Ikuti 5 Tips Ini untuk Memilih Harga dan Mengisi Tas Ransel dengan Efektif

Ketika kita sedang mempersiapkan diri untuk bepergian, baik untuk urusan pribadi maupun pekerjaan, hal yang tentu tidak boleh kita lewatkan ialah saat kita harus memilih harga tas ransel. Soalnya, tanpa adanya ransel, tentu akan sulit bagi kita untuk membawa barang-barang maupun perlengkapan yang kita butuhkan nantinya.

Ransel sendiri menjadi salah satu opsi yang cocok apabila kita tidak bepergian menggunakan koper. Soalnya, kedua barang ini memang memiliki fungsi yang sama, namun harga tas ransel akan dibutuhkan ketika kita melakukan perjalanan yang bersifat simpel, bukan dalam jangka waktu yang lama.

main image

Selain itu, salah satu keunggulan penggunaan ransel ialah kita dapat bepergian secara lebih praktis tanpa perlu terlalu berat memikul beban. Lantas, apa saja sih hal yang bisa kita lakukan agar ransel yang kita kenakan bisa lebih efektif? Berikut ini 5 tipsnya!

1. Pakaian yang kita bawa sebaiknya digulung

Hal pertama yang perlu kita lakukan ketika kita sedang packing pada ransel kita adalah menggulung pakaian yang hendak kita bawa. Trik ini terbukti membantu kita agar seluruh pakaian bisa dibawa, terlebih jika pakaian tersebut jumlahnya banyak.

Makanya, melalui trik ini kita bisa membawa pakaian-pakaian tanpa khawatir ransel tersebut tidak muat. Pada dasarnya, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar teknik penggulungan tersebut bisa efektif, misalnya seperti menggunakan cara militer maupun konmari Jepang. Selain itu, kita pun tetap bisa menggunakan cara standar melalui pelurusan pakaian dan menggulungnya dari bagian bawah ke bagian atas.

2. Benda-benda kecil perlu dipisahkan

Apabila kita bisa memisahkan benda-benda yang kecil, seperti pasta gigi, shampoo, sikat gigi maupun deodoran, maka kita bisa membuat penyimpanan di dalam ransel menjadi lebih efektif. Atau, kita pun bisa menggunakan kantong plastik yang kedap udara sehingga barang tersebut menjadi lebih praktis untuk ditemukan. Jadi, tidak ada lagi waktu yang terbuang sia-sia karena mencari barang-barang tersebut.

3. Hanya bawa baju yang dibutuhkan

Nah, selain menggulung pakaian, kita pun perlu menyeleksi baju yang akan kita bawa. Soalnya, ketika kita menggunakan ransel maupun koper, sangat penting untuk membuat penyimpanan yang efektif. Maka dari itu, kita harus memastikan bahwa setiap pakaian yang kita butuhkan memang merupakan pakaian yang kita butuhan, mulai dari ketika hari pertama hingga hari terakhir kita berkunjung ke suatu tempat.

Tentu saja, setelah itu, kita pun perlu memasukkan pakaian yang untuk hari akhir terlebih dahulu, baru selanjutnya hari pertama. Hal ini akan membuat kita lebih mudah menemukan pakaian yang pertama kali kita akan pakai selama di sana.

4. Jangan sampai ada sela-sela kosong

Hal yang paling umum terjadi ketika kita sedang mengisi ransel ialah ada sela-sela kosong. Padahal, sela-sela kosong ini bisa menimbulkan benturan pada barang-barang sekitar kita. Tentu saja, kita perlu menghindarinya, apalagi jika ada barang yang mudah pecah. Untuk itu, cobalah menyelipkan barang pada sela-sela kosong, misalnya menyelipkan kaos kaki sehingga benturan dapat dihindari.

5. Dimulai dari bawah maupun belakang

Setiap tempat penyimpanan yang ada di ransel perlu disesuaikan berdasarkan urgensinya. Hal ini penting agar berat ransel tetap merata. Makanya, kita perlu memasukkan barang-barang yang agak berat maupun agak besar pada bagian dasar ransel. Barulah disusul dengan barang yang ringan yang kemudian akan membuat berat menjadi rata.