Bagi kamu yang sedang mendalami dunia desain, tentu tidak asing lagi dengan adanya software Adobe Photoshop. Produk milik Abob ini cukup populer, terlebih  hampir semua bidang bisnis membutuhkan komunikasi visual saat ini.

 

Walau begitu dikenal oleh publik, tetap saja Adobe Photoshop memiliki kelebihan dan kekurangan. Semua disesuaikan dengan kebutuhan dari para penggunanya. Secara spesifik, produk ini memang digunakan cuma untuk mengedit foto.

 

Setelah mengambil beberapa gambar seperti objek pemandangan, benda, produk, maupun manusia, kamu dapat mengeditnya supaya lebih menarik menggunakan produk ini. Misalnya mengubah warna, menambahkan elemen, dan lain sebagainya.

 

Dikutip dari haris.web.id ada beberapa kelebihan dari produk keluaran Adobe ini adalah sebagai berikut :

 

  1. Menghasilkan Gambar Lebih Berkualitas dan  beberapa studio menggunakannya untuk menghilangkan jerawat di foto manusia supaya terlihat lebih baik. Selain itu, kamu tidak perlu susah-susah untuk mengatur kamera saat melakukan foto studio, karena Photoshop dapat membantu supaya bisa menghasilkan gambar berkualitas, seperti meningkatkan cahaya untuk pencerahan.

  2. Memiliki Fitur-fitur Unggulan yang akan membantu kamu dalam membuat foto menarik maupun desain-desain, seperti poster, banner, dan lain sebagainya. Bukan cuma itu, ada juga efek dan model tulisan yang bervariasi.

  3. Membuat Kerja Desain Menjadi Lebih Cepat, contohnya kamu ingin membuat elemen lingkaran. Cukup memilih tools lingkaran tanpa harus membuatnya secara manual.

 

Adapun beberapa kekurangan dari Adobe Photoshop ini adalah sebagai berikut :

 

  1. Terlalu Banyak Layer yang akan membuat para pemula semakin kebingungan. Dibutuhkan ketelatenan supaya bisa memahaminya dengan lebih baik lagi. Kamu harus banyak berlatih supaya cepat menguasai.

  2. Hanya Fokus pada Foto, sehingga sejumlah tools untuk desainnya lebih terbatas ketimbang dengan InDesign, Corel, dan Illustrator.

  3. Ukurannya Terlalu Besar kalau dibandingkan dengan software lain, sehingga apabila terlalu banyak menggunakan layer, maka ukuran filenya juga akan semakin besar. Itulah yang membuat banyaknya layer menjadi kekurangan dalam software ini. Sebab dapat mempengaruhi ukuran filenya yang semakin besar. Ada juga terdapat bermacam pilihan dalam membuat karya-karya komunikasi visual. Sehingga kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kamu.