Merek Wine Bali Yang Sudah Dikenal Dunia

Tak hanya negara beriklim tropis seperti Thailand, Indonesia juga punyai kebun dan pengilangan minuman anggur lokal. Berawal dari eksperimen yang tidak mengenal capek semenjak awalnya era ke-20, sekarang Bali bisa berbangga karena produksi minuman anggurnya sudah dianggap dunia.

Ada di Singaraja, persisnya di Buleleng, perkebunan anggur punya Ida Bagus Rai Budarsa atau yang umum dipanggil Gus Rai ini telah mengantarkan Hatten Wine ke sejumlah hotel restaurant di Bali semenjak tahun 1994. Produk pertama kalinya ialah Rose Wine yang paling sedap disajikan pada kondisi dingin hingga pas dicicipi di tengah-tengah cuaca hangat dan makanan penuh bumbu ciri khas Bali. Kemudian, Hatten Wine perlahan-lahan mulai menghasilkan beberapa merek wine beserta jenisnya seperti white wine, white sparkling, media bodied red wine, dan lain-lain.

Ingin tahu dengan tipe wine yang telah dibuat Hatten sampai saat ini?

1. Aga White Wine

Tipe anggur dry white ini dibuat dari biji anggur Belgia selanjutnya difermentasikan pada temperatur rendah di pengilangan Sanur.

2. Aga Red Wine

Dibuat dari tipe anggur yang dari Perancis tetapi pada akhirnya sukses ditanamkan sesudah lewat eksperimen demikian lama, namanya Alphonse-Lavallee. Anggur merah ini memiliki ukuran media dengan warna merah buah ceri. Rasanya yang asin pas jika disajikan dingin dan terpasangkan dengan makanan spicy.

Baca Juga : Hatten Wine, Wine Bali Yang Tembus Pasar Internasional

3. Alexandria Wine

Anggur putih ini mempunyai rasa manis yang media dengan watak wewangian anggur sedikit bunga-bungaan. Rasanya imbang di antara manis dan asam, tinggalkan aftertaste fresh di lidah. Cukup serupa dengan Muscat of Alexandria hingga diberi nama sama.

4. Rose Wine

Produksi pertama Hatten Wine yang mengusung nama mereka. Memakai anggur Alphonse-Lavallee, minuman anggur satu ini hasilkan wewangian buah dan bunga tropis. Tinggalkan aftertaste fresh dan clean di lidah.

5. Tunjung Sparkling Wine

Datang dari tipe anggur Probolinggo Biru yang ditanamkan dari perkebunan Hatten sendiri, sparkling wine ini beraroma fresh kulit jeruk dan bunga dengan sedikit ragi. Dikenali sebagai harta terkubur Bali, minuman ini terbaik dicicipi sesudah diletakkan sekurang-kurangnya satu tahun.

6. Jepun Sparkling Wine

Sistem yang dipakai lebih kurang sama dengan Tunjung Sparkling Wine, dengan sentuhan Alphonse-Lavallee saat pressing. Wewangian yang dikeluarkan buah-buah tropis yang enteng, Jepun Sparkling Wine benar-benar pas diminum dengan makanan pembuka atau dicicipi demikian saja.

7. Pino de Bali

Anggur satu ini makin diperkaya karena reaksi peragian penyimpanan yang sudah dilakukan di kayu ek Perancis lebih dari lima tahun memakai mekanisme solera, yang hasilkan kesetimbangan dari komplikasi wewangian dan rasa. Pas dicicipi dengan makanan yang kaya kandungan keju.

Baca Juga : TWO Islands, Salah Satu Wine Terbaik Produksi Bali

8. Two Island Pinot Noir

Dibikin dengan memakai anggur dari daerah Limestone Coast, Australia Selatan, anggur sejenis dry red ini mempunyai ukuran medium-light yang halus dan fresh. Tawarkan keelokan kombinasi style vintage dan modern yang akan memancing ketertarikan beberapa pencinta anggur merah beraroma buah-buahan.