• Thu. Dec 3rd, 2020

Pengertian & Kasta Pada Rayap

Byzuzum gaul

Nov 10, 2020

Rayap atau anai-anai adalah serangga sosial yang hidup berkoloni. Serangga ini dikenal dengan nama berbeda di setiap daerah. Di Sumatera misalnya spesies ini disebut Anai-Anai, di Jawa Tengah disebut Rangas, di Jawa Barat hewan ini disebut Rinyuh atau Sumpiyung.

Infestasi serangga ini dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang sangat besar, tetapi upaya sekarang dapat dilakukan untuk memberantasnya. Di sisi lain, hewan yang dikenal sebagai hama perusak kayu memiliki peran yang berbeda terhadap lingkungan.

Spesies ini telah hidup selama 200 juta tahun, sehingga termasuk hewan purba. Selain itu, spesies ini juga memiliki banyak hal unik lainnya yang patut Anda ketahui.

Pengertian Rayap

Rayap adalah serangga sosial yang terbagi kasta yang memiliki peran berbeda untuk setiap kasta. Di daerah subtropis, hewan ini sering disebut semut putih karena morfologinya yang mirip semut. Faktanya, tidak ada hubungan antara rayap dan semut dalam filogeni.

Koloni hewan ini terdiri dari tiga kasta utama, yaitu kasta reproduktif, kasta kesatria, dan kasta buruh.

1. Kasta reproduktif

Tugas kasta reproduksi adalah bereproduksi, mencari tempat baru untuk koloni, dan merawat serta memberi makan spesies yang lahir di koloni baru. Kasta reproduksi ini terdiri dari ratu yang perutnya lebih besar dari pada raja.

Tugas raja (jantan) adalah membuahi betina, sedangkan tugas ratu (betina) adalah bereproduksi atau bertelur.

Ada dua jenis kasta reproduktif, yaitu kasta reproduktif primer dan kasta reproduktif komplementer. Kotak reproduksi primer adalah wanita dan pria yang tubuhnya klerikal, berpigmen, dan berevolusi dari spesies bersayap atau laron (Macroptera). Ketika mereka mati, koloni akan membentuk ratu dan raja baru dari orang lain yang biasanya berasal dari kasta pekerja. Ratu dan raja baru ini disebut kasta pendukung reproduksi.

2. Kasta Prajurit

Kasta prajurit memiliki kepala besar dan tubuh berotot. Tugas kasta prajurit ini adalah melindungi koloni dari campur tangan luar. Kasta prajurit ini menyerang musuh dengan rahang atau penjepit yang dapat ditusuk, dicakar, dan dicubit musuh. Rahang kasta pendekar ini bisa mencubit musuh dengan salib dan begitu kuat hingga tidak bisa lepas dari tubuh musuh.

Lagi butuh jasa anti rayap semarang? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.

3. Kasta pekerja

Kasta kerja adalah kasta yang paling banyak di suatu koloni. Kasta ini juga memiliki rahang bawah seperti kasta prajurit, tetapi ukurannya relatif kecil. Tugas kasta kerja adalah mencari makan, memberi makan kotak lain, merawat telur, membersihkan telur, memurnikan tubuh pejuang dan kasta reproduksi, serta membangun dan merawat sarang.

Selain itu, kasta pekerja wajib memakan rayap yang sudah tidak produktif lagi, baik dari kasta prajurit, kasta reproduktif maupun dari kasta pekerja itu sendiri.

Kerusakan biasa pada furnitur kayu biasanya disebabkan oleh kasta kerja ini.