Macam Macam Gerakan Tari Berikut Unsur-Unsur Penting didalamnya

Ada banyak elemen dalam tari, mulai dari musik dan pakaian hingga panggung. Namun, ada satu komponen yang paling penting, yaitu gerakan dasar tari. Pasalnya, gerakan dasar tari melibatkan hampir seluruh bagian tubuh seperti kepala, mata, tangan bahkan kaki.

Gerak-gerak dasar tari juga disebut keindahan dan memberitahu kita fungsi-fungsi khusus yang diatur dalam koreografer. Ada dua gerakan dasar tari yang indah, yang stilistika dan yang distortif.

Gerak stilistika disebut sebagai proses mengolah gerak tari menjadi lebih halus dan indah. Sedangkan distorsi adalah gerak tari yang diperlakukan seperti aslinya kemudian dibentuk kembali atau disebut proses stilasi.

Arti dari proses profiling itu sendiri, yaitu mengubah gerakan tanpa meninggalkan gerakan aslinya.
Berikut ragam gerak dasar tari mulai dari kepala, mata, badan, tangan, hingga kaki.

Gerak Dasar Kepala

Macam Macam Gerakan Tari
toriqa.com
  1. Gebes.
  2. Banyak Slulup.
  3. Lenggut.
  4. Ula Nglangi.
  5. Longgadhung.
  6. Pacak Gulu.
  7. Tolehan.

Gerak Dasar Mata

  1. Nyeledet.
  2. Ndhelik/mendhelik.

Gerak Dasar Badan

  1. Hoyog.
  2. Ogeg.
  3. Egol.
  4. Mendhak.
  5. Lembeyan.

Gerak Dasar Tangan

  1. Ngithing.
  2. Ngrayung.
  3. Nyempurit.
  4. Ngukel.
  5. Kebyok.
  6. Kebyak.
  7. Ulap-Ulap.
  8. Tawing.
  9. Mbaya Mangap.
  10. Nayung.
  11. Mingkik.
  12. Seblak.
  13. Ngepel.
  14. Bapan.
  15. Kambeng.

Gerak Dasar Kaki

  1. Srisig.
  2. Kenser.
  3. Gejug.
  4. Jinjit.
  5. Nggroda.
  6. Mendak.
  7. Tanjak Kanan/Kiri.
  8. Sila.
  9. Jengkeng.
  10. Trecet.
  11. Lumaksana.
  12. Enjeran.
  13. Debeg.

Jenis-Jenis Gerak Tari Dalam Sebuah Tarian

Selanjutnya kita akan membahas tentang gerakan tari. Pernahkah Anda mendengar kata gerakan tari?

Disini kita akan membahas satu persatu secara detail tentang pengertian, unsur, jenis, jenis, bentuk dan gerak dasar tari. Berikut penjelasan detailnya, dan jangan sampai Anda melewatkannya.

Gerakan tari merupakan salah satu unsur utama tari, dan gerak tari akan selalu memasukkan unsur tubuh manusia. Sebuah gerakan dalam tari yang bertindak sebagai sarana untuk mengkomunikasikan maksud tertentu dari koreografer.

Gerakan tari adalah perubahan posisi atau posisi anggota tubuh saat menari. Gerakan tari merupakan unsur dasar tari. Dalam gerak tari, pengolahan keindahan dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu gerak stilistika dan gerak terdistorsi.

Gerak statis adalah gerak yang telah mengalami proses perlakuan sehingga menghasilkan bentuk tari yang indah. Sedangkan Gerak Distorsi adalah suatu pengolahan gerak yang telah mengalami transformasi dari aslinya dan merupakan salah satu proses stilistika.

Unsur utama seni tari

Gerakan tidak dapat dikatakan sebagai tarian jika tidak dapat mencapai ketiga unsur tersebut. Jika salah satu dari unsur tersebut tidak ada, maka gerakan tersebut tidak dapat dikatakan sebagai tarian.

Apa saja elemen-elemen ini? Berikut penjelasannya:

  1. Wiraja (Raja) adalah tarian yang harus mampu menampilkan gerakan tubuh, baik dalam posisi duduk maupun berdiri.
  2. Warrama (irama) adalah seni tari yang harus memiliki unsur irama yang dapat menyatukan gerak tubuh dengan musik pengiringnya, baik dari segi irama maupun irama.
  3. Warasa (Rasa) adalah Warasa, yaitu tari harus mampu menyampaikan perasaan dan pesan melalui gerak tari dan juga ekspresi pada penarinya.

jenis gerakan tari

Berikut beberapa jenis gerak tari, sebagai berikut:

1. gerakan murni

Suatu gerak tari yang tujuannya hanya fungsi estetis sehingga hanya untuk memperindah sebuah tarian tanpa ada maksud untuk mengkodekan apapun. Misalnya gerakan menggulung pergelangan kaki dan menghentakkan kaki tanpa tujuan tertentu, atau gerakan menggulung selendang di akhir tarian, dan sebagainya.

