bila tidak begitu, ia dapat terserang pajak progresif saat beli kendaraan seterusnya. Disamping itu, saat mobil terserang tilang electronic, suratnya akan dikirim ke ia. Walau sebenarnya, kendaraan telah berpindah tangan.

Jika STNK lama kendaraan telah dikunci, kamu pemilik seterusnya dari motor atau mobil itu sudah pasti tidak dapat bayar PKB tahunan atau lima tahunan, kan?

Resiko Denda Menunggu

Ini terjadi jika pajak STNK dari motor atau mobil sisa yang kamu membeli akan habis dalam kurun waktu tidak lama kembali. Jika kamu baru balik nama STNK saat pajak telah jatuh termin, tentu saja ada denda yang menunggumu hingga uang yang perlu dikeluarkan jadi lebih besar.

Penghitungan BBNKB Mobil

Sama seperti yang dijumpai, BBNKB mobil konsentrasi pada ongkos yang perlu dibayar supaya kendaraan motor bisa beralih tangan. Harus dipahami jika biaya BBNKB untuk kendaraan baru dan sisa itu berlainan, bergantung dari wilayah mana pembayaran biaya dilaksanakan.

Untuk Propinsi DKI Jakarta sendiri, BBNKB mobil untuk kendaraan baru sejumlah 10% dari harga off the road, dan kendaraan sisa cuman 1%. Penghitungan simpelnya ialah harga mobil sudah bekas Rp300 juta, karena itu BBNKB yang perlu dibayar ialah 1% dari angka itu, yaitu Rp3 juta. Tetapi untuk ongkos balik nama kendaraan motor, masih tetap ada banyak hal kembali yang perlu dibayar.

BBNKB: Rp300 juta x 1% = Rp3.000.000
Pajak Kendaraan Bermotor: Rp300 juta x 2% = Rp6.000.000
Bantuan Harus Dana Kecelakaan Lalu Lintasi Jalan (SWDKLLJ): Rp143.000
Ongkos administrasi STNK: Rp50.000
Ongkos penerbitan STNK: Rp200.000
Ongkos penerbitan TNKB: Rp100.000
Ongkos penerbitan BPKB: Rp375.000
Ongkos registrasi: Rp100.000

Bila dihitung keseluruhannya, karena itu ongkos yang perlu dikeluarkan untuk balik nama kendaraan motor dengan contoh kasus di atas ialah Rp 9.968.000.

Sebagai catatan, langkah hitung ongkos balik nama mobil di atas untuk kendaraan yang satu wilayah denganmu. Bila berlainan kota atau propinsi, karena itu perhitungannya akan berlainan karena akan dikenai ongkos perubahan. Adakah ketentuannya? Pasti ada. Ketentuan itu tercantum pada Ketentuan Pemerintahan Nomor 76 Tahun 2020. Dalam ketentuan itu disebut bila ongkos perubahan mobil sekitar Rp250 ribu.

Bila malas mengurusi perubahan sendiri, ada alternatif lain yang dapat digunakan yakni dengan memakai service dari agen jasa administrasi otomotif.

Benar ada keunggulan dan kekurangannya saat memakai service agen jasa. Tentunya, ongkos yang dikeluarkan semakin lebih besar, karena kita harus bayar jasa pengurusan surat yang hendak dimutasi. Keunggulannya terang kamu pemilik mobil tidak pakai repot bertandang ke Samsat. Cukup menanti saja di dalam rumah, kelak arsip telah diurusi oleh faksi agen jasa yang kerjakan ini.

Maka dari itu, agen jasa akan tentukan biaya, dan tentu saja akan berbeda di antara agen jasa satu sama yang lain. Tapi, umumnya mereka telah mempunyai range ongkos untuk pengurusan kendaraan. Misalkan untuk pembayaran pajak, ekstensi pelat nomor, perubahan, atau balik nama. Misalkan, mobil yang hendak dimutasi dari Bandung ke arah Jakarta. Dalam kasus itu, faksi agen jasa akan minta biaya yang sekitar dari Rp2 juta-an sampai Rp3 juta-an. Ongkos itu tentu saja bergantung dari agen jasa dan perundingan dari kamu. Hingga kamu harus punyai kekuatan bertransaksi.

Penting untuk dipahami, bila kamu ingin ongkos mutasinya tambah murah, kamu dapat lakukan cabut arsip sendiri. Memang langkah ini memerlukan waktu minimal sepanjang hari untuk mengurusi arsip. Saat ingin mengambil arsip, kendaraan harus didatangkan untuk kepentingan gesek nomor mesin dan nomor kerangka. Hal itu sebagai peraturan terkini yang harus dituruti oleh tiap pemohon yang ingin lakukan pencabutan arsip atau balik nama kendaraan.

