Kenali 5 Tanda Terkena Vertigo dan Simak Cara Efektif Mengobatinya

Vertigo merupakan sebuah kondisi ketika tubuh sedang mengalami beberapa gejala dari sebuah penyakit yang diderita. Tanda-tanda gejala vertigo:

  1. Pusing tujuh keliling, padahal sedang diam.
  2. Perasaan mata menjadi gelap setelah bangun dari tempat tidur.
  3. Gangguan pendengaran. Jika semakin parah, bisa terjadi meniere (perbedaan tekanan dalam telinga), tinnitus (telinga berdenging), atau labirinitis (infeksi yang berhubungan dengan keseimbangan).
  4. Mual.
  5. Pingsan

Penyebab vertigo:

  1. Tumor otak,
  2. Stroke,
  3. Mengkonsumsi beberapa obat tertentu,
  4. Infeksi pada telinga bagian dalam,
  5. Perubahan posisi kepala secara tiba-tiba.

Cara Mendiagnosis Vertigo

Jika gejala muncul, duduk diam saja ya. Biasanya, dokter akan melakukan tahap pemeriksaan fisik guna melihat fungsi pendengaran, gerak bola mata, dan fungsi otak. Anda juga bisa kok melakukan hal berikut:

  1. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi.
  2. Duduk sejenak saat bangun tidur.
  3. Gerakkan kepala secara perlahan.
  4. Hindari membungkuk.

Kenali 5 Tanda Terkena Vertigo dan Simak Cara Efektif Mengobatinya

Cara mengobati vertigo

Selain beristirahat, ada juga pengobatan yang diukur dari tingkat keparahan vertigo yang dialami oleh pasien, di antaranya:

  1. Melakukan beberapa manuver kepala sederhana

Caranya: duduk tegak, putar kepala 45 derajat ke kiri, taruh bantal di antara bahu, tunggu 30 detik. Lalu, putar kepala 90 derajat ke kanan tanpa mengangkatnya, tunggu 30 detik. Ulangi lagi, putar kepala dan tubuh Anda dari sisi kiri ke sisi kanan, tunggu 30 detik. Anda bisa mengulanginya beberapa kali untuk mengurangi pusingnya.

  1. Membatasi konsumsi garam dan diuretik untuk mengurangi volume cairan yang tersimpan dalam tubuh

Yuk, mulai hindari kafein, cokelat, alkohol, dan rokok. Kemudian, lakukan fisioterapi untuk mengatasi gangguan keseimbangan.

  1. Mengonsumsi obat tertentu

Dokter akan mempertimbangkan untuk memberikan antibiotik atau steroid yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan penyembuhan infeksi.

  1. Terapi rehabilitasi vestibular (VRT)

Ini adalah jenis terapi fisik untuk memperkuat sistem vestibular. Secara fungsi, sistem vestibular berperan dalam menjaga keseimbangan, koordinasi, serta kontrol pergerakan tubuh.

  1. Operasi

Jika penyebab vertigo adalah tumor, cedera pada otak, atau leher, maka operasi dapat dilakukan untuk membantu meringankan bahkan menyembuhkan penyakit ini.

Yuk lindungi diri secara optimal dengan asuransi kesehatan keluarga dan asuransi penyakit kritis dari Super You. Premi terjangkau. Mulai dari Rp 30 ribu per bulan, kamu sudah terlindungi1