Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Cincin Berlian

Yuk simak informasi di bawah ini untuk mengetahui sebenarnya hal apa saja sih yang perlu diketahui atau diperhatikan sebelum membeli cincin berlian?

Hal Penting Sebelum Membeli Cincin Berlian

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Cincin Berlian

Cincin kawin berlian adalah salah satu benda berharga yang digunakan oleh banyak orang karena mempunyai kilau indah dan mempesona. Namun ternyata, untuk membeli cincin kawin berlian tidak bisa dilakukan sembarangan jika tidak ingin mendapatkan produk tidak bagus. Ada beberapa hal yang perlu diketahui dan di bawah ini adalah penjelasannya, antara lain:

Ketahui budget yang diperlukan 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan budget dan mencari cincin berlian mana yang sesuai dengan budget Anda. Perhiasan berlian adalah perhiasan yang termasuk dalam golongan atas karena harganya yang tidaklah murah. Hal tersebut dikarenakan proses pengolahan berlian yang sangat rumit dan lama. Semakin bagus kualitas berlian maka harganya pun akan semakin tinggi.

Jadi, jika Anda masih mempunyai budget minim tetapi sudah tidak sabar ingin mengenakan cincin kawin berlian maka pilihkan yang karatnya tidak terlalu tinggi. Anda bisa memilih VVS atau clarity VS instead karena perbedaannya tidak akan terlalu terlihat apalagi bagi orang umum. Sebaliknya jika mempunyai budget yang cukup banyak, maka Anda pastinya bisa memilih berlian dengan kualitas yang lebih tinggi.

 Maka dari itu, sebaiknya menabunglah jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan cincin berlian yang diinginkan. Tidak disarankan untuk hutang atau cicil ya, karena itu akan mengganggu cash flow Anda!

Ketahui 4C

Hal selanjutnya adalah Anda perlu mengetahui 4C yang merupakan singkatan dari Carat (ukuran karat), Clarity (tingkat kejernihan), Cut (potongan), dan Color (warna). Perlu diketahui bahwa 4C adalah standar utama yang digunakan untuk menilai kualitas berlian. Standar yang dikembangkan oleh GIA atau Gemological Institute of America ini sudah digunakan oleh pecinta berlian di seluruh dunia.

Dengan mempertimbangkan kualitas berlian berdasarkan 4C ini Anda bisa tahu perbedaan secara cermat antara jenis berlian satu dengan berlian lainnya. Pastinya, beda kualitas akan berbeda pula harga yang ditawarkan. Oleh karena itu, agar tidak salah beli pelajarilah terlebih dahulu mengenai kualitas perhiasan yang Anda idam-idamkan.

Sertifikat

Pada perhiasan berlian, adanya sertifikat adalah hal yang sangat penting karena itu menunjukkan keaslian dari berlian tersebut. Di dalam sertifikat tertera informasi mengenai berlian yang Anda pilih seperti berat, tingkat kejernihan, warna, potongan, proporsi batu, dan polesan atau finishingnya. 

Sertifikat ini biasanya dikeluarkan oleh AGS, IGI, GIA, HRD, EGL, dan layanan lainnya. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan berlian yang dijamin asli maka pastikan berlian tersebut mempunyai sertifikat resmi. Alangkah lebih baiknya untuk memilih berlian dengan sertifikat dari AGS dan GIA karena laboratorium lainnya hanya menilai berlian dengan standar yang ringan.

Dengan membaca artikel ini diharapkan Anda semua yang sedang galau ingin beli cincin kawin berlian bisa menemukan yang berkualitas dan sesuai seperti keinginan. Terima kasih dan selamat mencoba!