Sesudah digesek, nanti kendaraan akan dipotret bersama dengan pemilik kendaraan dan nanti photo itu akan diciptakan menjadi satu dengan formulir permintaan perubahan. Telah terpikir kan? Minimal perlu waktu minimum 1/2 hari untuk lakukan hal itu. Apabila sudah lakukan gesek, karena itu pemohon harus bayar administrasi. Untuk sepeda motor umumnya Rp150 ribu dan mobil Rp250 ribu.

Sesudah pembayaran dilaksanakan, karena itu arsip itu dikasih ke loket yang telah ditetapkan. Semenjak arsip itu ditempatkan, pemohon dapat perlu menanti sekitaran 1 bulan lama waktunya untuk proses pencabutan arsip. Masih tidak dikenali apa yang membuat lama, tetapi faksi kepolisian akan memberitahu bila prosesnya akan memerlukan waktu 30 hari. Lumayan lama, kan? Tapi dirasa sesudah 14 hari, kamu tiba kembali untuk bertanya arsip itu. Umumnya arsip siap dibawa dan dimasukkan pada Samsat arah untuk proses balik nama.

Sebagai info, perubahan kendaraan dilaksanakan umumnya jika pemilik kendaraan beralih domisili atau wilayah rumah. Jika ini terjadi, sang pemilik wajib melakukan proses register ulangi kendaraan. Pencatatan juga dilaksanakan kembali berdasar wilayah rumah yang baru. STNK, BPKB dan pelat nomor kendaraan akan ditukar sama yang baru saat lakukan perubahan kendaraan.

Jika kamu tidak lakukan perubahan kendaraan atau menundanya kelamaan, karena itu kamu bisa jadi bisa kesusahan saat ingin lakukan ekstensi Surat Pertanda Nomor Kendaraan (STNK) dan bayar pajak kendaraan. Ini karena pengurusan administrasi kendaraan umumnya bergantung pada domisili rumah sang pemilik.

Dasar Pengenaan Ongkos Balik Nama Mobil Sisa

Sumber Photo: Jus Flair Lewat ShutterstockUntuk dasar pengenaan BBNKB mobil sudah bekas sendiri ialah Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). NJKB sendiri ditetapkan dari harga pasar usia atas kendaraan motor sama sesuai ketetapan yang ditata dalam Ketentuan Gubernur DKI Jakarta Nomor 129 Tahun 2019.

Dalam soal harga pasar umum (HPU) kendaraan motor tidak dikenali, NJKB bisa ditetapkan berdasar beberapa atau semua beberapa faktor:

Harga kendaraan motor berisi silinder dan/atau unit tenaga yang serupa.
Pemakaian kendaraan motor untuk umum atau individu.
Harga kendaraan motor dengan merk kendaraan motor yang serupa.
Harga kendaraan motor dengan tahun pembikinan yang serupa.
Harga kendaraan motor dengan pembikin kendaraan motor.
Harga kendaraan motor dengan kendaraan motor semacam.
Harga kendaraan motor berdasar document Pernyataan Import Barang (PIB).

Dalam soal HPU kendaraan motor tidak dikenali, tetapi NJKB dengan tipe, merk dan type yang serupa dengan tahun pembikinan lebih tua dijumpai, NJKB bisa ditetapkan dengan tambahan optimal 5 % tiap tahun dan harga jual yang dijumpai.

Persyaratan Balik Nama Mobil

Jika kamu telah menyiapkan ongkosnya, setelah itu lengkapi syarat document. Prosesnya akan dilaksanakan langsung di Samsat induk atau Samsat toko, Samsat keliling dan yang lain sesuai tempat kamu tinggal.

Disamping itu kamu harus juga menyiapkan kendaraan dan pada kondisi sempurna karena nanti akan dilaksanakan pengujian. Persyaratan pengajuan BBNKB mobil ialah seperti berikut ini.

KTP asli dan foto copy pemilik awalnya dan konsumen.
BPKB yang asli dan fotokopinya. Bila kamu sedang mencicil karena itu dapat minta salinannya atau ke leasing langsung.
STNK asli dan fotokopinya.
Kwitansi pembelian kendaraan yang asli dan fotokopinya. Harus diperlengkapi dengan materai Rp. 6.000,-.
Hasil check fisik dari faksi Samsat.
Bila semua syarat telah komplet, karena itu kamu dapat tiba ke Samsat sesuai jam operasional. Sempatkan diri sehari karena peluang akan mengantre.

Langkah Balik Nama Mobil Sisa

Sekarang waktunya kamu untuk lakukan proses balik nama ke Samsat paling dekat sekalian bawa kendaraan yang hendak diurusi surat-suratnya. Jalannya benar-benar gampang yakni seperti berikut ini.

