Membuka Bisnis Pet Shop

Membuka bisnis pet shop

 

Apakah kamu merupkan pecinta hewan? Pernah terfikirkan untuk membuat bisnis sesuai dengan apa yang disukai? Atau yang berhubungan dengan hewan?

Banyak sekali ide bisnis yang cocok untuk dikelola didaerah pinggiran kota karena didaerah pinggiran kota cenderung jarang ada bisnis bisnis berkategori jasa,entah itu pet shop sebagai jasa perawatanhewan peliharaan maupun jasa aqiqah untuk mengurus segalakeperluan aqiqah karena masyarakat pinggiran kota yang cenderung lebih suka mengurus segala sesuatu sendiri tanpa ada bantuan jasa apapun.namun tak jarang juga mengingat zaman yang terus berkembang maju tentunya masyarakat milenial juga tidak sedikit yang menginginkan segala sesuatu yang praktis seperti menggunakan jasa jasa semacam ini.

 

Tentunya hal ini dapat menjadi peluang besar untuk kita jika membangun pet shop di daerah pinggiran kota, dengan langkanya pebisnis pet shop didaerah tentunya akan menjadi pasar yang luas untuk pebisnis karena langkanya pesaing dengan produk serupa akan membuahkan pelanggan yang banyak tentunya mayoritas akan menjadi pelanggan kita nantinya.

Tertarik membangun bisnis semacam ini? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun bisnis pet shop.

  1. Lokasi Pet Shop

Sebelum memulai bisnis pet shop, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memilih lokasi bisnis. Cobalah pilih lokasi yang mudah diakses dan strategis oleh pelanggan. Salah satu tips dalam memilih lokasi pelanggan antara lain:

  1. Lokasi yang kondusif, lokasi harus bebas dari kebisingan, buatlah toko petshop kits dapat menangkal suara dari luar agar hewat tidak mudah stress, buat penyaring udara, dan juga pendingin udara.
  2. Kebersihan toko juga perlu diperhatikan untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan dan juga kesehatan hewan yang dijual.
  3. Dekat dengan pemukiman. Dekat dengan pemukiman agar toko mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu kita juga perlu menghindari lokasi-lokasi seperti tempat makan, pasar atau perkantoran.
  4. Tentukan Jenis Layanan

Ada berbagai jenis layanan dalam bisnis pet shop, mulai dari jual-beli kebutuhan hewan, jual-beli hewan, menjual aksesoris, mainan, dan sebagainya. Untuk memberikan image positif bagi pet shop, kita juga bisa memberikan layanan dengan sistem one-stop-service atau semua jenis layanan. kita juga bisa menambahkan layanan jasa titip atau salon bagi hewan peliharaan. Dengan begitu, target pasar kita akan semakin besar karena layanan yang kita berikan begitu lengkap untuk mempersingkat waktu kebutuhan salon kita dapat juga menggunakan elterra water heater  untuk persediaan air hangat yang cukup gunakan juga shampoo untuk hewan dengan aroma yang wangi dan segar supaya pelangan puas dengan hasil kerja kita.

Baca Elterra Water Heater

 

3.     Minta Izin Lingkungan

Setelah memilih lokasi bisnis dan lokasi tersebut berada di kawasan yang cukup ramai, jangan lupa kita juga harus meminta izin kepada warga sekitar. Selain untuk menghindari konflik di kemudian hari, dengan meminta izin, artinya kita sudah menghargai orang sekitar, karena tidak semua orang nyaman ada di dekat hewan tertentu. Sebelum meminta izin kepada warga di sekitar lingkungan tempat bisnis, ada baiknya Anda mengajukan permohonan rekomendasi surat izin gangguan (HO) ke dinas perizinan kota.

4.     Rekrut Veterinarian dan Care-taker

Di negara-negara maju, seorang pebisnis hewan peliharaan bukan hanya mempekerjakan karyawan. Namun tenaga ahli seperti dokter hewan (veterinarian) dan juga perawat hewan (care-taker). Karena hewan-hewan yang dijual juga tidak hanya untuk dipajang, namun juga dirawat.

Hewan yang dijual harus dijaga kesehatannya. Terlebih jika kita memiliki layanan penitipan hewan kita akan memerlukan seorang care-taker dan juga dokter hewan. Adanya dokter hewan juga dapat meningkatkan fasilitas pet shop kita nantinya.

Baca Juga Handal Water Heater

5.     Bangun Hubungan dengan Komunitas

Bisnis pet shop  merupakan bisnis yang mengandalkan komunitas. Salah satu caranya yaitu membangun hubungan dengan komunitas. Membangun hubungan dengan komunitas dapat berupa melakukan promosi dan layanan khusus untuk komunitas tertentu dan terlibat dalam event-event yang diselenggarakan komunitas.

6.     Berikan Edukasi

“Saya ingin memiliki peliharaan, tapi Saya tidak tahu cara merawatnya”, Pertanyaan itu sering diungkapkan oleh calon konsumen hewan peliharaan. kita dapat memberikan konten edukasi melalui media sosial kita dan juga membuat konten di kanal YouTube. Konten berfungsi untuk menarik orang-orang yang baru dan ingin membeli hewan peliharaan. Edukasi juga dapat dilakukan dengan mengadakan event seperti lomba grooming, olahraga atau seminar.