Pengertian Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan salah satunya yaitu menulis karena banyak manfaat yang ada. Banyak orang yang menjadikan menulis sebagai hobi mereka karena menulis merupakan salah satu cara dalam menuangkan pikiran dan gagasan yang ada dalam pikiran serta dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Dalam penulisan, ada yang disebut kalimat efektif dan tidak efektif.

Apa Itu Kalimat Efektif?

Kalimat efektif adalah suatu kalimat yang menggunakan kaidah yang berlaku untuk penyusunan kalimat. Ada unsur-unsur penting di dalam kalimat termasuk unsur subjek predikat dan juga harus memiliki pilihan diksi yang sesuai. Penggunaan kalimat efektif akan membuat pembaca lebih mudah memahami apa yang ditulis dan juga langsung ke intinya karena penulisan yang tidak berbelit-belit.

Jadi, setiap kalimat efektif haruslah memiliki unsur-unsur penting yaitu subjek dan predikat. Dalam penulisan kalimat efektif juga harus memperhatikan ejaan serta pemilihan kata yang tepat agar bisa memenuhi kaidah-kaidah penulisan yang jelas sehingga mudah dipahami oleh pembaca dan pendengar. Bisa dibilang kalimat efektif juga harus disempurnakan agar tidak ada kesalahan sedikitpun.

Namun ada juga yang mengartikan kalimat efektif dengan suatu kalimat baik yang dirasakan atau dipikirkan oleh pembaca haruslah dapat diterima dan dipahami oleh pembaca dan pendengar yang harus sesuai dengan apa yang coba dituangkan oleh penulis atau penutur.

Dikarenakan kalimat efektif yang ditulis dengan lebih jelas dan detail sesuai dengan kaidah yang ada, maka jenis kalimat ini bisa memberikan efek yang baik dalam berkomunikasi. Efek ini maksudnya adalah informasi yang diberikan akan lebih lebih karena tidak menggunakan kata-kata yang mubazir namun juga kata-katanya tidak kurang.

Apa Itu Kalimat Tidak Efektif?

Kalimat tidak efektif berbanding terbalik dengan kalimat efektif karena terkandung sifat-sifat tertentu di dalam kalimatnya. Tidak ada peraturan khusus dalam penulisan kalimat tidak efektif berbeda dengan kalimat efektif yang lebih teratur.

Dalam kalimat juga memiliki dua konjungsi yang memiliki dua klausa di mana konjungsinya terletak setelah tanda koma. Kalimat juga diawali dengan konjungsi. Menurut daftarpustaka.org seringkali bahasa dalam kalimat tidak efektif bisa saja tidak logis karena tidak memperhatikan kaidah EYD. Baik kalimat efektif dan tidak efektif digunakan sesuai tujuannya masing-masing.