Makanan Khas Boyolali Yang Wajib Kalian Cicipi, Simak!

Sama-sama Nasi Pecel, Ini 5 Perbedaan Nasi Pecel dari Madiun dan Solo

Siapa bilang Boyolali bukan merupakan kota yang indah? Nyatanya Boyolali merupakan daerah yang menyimpan banyak kelebihan seperti wisata alam yang indah dan kulinernya yang nikmat. Kalian para backpacker wajib mencoba kota Boyolali sebagai tujuan singgah kalian selanjutnya sebab, disana kalian dapat menemukan hal yang elum pernah kalian temukan sebelumnya, seperti makanan khas Boyolali. Kali ini kami akan memberikan informasi seputar makanan khas Boyolali yang wajib kalian cicipi, penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut seperti yang dilansir dari resep masakan sehari hari.

1. Soto Mbol Giyem

Sebenarnya soto bukanlah makanan khas Boyolali, hanya saja disana terdapat soto legendaris yang masih ada hingga saat ini yaitu soto Mbok Giyem. Soto ini memiliki cirri khas rasa yang masih terjaga hingga turun termurun. Kamu bisa manikmati soto ini di kawasan Pandanaran, disana kamu akan menemukan warung makan yang melegenda. Kabarnya jika sudah sekali mencicipi soto Mbok Giyem, kamu aka dibuat ketagihan dengan rasanya karena rasa dari soto tersebut sangat nikmat. Soto ini juga memiliki kuah yang kental, tak seperti soto lainnya, jadi apakah kalian tertarik untuk mencicipinya?

2. Tahu Susu

Makanan khas Boyolali selanjutnya adalah tahu susu nama tahu susu bukan sekedar nama saja melainkan tahu terseut dibuat di peternakan sapi. Tahu ini sendiri diolah denan curdling susu dengan rennet, setelah itu akan menghilangkan bagian cairannya. Tahu ini merupakan tahu yang sangat disenangi warga Boyolali sebab tahu ini memang memiliki rasa yang berbeda dan unik. Tingkat keasamaan yang cukup tinggi membuat tekstur dari tahu ini lebih padat, karena protein yang terkandung di dalam susu. Makanan ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Boyolali.

3. Jenang Pecel

Selanjutnya ada jenang pecel yang juga merupakan makanan favorit daerah Boyolali, makanan ini memiliki keunikan yaitu memadukan antara dua kuliner khas Indonesia. Wajar saja jika kalian merasa nama makanan ini seperti gabungan antara dua makanan, karena makanan ini ada paduan antara bubur sumsum dengan rasa manis dan pecel dengan rasa yang mudah. Kalian jangan berpikir bahwa makanan ini memiliki rasa yang aneh sebab, makanan ini memang nikmat, kalau kalian tidak percaya, kalian bisa mencicipinya sendiri kesana.

4. Susu Segar

Di salah satu daerah Boyolali terdapat susu yang terkenal sangat segar tepatnya di dusun Kuncen. Desa tersebut cukup terkenal di Boyolali karena peternakan sapi perahnya. Jika kalian berkunjung ke Botolali kalian wajib nih mampir untuk mencoba susu segar sekaligus memerahnya sendiri dari sapinya. Disana kalian bisa mencicipi ssu dengan rasa yang bervariasi antara lain cokelat, green tea, strawberry, moka dan masih banyak lagi rasa lainnya. Kapan lagi ada waktu untuk mencicipi susu dan memerahnya langsung.

5. Abon Lele

Jika biasanay abon terbuat dari daging sapi, ayam, dan kambing, maka di Boyolali terdapat abon lele. Makanan ini juga merupakan makanan khas yang berasal dari Boyolali, dan sangat terkenal tentunya. Lele tersebut diolah menjadi abon dan keripik dengan rasa yang gurih dan cocok sekali untuk dinikmati bersama nasi. Jika kalian berkunjung kesini, kalian wajib mencicipinya nih, atau kalian juga bisa menjadikan abon lele sebagai oleh-oleh khas Boyolali.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar makanan khas Boyolali, semoga informasi di atas dapat bermanfaat.