Taman sering dikaitkan dengan kesan relaksasi. Wajar saja karena taman dipenuhi dengan segala jenis tanaman hijau dan bunga yang membuat orang merasa asri. Udara segar dan suasana hati menjadi lebih santai. Letak taman biasanya di luar rumah karena lahannya lebih luas dan bisa menjadi habitat serangga cantik. Namun, memiliki taman di dalam rumah juga tak kalah mengasyikkan.

Memiliki taman di dalam rumah akan memudahkan Anda untuk bersantai setiap saat. Tidak perlu yang besar, yang penting ada tanaman dan dirawat dengan baik. Simak 8 taman dari rumah Japandi di Kanja berikut ini yang bisa kamu jadikan inspirasi!

Taman mini dengan pepohonan dan area tempat duduk

Taman di dalam rumah bisa diisi dengan pepohonan. Namun, pastikan pohonnya cukup kecil sehingga akarnya tidak bisa menembus lantai interior, ya! Kemudian, tutupi seluruh permukaan tanah dengan rumput. Masih kurang cantik? Tambahkan taman vertikal dan tanaman merambat yang menjuntai dari lapisan atas.

Baca Juga : Tukang Taman Semarang

Taman rumah juga dilengkapi dengan area kecil untuk kursi dan meja samping minimalis yang serasi. Interior Jepang didominasi oleh kayu, yang melengkapi taman rumah ini.

Kamar Khusus Taman

Jika Anda memiliki lahan yang luas, Anda bisa menggunakan ruangan khusus untuk membuat taman di rumah Anda. Jadikan lebih hemat tempat dengan tanaman kayu yang menempel di dinding. Panci yang dipasang di dinding ini sangat ideal untuk menanam bumbu atau rempah-rempah untuk melengkapi masakan. Taman rumah juga dipenuhi dengan meja dan kursi makan untuk Anda nikmati. Uniknya, bagian tengah meja menyediakan ruang untuk tanaman hijau kecil.

Jika ukuran rumah Anda terbatas, Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa menghadirkan taman di rumah Anda di ruangan khusus yang berukuran lebih kecil. Untuk perawatan yang lebih mudah, Anda bisa memilih alternatif taman kering dengan beragam tanaman kaktus dan batu. Dalam hal ini, pastikan juga Anda mengetahui cara merawat kaktus yang tepat agar tumbuh subur dan taman di dalam rumah tetap terlihat asri.

Mungkin Anda tidak bisa meletakkan meja dan kursi makan di dalamnya. Tetap saja, memiliki kursi hemat tempat di sudut ruang taman tidak akan membuat taman semakin sempit di rumah mungil ini, kok!

Taman vertikal di ruang tamu

Untuk pemilik kecil Jepang, ada solusi lain. Dengan menerapkan konsep taman vertikal, Anda bisa memiliki taman di rumah Anda. Taman ini pada dasarnya berada di permukaan dinding. Taman rumah model ini umumnya dipenuhi tanaman hijau dengan berbagai ukuran. Untuk menjadikan taman ini sebagai focal point utama dan langsung membuat Anda rileks, tambahkan bingkai kayu dan indirect lighting.

Berdampingan dengan Dapur dan Ruang Makan

Ingin makan malam yang lebih seru, berkesan dan hangat bersama keluarga di rumah? Bangun saja taman di rumah sebelah dapur dan ruang makan, seperti contoh di atas! Dinding taman terbuat dari batu alam berwarna coklat, yang membuat suasana lebih alami dan hangat. Sedangkan model yang diterapkan adalah taman vertikal.

Anda bisa membatasi taman rumah ini dengan pintu kaca geser. Saat Anda makan bersama, buka pintu untuk menghirup udara segar. Nah, ketika kamu mulai bosan dengan pekerjaan rumah sehari-hari, kamu juga bisa bersantai sejenak di meja makan sambil menikmati secangkir teh dan udara segar di taman.

taman yang menjadi ornamen

Taman rumah Jepang ini bisa dikatakan sangat menyatu dengan interiornya. Ada pot khusus dari berbagai tanaman di sepanjang jendela. Ada pohon mini di sudut lain. Selain memberikan dukungan relaksasi, taman ini juga serbaguna, karena hijau dapat menjadi dekorasi minimalis dalam desain Jepang serba putih, dan material kayu yang digunakan.

terus berjemur di bawah sinar matahari

Beberapa tanaman tidak cocok untuk taman rumah karena membutuhkan sinar matahari. Jika Anda memiliki masalah ini, cobalah membangun taman di rumah Jepang dengan aliran cahaya yang baik, seperti inspirasi dengan lubang di langit-langit. Terlihat lebih cantik dengan tanaman yang menjorok di sekitarnya.

Isi area tangga

Area tangga yang kosong bisa diubah menjadi taman di dalam rumah. Suasana lebih hidup dan Anda bisa bersantai kapan saja. Dalam inspirasi ini, ada tanaman berukuran sedang dan kursi beton di dasar tangga. Area tengah memiliki pohon besar yang ditumbuhi parasit, dikelilingi oleh tanaman berdaun besar.

Lantai taman rumah ini dilapisi dengan batu untuk mengurangi risiko mengotori lantai akibat percikan tanah. Jangan lupa bahwa ada jendela besar untuk membiarkan cahaya alami matahari masuk dan tanaman tumbuh dengan baik.

Taman kecil di sudut rumah

Apakah ruang di rumah Anda benar-benar terbatas untuk membuat taman dalam ruangan bergaya Jepang? Tenang saja dan tunjukkan di sudut ruangan bahwa masih ada solusi. Misalnya, di sebuah restoran kecil. Anda hanya membutuhkan sebidang tanah untuk membuat taman di rumah ini, seperti terlihat pada gambar di atas.

Tidak harus menggunakan rumput asli, Anda bisa menggunakan rumput sintetis yang terlihat alami. Tambahkan kursi dan keranjang serbaguna yang bisa dijadikan pot tanaman hias. Jangan lupa gunakan rak dinding atau pot gantung untuk menggantung berbagai tanaman juga. Bukan tidak mungkin memiliki taman di dalam rumah, bukan?