Kemasan Dimsum di Gresik, Pada satu peluang aku memperoleh oleh-oleh dari seorang saudara dimsum kemasan siap saji yang halal. Rasaya sungguh-sungguh menarik hati lidah dan walaupun tanpa pengawet, dapat mencapai perjalanan jauh tanpa menurunkan kwalitas. Aku jadi berkeinginan mencari tahu lebih jauh soal usaha ini, apakah kans usaha makanan ringan ini memerlukan modal besar?

 

Image : food.ndtv.com

Buat Anda yang belum ketahui dengan dimsum, aku akan coba perkenalkan dahulu. Dimsum ini hakekatnya sajian khas negeri Tiongkok, tepatnya dari tempat Kanton, China. Dalam bahasa aslinya, dimsum berarti makanan ringan. Meskipun tak dapat sepenuhnya dikatakan makanan ringan, sebab isinya cukup padat dan mengenyangkan.

 

Lazimnya di negeri asalnya  dimsum identik dengan sajian dengan kulit lumpia dengan isian aneka daging cacah, bagus itu ayam, udang, ikan tenggiri, sampai daging sapi dan babi. Sajian dikukus sampai matang dan diberi tahu bersama saus cocolan yang asam pedas dengan minuman memabukkan beras sebagai penyedap.

 

Untuk sebuah kans usaha makanan ringan di Indonesia, tentu saja sajian ini sepatutnya Anda penyesuaian diri dengan selera dan keperluan lokal. Termasuk menyingkirkan pengaplikasian bahan non halal sehingga dapat menjadi konsumsi semua lapisan masyakarat. Tentu saja memasarkan produk halal juga lebih barokah bukan?

 

Kembali pada penyelidikan yang aku lakukan yang mempertemukan aku dengan sebagian produsen dimsum rumahan. Aku sempat memperoleh sebagian isu menarik. Info terlebih pertama yang berkeinginan aku share dengan Anda ialah soal potensi kans usaha makanan ringan ini.

 

Berdasarkan salah seorang produsen dimsum rumahan di kota Jakarta, yang membuka semacam toko makan dan dimsum siap saji di sebuah lokasi kampus Rawamangun di Jakarta Timur semenjak 2010.

 

Dalam sehari beliau mesti membikin dimsum sebanyak 700 buah dengan penjualan 60 % menjadi hidangan kios makan dimsum miliknya dan sisanya terjual secara reseller dalam kemasan siap saji.

 

Berbeda dengan seorang produsen dimsum di tempat Pakuningratan, Yogya. Pelaku usaha yang seorang peranakan ini tentu saja amat lihai membikin dimsum secara turun temurun semenjak puluhan tahun. Tetapi demi merengkuh pasar yang luas, mereka sengaja memproduksi dimsum halal.

 

Mereka mengaku menjadikan omset harian sekitar 500 ribu perharinya. Dengan menitipkan produknya via penjaja makanan keliling yang cukup familiar di Yogya, mereka dengan pesat dapat merengguh pasar sekitaran Yogya.

 

Tulisan lain: Usaha Kecil Rumahan

 

Lalu bagaimana caranya mengawali kesempatan usaha makanan ringan satu ini? Berdasar dari simpulan atas hasil pencarian aku, berikut ini sebagian hal yang mesti Anda lakukan saat mau menciptakan pandangan baru membuka usaha dimsum rumahan.

 

1, Persiapkan konsep produksi

 

Usaha ini memerlukan metode produksi yang cukup kompleks, mengingat sajian ini memang sedikit kompleks dan amat handmade. Jadi Anda sepatutnya merencanakan konsep produksi dengan sungguh-sungguh seksama. 

 

Mulai dari kelengkapan masak yang besar dan komplit, mesin cacah daging berkwalitas, sampai daya kerja pembungkus dalam jumlah yang mencukupi produksi. Perlu pula Anda pertimbangkan ruang produksi yang kapabel menampung daya kerja Anda.

 

Pelajari pula bagaimana sistem memasak produk dimsum yang tak cuma sedap, namun juga rendah tarif, bendung lama padahal tanpa pengawet sampai teknik pengemasan terbaik untuk produk kencang saji. Pengemasan yang pas menjadi unsur penentu dalam menjaga keawetan produk siap saji.

 

2, Modal Usaha

 

Untuk mengawali usaha makanan ringan skala rumahan ini Anda dapat mengawalinya dari produksi kecil-kecilan. Mulai dari angka di bawah 1 juta. Angka ini untuk membeli perlengkapan dan bahan baku cocok dengan kapasitas produksi. Untuk pengeluaran daya kerja dapat Anda tunda pada bulan selanjutnya, saat Anda telah menghitung akumulasi penghasilan.

 

3, Cari sumber bahan baku terbaik

 

Salah satu tugas besar Anda dalam usaha ini ialah mencari bahan baku terbaik dengan harga terbaik. Anda dapat saja menemukan sumber bahan baku murah seperti mengolah sisa potongan filletikan segar dari pelelangan atau rumah pemotongan binatang.

 

4, Tentukan pasar Anda dan teknik penjualan Anda.

 

Lazimnya produk dimsum lebih banyak digemari oleh kalangan menengah ke atas. Ini sebab sebagian bahan bakunya tipe udang dan ikan tenggiri memaksa Anda untuk memasarkannya dengan harga cukup tinggi.

 

Jadi jika Anda bermaksud memasarkan dimsum original (yang halal) artinya Anda sepatutnya mencari celah masuknya produk Anda ke kalangan ini. Melainkan Anda juga dapat memasarkannya kekalangan menengah kebawah dengan metode mengganti bahan baku dengan bahan pengganti yang lebih murah.

 

Misalkan dengan mengaplikasikan ikan lele sebagai bahan baku. Kembali cari celah terbaik untuk memasarkan produk dimsum Anda ke pasar ini. Anda dapat mengikuti inspirasi menitipkannya pada penjual makanan ringan di pasar atau penjaja keliling.

 

Mereka dapat meraba seluruh kalangan. Anda juga dapat memasarkan secara online dengan membikin facebook page atau laman. Dengan pengukusan dan pengemasan yang cukup bagus, dimsum dapat bertahan 30 jam di luar kulkas, jadi masih cukup cakap bertahan untuk pengiriman kilat luar kota

 

5, Metode manajemen simpel

 

Jangan anggap sepele urusan manajemen sedangkan usaha Anda cuma skala rumahan. Siapa tau dari skala ini dapat beranjak menjadi skala nasional. Lagi pula dengan kontrol keuangan yang bagus, pengelolaan cara produksi dan cara pemasaran yang maksimal Anda juga akan diuntungkan dengan efisiensi dalam usaha Anda kan?

 

Nah…kini tinggal realisasinya, kapan Anda akan mengawali usaha makanan ringan dimsum rumahan ini? Dengan modal minim Anda dapat mengawali kesempatan usaha makanan ringan dimsun ini. Jangan ragu mengawali lebih permulaan, siapa tahu Anda menjadi yang pertama di kota Anda. Dapatkan kemasan makanan, cup minuman, tutup paper cup dan paper cup di irppapercup.com