• Wed. Dec 2nd, 2020
Jenis Makanan Kucing Berbahaya yang Harus Dihindari

Memilih jenis makanan kucing yang tepat adalah hal yang harus dilakukan jika Anda memutuskan untuk memelihara kucing. Ya, faktor makanan memang sangat penting karena makanan akan berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhan kucing yang Anda pelihara.

Berbincang tentang makanan untuk kucing, ada beberapa makanan yang bisa dikatakan berbahaya dan sebaiknya tidak diberikan. Pemberian makanan ini nantinya bisa saja menyebabkan hal buruk pada kucing, seperti kesehatannya yang terganggu ataupun pertumbuhannya yang akan menjadi kurang maksimal.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami makanan apa saja yang berbahaya bagi kucing mereka sehingga terkadang masih diberikan. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa makanan yang sebenarnya berbahaya bagi kucing Anda.

Beberapa Makanan Kucing yang Berbahaya

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa makanan yang sebenarnya cukup berbahaya untuk diberikan pada kucing Anda. Beberapa makanan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ikan mentah

Ikan mentah adalah salah satu makanan yang bisa dikatakan cukup berbahaya. Ya, hal ini dikarenakan ikan yang masih mentah cenderung memiliki enzim yang akan menghancurkan vitamin B di mana sebenarnya diperlukan kucing. Oleh karenanya, kucing bisa kekurangan vitamin.

Selain itu, ikan mentah juga memiliki parasit. Ada risiko kucing akan terkena penyakit yang bersumber dari parasit tersebut. Jika hal ini terjadi, maka bisa jadi kucing akan jatuh sakit dan terkena masalah-masalah kesehatan yang bisa berdampak pada kematian.

  • Ikan tuna

Meski dianggap memiliki banyak gizi, namun nyatanya ikan tuna termasuk pakan kucing yang cukup berbahaya. Jenis makanan yang satu ini bisa menyebabkan kucing menjadi kecanduan hingga akhirnya tidak mau mengonsumsi makanan lainnya.

Juga, ikan tuna memiliki risiko mengandung merkuri. Merkuri inilah yang bisa menjadi biang dari masalah kesehatan kucing karena akan mengakibatkan keracunan. Tentu, Anda harus menghindari makanan yang satu ini untuk menjaga kondisi kucing Anda.

  • Produk olahan susu

Susu cukup sering diberikan untuk kucing dengan alasan menjaga kesehatannya. Memang, secara umum, memberikan susu bisa dikatakan cukup baik. Hanya saja, semakin dewasa, sistem pencernaan kucing akan cenderung lebih sensitif pada laktosa yang terdapat di beberapa olahan susu, seperti keju, yogurt dan lainnya yang bisa menyebabkan keracunan.

Beberapa jenis makanan di atas adalah makanan-makanan yang sebaiknya Anda hindari. Dengan membatasi pemberian makanan tersebut, maka kesehatan kucing Anda tentu saja akan lebih terjaga.

Nah, jika Anda mencari jenis makanan kucing yang tepat, Anda bisa memilih produk Pro Plan yang banyak tersedia di pasaran. Ada cukup banyak variasi produk Pro Plan untuk dipilih. Cek selengkapnya di sini.