Tes MMPI online merupakan salah satu tes yang digunakan sebagai alat untuk mendiagnosis kesehatan mental seseorang. Sebenarnya, tes kesehatan mental ini sudah dikembangkan sejak tahun 1930 silam. Namun saat ini, tes kepribadian ini sudah mengalami perkembangan dengan akurasi yang cukup kuat.

Tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) ini juga cukup unggul digunakan sebagai diagnosa hingga gangguan kejiwaan seseorang. Dengan adanya tes pemeriksaan psikologis ini, maka seseorang bisa diketahui karakteristik kepribadian dan psikopatologi.

Apa itu Tes MMPI Online?

Tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) adalah instrumen penilaian yang digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan mental seseorang.

Tes MMPI banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ahli kesehatan mental juga sering menggunakan tes MMPI ini untuk menilai dan mendiagnosa gangguan kejiwaan yang dialami oleh seseorang.

Akan tetapi, tes ini sekarang tidak hanya digunakan untuk mengetes gangguan kejiwaan saja, tetapi juga dipergunakan untuk bidang lain selain psikologi kepribadian, yaitu kasus kriminal dan juga skrining pekerjaan.

Tak hanya itu saja, sekarang tes ini juga digunakan sebagai evaluasi efektivitas program terapi.  Dalam penggunaannya, jenis tes ini juga kerap dipakai dalam kasus hukum seperti sengketa hak asuh.

MMPI online ini juga sudah banyak dimanfaatkan sebagai alat untuk melakukan seleksi pekerjaan tertentu. Khususnya pada pekerjaan yang punya risiko tinggi. Karena pada umumnya dalam penerimaan calon pekerja dibutuhkan kepribadian dengan karakter tertentu.

Tipe Tes MMPI

Pemeriksaan psikologi ini ternyata mempunyai tiga tipe tes yang berbeda, antara lain yaitu:

1. Tes MMPI-2

Tes MMPI-2 merupakan versi terlama dari tes kepribadian ini. Walaupun demikian, tes MMPI-2 merupakan tipe tes yang paling banyak digunakan. Sebagian besar para psikolog juga sudah familiar dengan tipe tes ini.

Tes MMPI-2 ini dilakukan pada orang dewasa. Ada 567 pertanyaan yang akan diberikan. Tes ini juga dianggap mempunyai hasil yang valid atau bisa dipercaya.

2. Tes MMPI-2-RF

Nah, untuk tes MMPI-2-RF merupakan tipe tes yang lebih baru versinya. Tahun 2008 tes ini baru pertama kali digunakan. Tes ini terdiri atas 338 pertanyaan. Maka dari itu, untuk mengisi setiap pertanyaannya membutuhkan waktu yang lebih cepat.

Sebagian sudah banyak yang memilih menggunakan tes kepribadian tipe ini karena dinilai lebih akurat hasilnya daripada versi yang sebelumnya. Akan tetapi, masih ada pembaruan untuk mendapatkan hasil yang lebih terpercaya lagi.

3. Tes MMPI-A

Dari kedua tipe tes sebelumnya, tes MMPI-A ini lebih dikhususkan untuk orang yang memasuki usia remaja. Jadi, jika tes ini digunakan oleh orang dewasa, maka hasilnya akan kurang relevan.

Tes ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik seorang anak dan juga  remaja. Tak hanya itu saja, tes ini juga bisa membantu ahli untuk menentukan rencana apabila anak tersebut terbukti memiliki masalah atau gangguan mental.

Hal yang Harus Anda Persiapkan Saat Akan Melakukan Tes MMPI Online

Sebenarnya tidak ada persiapan khusus yang perlu Anda lakukan sebelum menjalani tes MMPI. Sebab, dalam tes ini Anda hanya akan diminta untuk menjawab pertanyaan secara jujur.

Akan tetapi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda mencapai hasil terbaik dalam menjalankan tes MMPI ini.

Pertama, Anda perlu mempersiapkan fisik sehat dan kuat. Istirahatlah dengan cukup dan jangan lupa sarapan terlebih dahulu.

Perlu Anda tahu, jika dalam tes kepribadian ini Anda tidak boleh berbohong. Sebab, tes ini sudah dirancang khusus untuk mengetahui lebih dalam orang-orang yang berbohong.

 

Mereka yang berbohong biasanya akan mencoba dan menggambarkan diri mereka agar bisa lain dengan hal yang sebenarnya mereka lakukan. Jadi, untuk menjawab tes ini Anda harus selalu jujur.

Ketika akan menjawab, sebaiknya Anda tidak terlalu lama berfikir. Sebab, nantinya akan ada  banyak pertanyaan dalam tes MMPI online. Kemudian , untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda hanya memiliki waktu yang terbatas.

Maka dari itu, pelajari cara membaca jawaban potensial dengan hati-hati. Selanjutnya, berikan respon pertama yang sudah masuk pada pikiran Anda. Jika terlalu banyak berpikir, bisa jadi Anda akan dikira berbohong untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Jangan lupa juga untuk selalu konsisten dalam menjawab setiap pertanyaan yang diutarakan kepada Anda. Untuk melakukan tes MMPI saat ini sudah semakin mudah. Sebab, kini tes kepribadian ini bisa dilakukan secara online.

Saat ini hadir aplikasi psikotes online yang menyediakan aplikasi khusus untuk melakukan tes MMPI online ini. hasil tes pun dapat diakses dengan cepat dalam waktu 1 x 24 jam.

Mengenal Tes MMPI Online untuk Diagnosis Kesehatan Mental