• Fri. Apr 23rd, 2021

Ini Penyebab Timbulnya Ketombe dan Cara Menghilangkanya

Byhary

Mar 15, 2021
Ini Penyebab Timbulnya Ketombe dan Cara Menghilangkanya

Ketombe adalah salah satu masalah yang sangat populer banyak terjadi pada rambut baik pria dan wanita. Tentu saja ini dari sisi penyebab sendiri sangat banyak, dan kita akan kupas tuntas apa saja penyebab yang menimbulkan komedo ini dan tentu saja bagaimana cara menghilangkanya.

Komedo memang bukanlah masalah serius, selain kerontokan pada rambut yang sampai membuat botak. Namun komedo kerap kali menjadi masalah yang membuat anda tidak nyaman tentu saja ketika sedang beraktifitas.

Komedo akan memberikan efek kulit kepala menjadi gatal, kemudian juga dampak serius kalau dibiarkan menumpuk akan merusak akar rambut dan membuat rambut menjadi rontok. Kemudian juga akan meninggalkan bekas putih bisa jadi jatuh pada kerah baju anda, pundak dan ini tentu saja pemandangan yang tidak enak sama sekali.

Tanda-tanda

Ketombe dapat dengan mudah dilihat dengan mata telanjang. Sisik putih ini muncul dalam jumlah besar di rambut dan rontok di bahu dengan ciri ciri atau gejala umum misalkan:

  • kulit kepala gatal
  • kemerahan
  • kulit kepala kering.

Secara umum memang pria lebih sering menderita masalah ini daripada wanita, tetapi kenyataannya tidak demikian. Ini sama-sama relevan untuk kedua jenis kelamin.

Hanya saja ketombe ini sendiri akan sangat terlihat jelas dengan gaya rambut pendek, maka dari itu hati hati jaga penampilan anda dengan rambut pendek jangan sampai anda ketombean.

Kira kira ini beberapa penyebab ketombe timbul secara umum antara lain:

Penyebab ketombe

Penyebab yang paling populer adalah karena adanya regeneasi kulit kepala yang harus diperbarui secara teratur, dan biasanya hal ini terjadi tanpa disadari baik untuk orang itu sendiri, maupun orang-orang di sekitarnya.

Kondisi ini juga semakin di perparah karena adanya jamur, kemudian kotoran bekas minyak rambut yang menempel dan tercampur dengan debu kemudian mengendap pada bagian kulit kepala, mengering dan akhirnya berubah menjadi warna putih dan kerak kerak kecil.

Ketombe bisa terjadi saat kulit kepala menjadi terlalu kering. Kondisi seperti itu berkembang dengan seringnya penggunaan pengering rambut yang dihidupkan pada suhu tinggi, udara yang terlalu kering di ruangan ber ac juga bisa menjadi pemicunya, dan penggunaan vitamin rambut yang mungkin saja tidak cocok.

Ketombe juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi, dimana tentu saja alergi ini akan memberikan efek gatal pada bagian kulit kepala, kemudian mengering dan menjadi ketombe juga bisa. Maka dari itu kami anjurkan anda tetap jaga keberisihan kulit kepala anda jangan sampai berminyak, terlalu kering dengan rajin menggunakan shampo dan perawatan rutin dengan bahan alamiah.

Cara mengobati ketombe

Cara yang paling ampuh memang kami sarankan anda konsultasi dengan ahlinya dalam hal ini dokter misalkan. Dimana mereka akan sangat mampu mendeteksi kondisi kesehatan kulit kepala anda dan memberikan obat yang pas.

Kemudian juga cara lain bisa anda lakukan adalah dengan rutin menjaga kebersihan, mengkonsumsi makanan yang sehat, mencukupi asupan nutrisi dan menjaga pola tidur, jangan sampai stress dan tentu saja harus rutin olahraga karena ini bagian dari pencegahan paling efektif dari dalam tubuh kita sendiri.