• Wed. Dec 2nd, 2020

Ibu: Kamu Bisa, dan Kamu Pantas Memiliki Semuanya!

Byzuzum gaul

Nov 11, 2020

Mom Sharing – Lima tahun lalu, saya pikir saya sedang sibuk. Saya mengembangkan karir kebugaran saya, menyesuaikan diri dengan olahraga saya sendiri, menghabiskan waktu bersama suami saya, mengurus tugas-tugas rumah tangga sehari-hari seperti membuat makan malam dan berbelanja bahan makanan, dan melakukan petualangan yang menyenangkan seperti backpacking dan berkemah. Lalu, saya menambahkan ‘ibu’ ke jabatan saya.

Jika Anda seorang ibu, Anda memahami tantangan dalam membesarkan anak, menjaga rumah tangga, menjadi istri dan jika Anda adalah bagian dari 70% ibu yang juga bekerja di luar rumah, Anda juga mengejar karier. Apakah Anda memiliki keluarga di dekat Anda untuk membantu Anda, atau jika Anda memiliki ujian tambahan sebagai orang tua tunggal, menjadi seorang ibu bisa menjadi tantangan.

Menyesuaikan waktu untuk Anda tidaklah mudah; Tapi yang jauh lebih menantang daripada logistik untuk meluangkan waktu, adalah ‘rasa bersalah ibu’ yang tetap ada saat Anda mengutamakan kebutuhan Anda sendiri. Menyerah pada rasa bersalah akhirnya memakan korban. Bertahun-tahun memberi secara terus-menerus dapat mengakibatkan kelelahan, kelelahan, penambahan berat badan, dan ketidakbahagiaan karena ‘melepaskan sesuatu’.

Jika ternyata Anda berkorban untuk mengurus diri sendiri demi keluarga, perhatikanlah. Anda bisa, dan Anda berhak memiliki semuanya. Anda dapat memiliki karier, waktu berkualitas dengan anak-anak Anda, berkencan dengan suami, dan tubuh yang bugar. Anda hanya perlu mencium selamat tinggal ibu-rasa bersalah.

Ada dua alasan yang sangat penting mengapa, sebagai seorang ibu, Anda harus menjaga diri sendiri:

1. Merawat diri sendiri- artinya berolahraga secara teratur, menyehatkan tubuh, dan melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia (seperti membaca buku yang bagus, atau berhubungan dengan teman sambil minum kopi) – akan membuat Anda menjadi ibu yang lebih baik. Dengan energi ekstra, Anda akan lebih siap untuk menghadapi tantangan sehari-hari sebagai ibu. Anda akan lebih sabar, pengertian, dan siap bermain.

2. Anda akan menjadi panutan yang positif bagi anak-anak Anda. Anak-anak belajar dengan mengamati- dan tidak ada cara yang lebih baik bagi mereka untuk mempelajari kebiasaan gaya hidup sehat selain mengawasi orang tua mereka. Di usia dini, anak Anda akan belajar bahwa olahraga adalah bagian dari rutinitas sehari-hari, seperti halnya menyikat gigi. Saya merasa bangga ketika putra saya Jacob bertanya apakah saya sudah selesai berolahraga, atau ketika dia bergabung dengan saya untuk satu set push-up. Daripada merasa bersalah, berbahagialah karena Anda bisa menjadi teladan kesehatan yang baik untuk anak-anak Anda.

Sekarang Anda memiliki alasan yang kuat untuk menghilangkan rasa bersalah dalam berolahraga masih bisa menjadi tantangan. Berikut beberapa tip dan trik untuk berolahraga:

1. Jadwalkan waktu ke dalam kalender Anda. Sama seperti janji temu atau pertemuan dengan dokter gigi, waktu latihan Anda perlu direncanakan. Jika Anda kesulitan menjaga pertanggungjawaban latihan Anda, mitra latihan atau pelatih kebugaran dapat membantu Anda tetap pada jalurnya.

2. Persingkat latihan Anda. Dengan latihan yang dirancang dengan baik, Anda dapat beralih dari pemanasan ke peregangan dalam waktu kurang dari 30 menit, dan dapatkan hasil.

3. Ingatlah bahwa APA SAJA lebih baik daripada tidak sama sekali. Saya telah menjadi mangsa ‘apa gunanya berolahraga ketika saya hanya memiliki pola pikir 15 menit. Kemudian saya mengingatkan diri saya sendiri apa yang akan saya katakan kepada klien saya. Setiap jumlah aktivitas lebih baik daripada tidak sama sekali.

4. Berolahraga selama aktivitas anak Anda. Meskipun Anda mungkin ingin menonton aktivitas anak Anda dari waktu ke waktu, ini juga merupakan kesempatan yang tepat untuk menyesuaikan diri dengan latihan Anda. Anda dapat berenang beberapa putaran selama pelajaran berenang anak Anda, atau berlari selama kelas dansa.

5. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, jadikanlah itu urusan keluarga. Anak-anak suka bergerak. Mulai dari bersepeda keluarga, permainan kejar-kejaran di taman, hingga pesta dansa di ruang tamu Anda, nikmati keaktifan bersama anak-anak Anda. Anda juga dapat mencoba pilihan lain seperti kelas kebugaran ibu dan anak serta ibu dan bayi.

Daripada merasa bersalah karena tidak selalu menjadi Ibu Super, berbanggalah karena menjadi ibu yang bugar dan sehat. Dengan menjaga diri sendiri, meskipun itu membutuhkan waktu jauh dari keluarga, Anda akan menjadi ibu yang lebih baik, dan teladan yang positif.