• Fri. Jun 25th, 2021

Lazio le Aquile

Bysartika

May 27, 2021

Giallo sull 'aquila della Ss Lazio non vola, anzi sì: permesso confermato -  Corriere Roma

Lazio merupakan salah satu klub sepak bola asal Italia yang didirikan pada tahun 1990 si Piazza della Liberta. Klub yang masuk ke dalam klasemen Serie A Liga Itali ini telah mendapatkan dua kali juara Italia, enam gelar Coppa Italia, tiga Piala Super Italia, satu Cup Winners’ Cup dan satu Piala Super Eropa, Biancocelesti telah membuktikan diri sebagai lawan yang hebat di Italia. Ie Aquile merupakan si Elang yang menjadi julukan serta lambing yangberdiri di atas logo klub Lazio. Logo tersebut merujuk pada penghargaan terhadap emblem Zeus, dan warna tradisional biru langit dan putih mereka yaitu merujuk kepada penemuan kompetisi Olimpiade yang berasal dari Yunani, semangat yang melambangkan Lazio sebagai klub multi-olahraga.

Tahun 1980 menjadi tahun tersuli bagi klub Lazio, pasalnya mendapatkan sanksi pengurangan poin akibat dari perjudian ilegal yang menyebabkan mereka menghabiskan beberapa musim di Serie B Liga Itali dan di sisa dekade tersebut dihabiskan dengan berjuang untuk bertahan di Serie A Liga Itali. Tetapi, tahun 1992 dengan kedatangan pengusaha ambisius Sergio Cragnotti sebagai presiden mengubah keberuntungan klub secara dramatis, kekayaannya membuat Lazio berulang kali memecahkan rekor transfer untuk membawa Juan Sebastian Veron, Christian Vieri dan Hernan Crespo. Gelar terakhir yang diraih Lazio yaitu Coppa Italia pada musim 2012-2013 yang mengalahkan Juventus dalam perjalanannya ke final, dan juga menang 1-0 atas rival sekota mereka AS Roma, yang mana Lazio menjalani Derby della Capitale untuk memastikan kesuksesan meraih Coppa Italia mereka keenam berkat gol tunggal Senad Lulic.

Stadion Olimpico menjadi laga kandang klub Lazio, di mana mereka berbagi stadion tersebut dengan A.S Roma juga dengan tim nasional Italia. Stadion Olimpico dibuka pada 1937, dan usai beberapa renovasi Olimpico menjadi tuan rumah final Liga Champions 2009 di mana Barcelona mencatatkan rekor treble bersejarah melawan Manchester United. Sadion Olimpico memiliki kapasitas 72.689 kursi. Berikut merupakan beberapa pemain klub Lazio, seperti Kapten klub Lazio, yaitu Stefano Mauri saat ini memasuki musim kesembilannya bersama Biancocelesti usai bergabung dengan mereka pada 2006. Pemain berusia 34 tahun ini sangat profesional dan telah tampil lebih dari 200 kali di seluruh kompetisi bersama Lazio, memenangkan tiga trofi sepanjang karirnya bersama Biancocelesti. Mauri sering melayangkan gol unik baik dulu maupun sekarang. Lalu terdapat pemain bertahan, yaitu Stefan Radu kembali menjadi penyokong bagi Lazio sejak direkrut dari Dinamo Bucarest pada 2008. Mantan pemain tim nasional Romania ini dapat beroperasi baik sebagai bek sayap maupun di tengah dan menjadi kapten Biancocelesti pada musim 2011-2012.

Federico Marchetti yang bertugas sebagai kipper. Federico Marchetti memulai karir profesionalnya bersama klub rival sekota Juventus yaitu Torino pada 2002 dan telah menjalani 11 penampilan bersama tim nasional Italia. Ia telah menjadi pilihan nomor satu Lazio di bawah mistar gawang sejak bergabung dari Cagliari lima tahun lalu. Keita Balde Diao merupakan penyerang asal Spayol yang besar bersama akademi muda Barcelona sebelum bergabung dengan Lazio pada 2011. Musim lalu merupakan saat ketika pemain berusia 19 tahun ini membuat debutnya bersama tim utama di mana ia mencetak lima gol dalam 25 penampilan. Keita Balde Diao memiliki kecepatan yang luar biasa dan sering melakukan tembakan jarak jauh. Hal tersebut yang membuat klub Lazio terlihat unggul dibandingkan klub lainnya.