Jenis-Jenis Pinjaman Online dan Konsepnya

Anda dapat menemukan pinjaman online resmi ojk dari beberapa jenis pemberi pinjaman, termasuk pemberi pinjaman khusus online, bank, dan serikat kredit. Pinjaman fleksibel ini adalah pilihan yang populer karena Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk hampir semua hal.Sebuah laporan Experian menemukan bahwa ada 42,7 juta rekening pinjaman pribadi dibuka pada kuartal ketiga tahun 2020.

Beberapa peminjam menggunakan uang itu untuk mengkonsolidasikan utang kartu kredit berbunga lebih tinggi, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk melakukan pembelian besar atau menutupi tagihan lainnya.Berikut ulasna lengkapnya untuk anda yang akan diberikan dibawah ini yaitu antara lain :

Apakah Jenis Pinjaman Online Banyak ?
Suku bunga dan persyaratan penawaran pinjaman Anda umumnya lebih penting daripada jenis pemberi pinjaman yang mengeluarkan pinjaman. Namun, Anda masih ingin tahu di mana mencari penawaran.Juga, penting untuk dipahami bahwa pemberi pinjaman sering kali memasarkan pinjaman pribadi mereka menggunakan nama yang berbeda.

Untuk menargetkan berbagai kebutuhan peminjam.Anda mungkin melihat penawaran untuk pinjaman konsolidasi utang, pinjaman pernikahan, pinjaman pindahan atau pinjaman darurat, tetapi ini semua biasanya pinjaman pribadi, dan Anda tidak perlu dibatasi untuk menggunakan dana tersebut untuk tujuan itu.

Jenis-Jenis Pinjaman Online
-Pemberi Pinjaman Online dan Marketplace
Beberapa perusahaan teknologi keuangan khusus online mengkhususkan diri dalam pinjaman pribadi. Experian menemukan persentase pinjaman pribadi tanpa jaminan yang diterbitkan oleh pemberi pinjaman online resmi ojk tumbuh dari 22% pada tahun 2015 menjadi 49,4% pada tahun 2019.Pemberi pinjaman online mengeluarkan pinjaman langsung kepada peminjam, dan beberapa berspesialisasi dalam jenis pinjaman atau peminjam tertentu.

Misalnya, Payoff berkonsentrasi pada peminjam pinjaman pribadi yang ingin mengkonsolidasikan hutang kartu kredit mereka, sementara Avant membuat pinjamannya tersedia untuk orang-orang yang memiliki kredit yang adil.Platform pinjaman online, seperti Pemula dan Sejahtera, beroperasi sedikit berbeda.

Pengalaman mungkin serupa untuk peminjam, tetapi dana untuk pinjaman berasal dari investor individu dan institusional, bukan dari satu institusi keuangan.Salah satu opsi mungkin menawarkan aplikasi dan proses peninjauan aplikasi atau berbasis browser yang disederhanakan. Satu hal yang perlu diingat: Anda tidak akan dapat mengunjungi cabang karena pemberi pinjaman online tidak menyediakan lokasi fisik untuk pelanggan.

-Bank
Bank offline juga menawarkan pinjaman pribadi. Salah satu keuntungan potensial adalah Anda mungkin dapat menyetorkan uang secara langsung ke rekening yang sudah Anda miliki di bank, yang dapat memberi Anda akses lebih cepat ke dana tersebut. Namun, beberapa bank mungkin mengharuskan Anda mengunjungi cabang untuk menyelesaikan proses aplikasi, yang mungkin lebih memakan waktu daripada bekerja dengan pemberi pinjaman online.

Ada juga beberapa tumpang tindih antara bank dan pemberi pinjaman online. Misalnya, Lightstream menawarkan pinjaman pribadi secara online, tetapi ini adalah divisi dari SunTrust Bank. Dan LendingClub, yang dimulai sebagai pasar peer-to-peer, sekarang menjadi bank. Kedua perusahaan menawarkan pinjaman pribadi, di samping berbagai produk dan layanan keuangan lainnya.

-Serikat Kredit
Credit union adalah lembaga keuangan nirlaba yang melayani anggotanya dengan banyak produk seperti bank, seperti pinjaman online resmi ojk dan rekening deposito. Serikat kredit mengembalikan keuntungan mereka kepada anggota dan dapat menawarkan pinjaman dengan biaya dan tarif yang lebih rendah.Misalnya, serikat kredit yang disewa secara federal (mereka akan sering memiliki “federal” dalam namanya) memiliki batas suku bunga 18% atas pinjaman mereka.

Menurut National Credit Union Administration (NCUA), tingkat bunga rata-rata nasional pada pinjaman pribadi tiga tahun dari credit union adalah 8,95% pada kuartal kedua tahun 2021; tingkat rata-rata pinjaman yang sama dari bank adalah 10,09%.Sebelum Anda bisa mendapatkan pinjaman dari serikat kredit, Anda biasanya harus menjadi anggota.

Beberapa serikat kredit memiliki kriteria keanggotaan yang ketat, seperti tinggal di wilayah tertentu atau bekerja untuk majikan tertentu. Yang lain terbuka untuk hampir semua orang mereka hanya membutuhkan sumbangan satu kali untuk amal mitra.Maka dari itu anda harus selalu perhatikan hal ini.