Selama 18 tahun perjalanan karier, Avanza dibekali dengan sekian banyak macam revisi desain. Model yang disebutkan generasi kedua pernah datang pada 2011, kemudian model major change terakhir muncul pada 2015.

Toyota kembali mengerjakan perubahan pada Avanza Pada 2019, yang tampak jelas pada eksterior dan interior, ekstra fitur, dan penggantian teknis suspensi. Semua perubahan tersebut disebar ke New Avanza dan pun versi sporty-nya, New Veloz.

Tujuan Toyota membawa desain segar ini demi penyempurnaan tampilan New Avanza dan New Veloz. Dapat disaksikan misalnya pada lampu depan LED diperbanyak ‘Follow Me Home’ yang dirangkai bertumpuk laksana Toyota Voxy, antena sirip hiu, spion lipat otomatis, tombol AC digital, tombol start stop, smart entry, sensor parkir plus kamera, dan head unit baru yang dapat mirroring ponsel menambah level mewah Avanza

Namun, perubahan sangat berkesan pada Avanza ialah yang tidak kasat mata. Sekarang pengendaliannya tambah presisi dan pembicaraan antar penumpang di kabin New Avanza dan New Veloz semakin nyaman.

Perubahan tidak kasat mata tersebut dibuka dari suspensi Avanza, terutama pada lokasi shock arbsorber, per, dan bushing pada strut bar, swing arm, dan lateral rod. Komponen-komponen baru ini digunakan supaya pengendalian Avanza semakin nyaman.

Di samping itu, Toyota pun sudah mengolah setelan Electronic Power Steering (EPS). Modul komputer EPS sudah dipetakan ulang sehingga menciptakan setir kian ringan saat mobil bergerak pelan, tetapi jadi agak berat pada kecepatan tinggi.

Penggantian spesifikasi teknis tersebut menawarkan rasa yang bertolak belakang saat menyetir Avanza, terasa lebih ‘rendah’ dan goyangan bodi Avanza karena kegiatan mengemudi di jalan lurus menjadi berkurang.

Kemudi yang tidak banyak lebih berat dan suspensi tidak banyak kaku menciptakan pengemudi lebih pede ketika ngebut. Kendati body roll pada Avanza masih terasa, kadarnya berkurang ketimbang model sebelumnya.

 

Kenyamanan mengemudi makin terasa ketika membelok di rute ‘keriting’ perbukitan, gerak haluan Avanza lebih dapat diprediksi. Sekarang kian mudah mengawal bodi Avanza tetap salah satu garis putih di jalan saat kecepatan sedang. Sementara itu, suspensi dapat meredam gerakan lumayan fanatik dan mempermudah koreksi setir.

 

Baca juga : Panduwisata.com sewa mobil di Bali murah murah

 

Saat jalan santai penumpang dan pengemudi dapat menikmati sebanyak hal baru yang telah disediakan. Pilihan hiburan pada kabin sekarang makin tidak sedikit dengan teknik mengeksplorasi head unit. Khusus Veloz, terdapat monitor di unsur plafon guna penumpang deret belakang. Dan tidak perlu cemas kehabisan daya pada gadget kesayangan, sekarang sudah terdapat power outlet di seluruh baris jok.

Ubahan beda yang tidak kelihatan mata pada Avanza 2019 yakni pada peningkatan peredam. Posisinya terdapat di balik dasbor, di bawah lokasi tuas transmisi, dan di bawah jok baris ketiga. berkat peredaman ekstra itu, kabin Avanza kian senyap 1-2 desibel.

Ada dalil mengapa Avanza dapat jadi mobil terlaris di Indonesia, selain sebab pemasaran Toyota, mobil ini pun dikenal fungsional dan mempunyai satu poin keunggulan yang tidak dipunyai pesaingnya, yakni sistem gerak roda belakang.

Hal ini lumayan penting, sebab karakter jalan-jalan di Indonesia tidak semuanya mulus laksana di Jakarta. Dengan situasi jalan paling beragam, dapat jadi susah ditempuh oleh sistem gerak roda depan tanpa pertolongan teknologi tambahan.

By jago