Faedah marka jalan bervariatif, bergantung dari lambing marka jalan itu. Peranan marka jalan pada umumnya untuk atur dan arahkan arus jalan raya di jalan, dan memberi batas wilayah untuk kebutuhan jalan raya itu. Adapun beberapa faedah marka jalan berdasar gambar atau simbolnya, yakni seperti berikut.

Faedah marka jalan bisa dirasa oleh semua pemakai jalan, khususnya pengendara kendaraan motor. Semuanya yang lewat marka-marka jalan ini, telah berkewajiban patuhi semua ketetapan yang berjalan. Pemahaman dari marka jalan sendiri ialah sebuah pertanda berbentuk gambar garis yang dibikin di permukaan jalan, dan mempunyai masing-masing makna untuk tiap memiliki bentuk.

Wujud dari marka jalan itu beragam macam, dimulai dari garis lempeng panjang tanpa putus, garis putus, garis menyerong ke kiri atau ke kanan, garis membentang sampai garis membujur. Semua punyai makna, yang terang harus dipatuhi oleh beberapa pemakai jalan supaya tidak ada hal yang tidak diharapkan sepeti kecelakaan atau kemacetan.

Marka Serong

Untuk marka serong, sebagai marka berbentuk gambar garis lempeng tanpa putus yang mempunyai makna selainnya tidak dilalui oleh kendaraan jadi pernyataan awalnya dan akhir untuk pembatas jalan. Wujud marka serong ini, diikuti dengan angka garis utuh. Faedah marka jalan pada marka serong, tentunya

Marka Simbol

Untuk tipe marka simbol yang mempunyai gambar panah, segitiga atau tulisan dapat disimpulkan sebagai faedah marka jalan yang berperan mengulang-ulang dari rambu-rambu jalan raya yang ada awalnya.

Marka simbol ini diutamakan untuk memberitahu tempat penghentian mobil, bus bermaksud untuk dapat meningkatkan atau turunkan penumpang. Bahkan juga, ada pula ukuran marka jalan yang memberitahu ada persilangan jalan.

Marka Yang lain

Sesudah semua tipe marka yang umum telah diterangkan, ada pula beberapa macam marka yang lain seperti marka untuk menyeberang jalan seperti zebra cross, marka yang mempunyai peranan sebagai tempat penyebrangan sepeda dibikin dengan 2 buah garis putus-putus berwujud bujur sangkar.

Sesudah diterangkan semuanya tentang pemahaman dan arti masing-masing gambar, karena itu Anda bisa ketahui peranan dan faedah marka jalan dari tiap-tiap gambar itu dan harus langsung diaplikasikan untuk mematuhinya sama sesuai panduannya masing-masing.

Marka Putih Vertikal Double Putus-putus dan Utuh

Marka jalan yang membujur atau lempeng ini ada berbentuk double atau dua garis, wujud bujur double ini ada dua jenis yakni utuh dan putus-putus. Masing-masing juga ada maknanya, untuk membujur double utuh mempunyai makna atau ketetapan supaya pengendara di ke-2  iris segi lajur jalan tidak untuk lewat marka itu.

Dan, untuk membujur double putus-putus ialah memberitahu info supaya pengendara yang ada di segi garis utuh barusan dilarang untuk melewati garis double itu. Atau juga bisa untuk pengendara yang ada di segi garis putus-putusnya, dibolehkan untuk melewati.

Marka Putih Membujur Double Utuh

Dan, untuk selanjutnya ialah marka putih membujur double utuh, yakni garis lempeng tanpa putus-putus faedah marka jalan satu ini ialah menertibkan lalu lintas banyak kendaraan di jalur khusus pada lintasi kota di Indonesia. Pemakaian marka ini untuk memberikan pertanda jika kendaraan dari 2 lajur berlainan, jangan melalui garis itu.

Marka Putih Membentang Garis Utuh

Selainnya membujur, ada pula marka berwujud membentang. Marka selanjutnya ada pula yang berwujud membentang garis utuh, di mana marka membentang ini dapat menjadi alternatif rambu-rambu jalan raya. Perannya lumayan banyak, selainnya yang telah disebut khususnya seperti gantikan rambu-rambu barusan bisa juga sebagai pemberi tahu tempat penyebrangan jalan.

Marka Membujur Utuh

Salah satunya marka jalan yang dikenali dengan wujud membujur ialah wujud marka yang berbentuk garis lempeng tanpa terputus, terletak ada di tengah permukaan jalan. Makna dari marka ini ialah larangan untuk pengendara bermotor untuk melewati atau melalui garis itu.

Disamping itu, bisa juga digunakan sebagai bagi lajur kendaran jadi dua lajur. Ada pula yag terletak di pinggir jalan, yang perannya

Marka Putih Membujur Putus-putus

Lain kembali dengan gambar membujur utuh, marka putih bergaris lempeng terputus-putus mempunyai faedah marka jalan sebagai bagi dua lajur jalan seperti wujud marka yag utuh. Disamping itu, dapat jadi peingatan untuk pengendara aka suara marka membujur utuh di depannya sebagai pengarah jalan raya.

Tetapi, untuk peranan marka yang ini dijumpai dapat diganti dengan simbol kerucut jalan raya tetapi cuma untuk sebentar. Bahkan juga, untuk auto famili yang mendapati marka ini dapat menyusul kendaraan yang berada di depannya tentunya dikondisikan dengan kondisi di jalan raya itu.