Mengenal Pengertian Laundry Hotel, Cara Kerja dan Proses Penangannya

Laundry hotel merupakan tools atau alat guna menambahkan pendapatan bagi yang akan masuk ke dalam hotel. Jadi saat ada tamu untuk tinggal di hotel, maka semua pakaian mereka akan dicuci di laundry tersebut.

Sehingga nanti akan melalui tahapan proses pencucian untuk menghilangkan noda dan kotoran sampai pakaian bersih dan bebas dari bakteri. Sementara untuk melakukan proses pencucian tersebut juga akan dilakukan juga berdasarkan faktor seperti jenis pakaian, jenis noda, pewangi laundry dan bahan pencuci.

Pengertian Laundry Hotel dan Berbagai Macam Kegiatannya

Laundry Hotel

Awalnya laundry hanya menggunakan aliran air saja untuk membersihkan kotoran seperti noda pada pakaian. Biasanya yang bertugas membersihkan itu adalah mereka yang akan memukul dengan alat seperti pemukul kayu.

Namun seiring berkembangnya zaman dan teknologi, kini semuanya berubah drastis dan tentunya jauh lebih mudah. Salah satunya adala keberadaan laundry yang sudah ada di mana-mana, tak lain halnya di hotel juga. Jadi selain hanya di perumahan maupun tempat laundry lain, saat ini di hotel juga sudah ada tempat pencucian khusus.

Bagaimana Tekniknya?

Untuk laundry hotel ini memang cukup berbeda daripada jenis laundry-laundry seperti pada umumnya itu. Pasalnya dalam hotel sendiri beberapa perlengkapan yang terbuat dari kain/tekstil akan dikelompokkan menjadi beberapa bagian.

Contohnya adalah seperti pakaian seragam atau uniform yang akan digunakan karyawan. Selain itu ada juga housekeeping linen yang akan digunakan untuk operasional seperti pillow case, sheets, hand towel, bath mat dan lain sebagainya.

Sementara itu untuk area kerjanya juga berbeda-beda seperti tempat khusus untuk pencucian pakaian para tamu. Baik itu untuk para tamu yang akan menginap dan yang tidak menginap.

Sementara Guest laundry itu apa? Omo adalah berasal dari tamu langsung, baik outside guest maupun inside. Ada juga beberapa pengusaha, instansi maupun pejabat yang sering mencuci pakaian ke hotel karena tak memiliki mesin cuci.

Sedangkan untuk tarif laundry hotel ini juga akan dibedakan berdasarkan jenis cucian sampai dengan proses penanganannya. Biasanya hotel seperti pada umumnya, linen section dan laundry lokasinya berada di satu office (kantor). Tujuannya adalah untuk memudahkan melakukan komunikasi.