mengatasi masalah makan anak

Gangguan kesehatan dan lambatnya perkembangan dan pertumbuhan anak bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena gangguan masalah makan.

Oleh karenanya, kita harus tahu apa saja yang menyebabnya.

Menurut Prof. DR.Ir. Sri Anna Marliyati, MSi setidaknya ditemukan 4 masalah makan yang umum dihadapi oleh anak, seperti pilih-pilih makanan, malas makan kalaupun makan kadang sedikit, tidak mau makan sama sekali dan bahkan tidak mau makan sayur.

Nah, agar anak anda tidak menghadapi masalah yang sama. Mungkin ada baiknya juga mengetahui detail tentang masalah makan ini dengan baik.

Mari kita bahas lebih jauh.

  1. Pilih-Pilih Makanan, Gangguan Makan yang Sering Dialami Anak

Umumnya masalah pilih-pilih makanan ini terjadi karena anak sedang menghadapi perkembangan selera makan sehingga menyukai makanan tertentu saja.

Kadang juga bisa disebabkan oleh kurangnya variasi makanan pada anak. Sehingga mereka merasa bosan makanan yang sama berulang kali.

Oleh karenanya, kita harus bisa membuat menu makan yang menarik bagi mereka. Sehingga kebutuhan dasar mereka akan makanan bisa terpenuhi.

  1. Susah Makan, Hanya Mau Makan Sedikit

Sedangkan masalah susah makan sebenarnya lebih dipicu oleh masalah psikologi.

Mungkin anak agak trauma karena sering dipaksa makan, terutama makanan yang tidak mereka sukai. Termasuk makanan yang memiliki aroma yang tidak mereka sukai.

Untuk mengatasi ini, sebaiknya hindari memberikan cemilan saat jadwal makan anak. Sehingga mereka benar-benar lapar pada waktunya.

  1. Anak Menolak Makan

Pada kondisi tertentu anak juga menolak untuk makan.

Jika dilihat pemicunya, biasanya sangat beragam. Bisa karena mereka memang sedang tidak lapar, makanan yang disuguhkan tidak mereka sukai atau mereka sedang melakukan kegiatan yang sangat mereka senangi. Ini harus di identifikasi dengan baik.

Lagi, solusinya adalah dengan mengurangi makanan cemilan menjelang makan, menghindari kegiatan yang membuat mereka enggan meninggalkannya.

Intinya, 30 menit menjelang makan usahakan untuk persiapan ke makan anak.

  1. Tidak Suka Makan Sayur

Pada kondisi tertentu ada beberapa anak yang tidak suka makan sayur. Termasuk penulis waktu kecil juga tidak suka makan sayur.

Tapi hal ini harus kita atasi dengan baik. Karena sesungguhnya sayur memiliki manfaat yang sangat besar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Selain dengan memberikan treatment secara teknis, sebaiknya anda juga mencoba cara alternative sepreti dengan mengkonsumsi Gizidat, salah satu vitamin penambah nafsu makan anak.

Jadi kita bisa melakukan beberapa langkah penting sekaligus.

Nah, itulah beberapa gangguan makan yang bisa dialami si kecil dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Parents.

By jago