Cara pengukuran debit air sungai dibutuhkan untuk menyadari potensi sumberdaya air di suatu wilayah Debit Air Sungai (DAS). Debit aliran dapat dijadikan sebuah alat untuk memonitor dan mengevaluasi neraca air suatu kawasan lewat pendekatan potensi sumberday aair permukaan yang ada.

Cara pengukuran debit air sungai ini tidak dapat dilaksanakan bersama teledor gara-gara perlu metode dan alat spesifik yang digunakan untuk mengukurnya. Debit aliran merupakan satuan untuk mendekati nilai-nilai hidrologis proses yang berlangsung di lapangan.

 

Cara Pengukuran Debit Air Sungai

Cara pengukuran debit air sungai atau saluran terbuka dibutuhkan di dalam proses pengukuran dan perhitungan kecepatan, kedalaman dan lebar aliran serta penghitungan luas penampang basah, untuk mengkalkulasi debit di sungai dan saluran terbuka.

Sebelum menghitung, perlu diingat bahwa distribusi kecepatan aliran di di dalam urutan tidak mirip arah horisontal maupun arah vertikal. Dengan kata lain kecepatan aliran terhadap pinggir urutan tidak mirip bersama tengah alur, dan kecepatan aliran dekat permukaan air tidak mirip bersama kecepatan terhadap dasar alur.

Terdapat 2 cara pengukuran debit air sungai, yaitu secara langsung dan tidak langsung.

Pengukuran debit air sungai secara langsung adalah pengukuran yang dilaksanakan bersama memakai peralatan berupa alat pengukur arus (current meter), pelampung, zat warna, dll. Debit hasil pengukuran dapat langsung dihitung setelah pengukuran selesai dilakukan. Pengukuran ini umumnya dilaksanakan memakai current mtr. (alat ukur arus), dan dilaksanakan bersama cara merawas, dari jembatan, bersama memakai perahu, bersama memakai winch cable way dan bersama memakai cable car.

Sementara, pengukuran debit secara tidak langsung adalah pengukuran debit yang dilaksanakan bersama memakai rumus hidrolika contoh rumus Manning atau Chezy. Pengukuran umumnya dilaksanakan bersama cara mengukur parameter hidraulis sungai yaitu luas penampang melintang sungai, keliling basah, dan kemiringan garis energi. Garis daya diperoleh dari bekas banjir yang teramati di tebing sungai.

Alat yang Digunakan untuk Mengukur Debit Air Sungai

Current mtr. adalah alat untuk mengukur kecepatan aliran (kecepatan arus). Melansir dari buku Belajar Kimia Menarik SMA/MA Kelas XII, current mtr. dapat dibagi jadi dua kategori berdasarkan metode pengukurannya. Kedua model current mtr. selanjutnya adalah:

Current mtr. bersama pengukuran non-otomatik, yaitu Water Meter 2 Inch. yang cara pengukuran atau perekaman data kecepatan arus yang perlu dilaksanakan langsung oleh seseorang untuk membacanya, umumnya alat ini di tempatkan terhadap suatu struktur tertentu.

Current mtr. bersama pengukuran otomatik, yaitu current mtr. yang merekam data kecepatan arus tanpa senantiasa perlu langsung di cek oleh pengguna, Biasanya model ini miliki fasilitas penyimpanan data yang cukup untuk jangka saat pengukuran tertentu.

By toha