Jasa ekspedisi pada saat ini menjadi salah satu bisnis yang paling dominan karena perkembangan dunia digital dan juga tuntutan permintaan yang semakin tinggi dari konsumen. Bayangkan saja, berapa banyak jasa ekspedisi yang bermunculan dalam satu dekade terakhir semenjak adanya peralihan belanja offline ke belanja online.

Dahulu mungkin jasa ekspedisi tidak terlalu diminati banyak orang karena hanya digunakan untuk mengurus dokumen-dokumen atau pengiriman tertentu. Namun, pada saat ini dengan munculnya banyak toko online, maka permintaan akan kebutuhan jasa ekspedisi semakin meningkat. Mungkin sekitar 15 jasa ekspedisi muncul dalam satu dekade terakhir. Mereka pun membuka peluang kepada para produsen dan juga pengusaha kelas UMKM untuk mempermudah distribusi barang dagangan mereka.

Dengan adanya jasa ekspedisi murah, maka produsen tidak perlu berhitung dengan biaya yang terlalu mahal untuk pendistribusian barang dagangan mereka. Karena jasa ekspedisi tentu memiliki hitungan sendiri akan rute pengiriman yang mereka lakukan secara borongan, sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan pendistribusian yang murah.

Jasa ekspedisi pun juga menjadi salah satu alasan banyaknya muncul toko online karena jasa ekspedisi pun membuka banyak cabangnya di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Walaupun dapat dikatakan. cabang jasa ekspedisi di kota-kota besar sangatlah banyak dan di pelosok-pelosok masih sangatlah jarang. Namun, hal ini menjadi pertanda baik karena jasa ekspedisi memiliki peran yang besar dalam mendorong perputaran ekonomi di Indonesia.

Bahkan tidak sedikit juga jasa ekspedisi yang melayani pengiriman hingga ke luar negeri. Tentunya layanan ekspedisi yang demikian memiliki harga yang berbeda dengan pengiriman domestik. Namun, lagi lagi jasa ekspedisi memiliki peranan penting untuk memperluas akses pasar UMKM hingga ke mancanegara.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali jasa ekspedisi yang bekerja sama dengan marketplace-marketplace ternama. Hal ini tentu saja memudahkan penjual dan juga pembeli dalam melacak paket kiriman mereka, sehingga meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti paket kiriman hilang ataupun tidak jelas pelacakan pengiriman tersebut.

Memang masih ada kekurangan pada jasa ekspedisi, terkadang pada jumlah personil yang belum mumpuni sehingga proses pengiriman pun tidak langsung cepat. Namun dengan jumlah yang kadang sedikit, mereka pun tetap memiliki dan menjalankan standar operasional prosedur yang mengharuskan mereka untuk tetap bekerja secara professional karena berkaitan dengan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan.

Banyak sekali masyarakat yang menganggap remeh peran jasa ekspedisi dan terkadang hanya memedulikan kualitas produk dari para penjual tanpa memberikan penilaian terhadap jasa ekspedisi yang digunakan. Penilaian tersebut sangatlah penting demi memberikan penghargaan yang layak kepada jasa ekspedisi yang bekerja secara optimal memuaskan konsumen dan juga mempercepat perputaran roda ekonomi di Indonesia.

Saat ini, PaDi UMKM sebagai salah satu wadah yang mempertemukan BUMN dan UMKM turut menawarkan jasa ekspedisi terbaik dari seluruh Indonesia. Jasa ekspedisi ini tentu merupakan layanan UMKM yang biasa digunakan untuk pengiriman-pengiriman perusahaan yang jumlahnya tidak sedikit. Dengan proses negosiasi yang mudah dan juga monitoring yang lengkap tentunya akan memberikan keuntungan lebih kepada BUMN dan UMKM. Segera gunakan jasa ekspedisi terbaik dari PaDi UMKM!