Proposal usaha warung indomie mungkin banyak dicari karena merupakan usaha dengan modal kecil tetapi banyak diminati oleh masyarakat. 

Warung makan indomie memang salah satu warung yang dikenal dan menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Jika kamu ingin membuat warung indomie dan tidak memiliki modal maka kamu harus membuat idea usaha warung indomie yang akan kamu tujukan kepada calon pemodal.

Dilansir dari berbagai sumber, membuat perception akan membantu kamu dan pemodal dalam menyusun kebutuhan modal, produk yang dijual, masalah, kelebihan dan kekurangan, analisa keuangan, proyeksi keuntungan sehingga menjadi garis panduan dalam menjalani usaha tersebut.

Meski sekarang ini banyak bisnis franchise dari warung indomie tetapi hal tersebut kamu tergantung dengan orang lain. Berbeda jika kamu membangun sendiri warung indomie yang akan kamu kelola. Maka usaha tersebut sepenuhnya milik kamu dengan pemodal.

Untuk itulah belief usaha warung indomie ini dibuat agar kamu bisa mendapatkan pemodal atau tambahan modal, bisa kepada pihak keluarga, teman, saudara, maupun pihak economic group yang memberikan modal usaha kecil. Berikut beberapa poin yang harus ada dalam concept tersebut:

Isi propsal Usaha Warung Makan Indomie

1.Penjelasan Mengenai Usaha Indomie

Langkah pertama adalah dengan menjelaskan bagaimana prospeknya usaha warung indomie yang akan kamu buka. Kemudian kamu juga menjelaskan alasan apa kenapa warung indomie yang kamu pilih, bahkan kamu juga harus menjelaskan tentang keunggulan dan yang membedakan dari warung indomie yang akan kamu buka.

Baca Juga: kontenstore

2.Jabarkan Apa Saja yang Akan Anda Jual di Warung Tersebut

Setelah menjelaskan kenapa harus membuka warung indomie dengan segala keunggulan, kendala, dan solusinya, maka pada tahap kedua membuat concept usaha warung indomie selanjutnya dengan memberikan penjabaran terkait dengan produk yang kamu jual.

Dalam hal ini tentu kamu juga harus memberikan penjelasan beberapa menu yang dikreasikan meski dengan bahan dasar mie yang sama. Tetapi kreasi menu ini akan menjadi penarik konsumen untuk berkunjung ke warung indomie kamu.

Beberapa contoh menu yang bisa kamu kreasikan seperti mie goreng, mie rebus dengan toping yang uni, mie canine-canine, bubur kacang ijo, kue pancong, berbagai jenis minuman, berbagai makanan pendukung seperti krupuk, gorengan dan berbagai menu lainnya.

3.Pastikan Anda Sudah Memiliki Tempat Untuk Jualan

Ketika kamu sudah memiliki berbagai variasi menu yang baru, maka hal yang tidak boleh kamu abaikan adalah terkait tempat usaha. Pastikan didalam concept usaha warung indomie kamu telah mencantumkan tempat, dimana pemodal juga bisa memprediksi apakah lokasi warung kopi kamu strategis sehingga mengundang banyak konsumen.

4.Siapa reason Pasar Anda?

Membidik goal sasaran juga sangat penting saat membuat perception. Kamu harus menjelaskan siapa motive yang dituju dari warung indomie yang  akan kamu buka. Jika kamu menargetkan para mahasiswa maka kamu bisa membuka warung indomie berada di sekitar kampus.

Baca Juga :

Analisa Bisnis Parfum Refill

5.Bagaimana Persaingan Usaha Anda di Sana?

Setelah menyusun itu semua, kamu juga harus bisa menjabarkan tingkat persaingan pada usaha serupa. Apakah tergolong ketat karena jarak yang terlalu dekat, atau memang belum ada warung indomie seperti yang akan kamu buat karena memiliki berbagai menu kreatif.

6.Berikan Laporan Keuangan

Hal yang paling paling penting dalam membuat idea usaha warung indomie adalah tentang angka-angka keuangan. Agar kamu bisa sukses mendapatkan modal kamu,maka kamu harus bisa meyakinkan pemodal terkait tentang keuangan yang kamu susun.

Pastikan kamu harus menyusun laporan keuangan dengan lengkap dan detail sehingga tidak banyak pertanyaan dari pemodal.

7.Jelaskan Manajemen Usaha Anda

Nah ketika kamu sudah menyusun keuangan, maka kamu juga harus menjelaskan sistem manajemen dalam usaha warung indomie tersebut.   Meski membuat usaha warung kecil tetapi manajemen kerja juga harus diperhatikan.

8.Bagaimana Sumber Daya Manusianya?

Terkait sumber daya juga harus dijelaskan apakah kamu akan melakukan usaha tersebut sendiri atau dibantu dengan karyawan, sehingga ada penjelasan terkait dengan penggajian dan sistem kerja diantara mereka.

9.Berikan Lampiran yang Lengkap

Langkah terakhir adalah dengan mencantumkan dokumen atau record yang mendukung agar investor yakin bahwa usaha yang akan kamu buat dilakukan dengan profesional.

Nah jika kamu masih bingung, tidak perlu khawatir, berikut  contoh concept usaha warung indomie yang bisa kamu download.