2. Gerakan yang berarti

Gerakan tari yang tidak hanya memiliki fungsi estetis, tetapi juga mengutamakan makna atau simbol tertentu dari sesuatu yang ingin disampaikan kepada penonton tari.

Misalnya, dalam tarian merak, ada gerakan untuk melebarkan mantel sambil bergerak di sekitar panggung untuk menggambarkan gerakan merak, dll.

Gerakan tari selain fungsi estetis juga mengutamakan maksud atau simbol tertentu dari sesuatu yang ingin disampaikan kepada penonton tari.

Misalnya, dalam tarian merak, ada gerakan untuk melebarkan mantel sambil bergerak di sekitar panggung untuk menggambarkan gerakan merak, dll.

Macam-Macam Ragam Gerak Tari

Berikut adalah beberapa jenis gerak tari, yaitu sebagai berikut:

1. Berbagai gerakan tari klasik

Gerak tari klasik adalah gerak tari yang banyak menggunakan gerak murni, gerak ekspresif dan gerak tiruan yang telah di retouch atau disempurnakan.

Subyek gerak juga telah meniru kegiatan perilaku manusia dan hewan, namun gerak-gerik tersebut dipilih dan memiliki nilai simbolik dengan pola atau pola gerak yang telah ditentukan sebelumnya.

2. Ragam gerak tari rakyat

Ragam tari rakyat merupakan gerak tari yang banyak menggunakan gerak imitatif dan ekspresif. Gerakannya dapat meniru aktivitas dan emosi manusia hingga meniru perilaku hewan.

3. Berbagai gerakan tarian kreatif baru

Gerak tari kreasi baru adalah gerak tari yang terbentuk dari campuran beberapa jenis gerak tari tradisional sehingga dapat menjadi bentuk baru. Format baru ini akan terasa lebih dinamis dan hidup karena didukung oleh banyak generasi muda dan juga diaransemen oleh koreografer yang kreatif.

4. Meniru gerakan

Gerak mimik adalah gerak tari yang dapat dilakukan sebagai hasil eksplorasi gerak di alam selain gerak manusia.

5. Gerakan fantasi

Gerak imajiner adalah gerak yang dilakukan seseorang dalam membentuk suatu tarian. Gerakan ini dapat terdiri dari gerakan yang bermakna dan gerakan yang murni.

6. Gerakan yang berarti

Gerak Makna adalah gerak tari yang mengandung makna atau maksud tertentu

7. Gerakan murni

Gerakan murni adalah gerakan yang tidak memiliki makna, tetapi tetap mengandung unsur keindahan.

Bentuk gerak tari berdasarkan jumlah penari

Berdasarkan jumlah penarinya, gerakan tari dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu gerakan individu, gerakan berpasangan, dan gerakan kelompok. Berikut penjelasannya:

Satu Gerakan

Gerakan solo adalah gerakan tari yang dilakukan oleh seorang penari baik penari pria maupun wanita dalam pertunjukan tarinya sendiri, penari harus lebih berani dan percaya diri, serta harus mampu menguasai gerakan tari yang akan ditampilkan. Contoh gerakan tari tunggal selengkapnya sudah saya bahas disini.

Keanekaragaman gerak tari individu adalah gerak tempat, gerak pindah tempat, gerak lantai dan juga gerak lompat.

Contoh gerakan individu dapat dilihat pada tari bonding, tari gambir enom, tari rahwana, tari golek, tari srikandi, dan tari Sekar.

Gerakan Berpasangan

Gerak berpasangan umumnya dilakukan oleh dua orang penari, seorang penari laki-laki dan seorang penari, atau bisa juga berpasangan dengan putra, putri, dan putra. Saat melakukan gerakan berpasangan ini, gerakan kita dengan pasangan tari kita belum tentu sama.

Gerakan tersebut biasanya dapat berlangsung dalam arah yang berlawanan atau menghadap ke arah yang berbeda. Jika gerak tari dapat dilakukan dengan baik dan kompak, maka tarian akan semakin indah.

Gerakan Kelompok

Gerakan kelompok yang sama ini dilakukan oleh tiga orang penari atau lebih.

Setiap penari harus mentaati aturan tersebut agar tercapai keselarasan. Gerakan tari yang dapat dibawakan secara berkelompok harus mengutamakan kekompakan sehingga memiliki komposisi yang baik dan seimbang dalam pembentukan informasi.

Demikianlah macam macam gerakan tari yang bisa saya jelaskan untuk anda.