Tiba ke Samsat paling dekat sekalian bawa semua syarat yang diperlukan dan uang.
Masuk ke antrean check fisik dan menanti petugas untuk memeriksa nomor kerangka motor atau mobil.
Sekalian dilihat kamu akan diberi formulir dan mengisinya untuk disertakan bersama dengan semua syaratnya.
Selanjutnya kamu langsung bisa mendaftarkan di loket BBNKB dengan memberikan semua syaratnya.
Kemudian, kamu membayar sesuai instruksi yakni di Loket Pembayaran dan akan memperoleh resi.
Kendaraan akan dilihat ulangi miliknya di Loket Progresif.
Selanjutnya kamu tinggal menanti sampai proses usai dan diundang untuk memperoleh STNK baru yang telah ganti nama miliknya.
Tingkatan balik nama kendaraan benar-benar gampang dan penting untuk dilaksanakan. Tetapi sayang ada banyak pemilik kendaraan yang belum melakukan sesudah beli motor atau mobil sisa.

Argumen ongkos balik nama yang lumayan tinggi seringkali ditemui, walau sebenarnya bila tidak melakukan kamu malah akan kewalahan sendiri apabila sudah waktunya ekstensi STNK.

Bagaimana tidak, karena saat akan perpanjang STNK atau bayar STNK tahunan dan lima tahunan kamu memerlukan KTP pemilik aslinya. Tanpa KTP kamu akan kesusahan dan menambahkan ongkos yang semakin besar kembali.

Disamping itu harus diingat jika object dari pembayaran BBNKB mobil ialah penyerahan pemilikan kendaraan motor dan subjeknya dapat orang individu atau tubuh usaha . Maka baik itu kendaraan individu atau untuk dipakai sebuah perusahaan, balik nama masih tetap harus dilaksanakan.

Bila kamu telah berencana dengan masak untuk beli kendaraan, tidak cuma ongkos motor atau mobil saja yang perlu jadi perhatian. Tapi ketahui berapakah jumlah ongkos balik nama yang perlu dikeluarkan.

Ditambahkan berapakah pajak tahunannya supaya sesuaikan dengan kekuatan. Pastikanlah kamu sediakan ongkos yang lebih agar tidak kekurangan saat bayar di Samsat kelak.

Di lain sisi, langkah balik nama mobil ada yang memerlukan saat yang lumayan panjang. Konsumen mobil sudah bekas perlu lakukan balik nama STNK atau BPKB di dua tempat berlainan. Balik nama STNK dilaksanakan di kantor Samsat. Adapun balik nama BPKB dikerjakan di Polda.

Jalur Proses Balik Nama STNK

Ke Samsat dengan bawa semua syarat plus kendaraan
Jalani check fisik kendaraan, pembayaran check fisik, dan terima hasilnya
Ke arah loket registrasi balik nama dan berikan document – document syarat
Loket akan memberi arsip untuk diisi dan pemilik kendaraan bayar ongkos registrasi. Samsat akan minta tiba 2 – 5 hari kembali
Kembali tiba ke Samsat dengan semua syarat dan bukti bayar dan berikan ke loket registrasi balik nama
Membayar di loket pembayaran
Memperoleh STNK atas nama pemilik terbaru
Jalur Proses Balik Nama BPKB

Ke Polda dengan semua syarat dan foto copy hasil check fisik
Petugas mengecek kelengkapan document memberikan formulir balik nama BPKB yang perlu diisi
Ke arah loket bank yang ada untuk membayar ongkos balik nama, selanjutnya memperoleh slip bukti setoran stiker yang ditempel di formulir balik nama BPKB
Ambil nomor antrean untuk memberikan semua arsip, memperoleh pertanda terima registrasi balik nama BPKB dan tanggal jadi BPKB baru
Kembali lagi ke Polda di tanggal yang ditetapkan, mengambil nomor antrean untuk penyerahan BPKB baru
Saat diundang, berikan pertanda terima registrasi balik nama BPKB plus foto copy KTP
Petugas memberi BPKB baru.

Object, Subyek, dan Harus Pajak BBNKB

Pertanyaannya, kenapa balik nama mobil harus langsung dilaksanakan? Masalahnya kamu akan kesulitan apabila sudah waktunya bayar pajak atau memperpanjang STNK. Disamping itu, balik nama mobil harus dilaksanakan supaya pemilik mobil awalnya tidak harus memikul kembali pajak progresif dari jumlahnya kendaraan yang dipunyainya.

Seperti yang ditata dalam Ketentuan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 mengenai Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor tahun 2019, berikut ketetapan yang atur BBNKB.

Object Pajak BBNKB ialah penyerahan pemilikan kendaraan motor.
Subyek Pajak BBNKB ialah orang individu atau tubuh yang bisa terima penyerahan kendaraan motor.

Sesudah lakukan balik nama, janganlah lupa untuk memberi asuransi untuk perlindungan mobil sudah bekas. Terdapat beberapa pilihan asuransi mobil yang dapat kamu tentukan di Qoala Apps atau Website Qoala.

 

kunjungi juga jasa pengurusan legalitas

By dzail