Dana Minim? Begini Cara Memilih Cincin Tunangan yang Tepat

Pertunangan adalah momen sakral untuk pasangan yang memang ingin serius menikah. Tentunya semua itu tidak akan lepas dari yang namanya biaya persiapan. Salah satunya adalah dalam hal memilih model cincin tunangan terbaru yang harus disesuaikan dengan budget yang ada.

Berbagai macam biaya tentunya harus diperhitungkan dari mulai persiapan sampai dengan hari H pernikahan, termasuk di dalamnya adalah membeli cincin tunangan yang tepat untuk dipakai di jari manis pasangan kamu.

Solusi Membeli Cincin dengan Dana Minim

Begini Cara Memilih Cincin Tunangan yang Tepat

Untuk pasangan yang dananya terbatas alias minim, tentu akan sedikit mengalami kesulitan saat memilih model cincin tunangan terbaru yang tepat. Kadangkala harus berkeliling ke beberapa toko cincin untuk mendapatkan cincin dengan harga yang cukup miring. Berikut adalah tips-tips memilih cincin yang kamu jadikan panduan;

1. Ketahui Jenis Logam Mulianya

Cobalah untuk berdiskusi dengan pasangan terkait jenis logam mulia yang diinginkan. Jika budget kamu cukup banyak, maka kamu bisa memilih logam mulia berwarna, misalnya safir atau ruby.

Tapi jika dananya terbatas, mungkin alternative logam moissanite atau logam zirconia bisa menjadi alternatif yang patut kamu pertimbangan dengan pasangan. Dua jenis logam ini masih kelihatan nampak seperti berlian, walau harganya jelas lebih murah dibandingkan berlian. Jadi, masih keliatan cantic dan elegan di depan banyak orang.

2. Jika Memilih Emas, Pahami Fluktuasi Harga

Jika hendak memilih emas sebagai cincin tunangan, kamu harus memahami fluktuasi harganya. Akan lebih baik jika kamu membeli emas ketika harga emas sedang mengalami penurunan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

3. Memilih Ukuran Logam Mulia yang Lebih Kecil

Ada banyak sekali model cincin tunangan terbaru dengan berbagai macam ukuran, dari yang kecil hingga besar. Kamu bisa memilih ukuran logam mulia yang lebih kecil jika dananya terbatas. Karena semakin besar, tentu saja budget juga semakin besar.

Faktor lain yang mempengaruhi selain ukuran adalah, kualitas dari batu mulia yang digunakan dan juga Teknik pemotongannya. Maka pilihlah dengan bijak agar sesuai dengan dana yang ada di kantong.

4. Memilih Karat yang Lebih Kecil

Biasanya ada perbedaan harga yang sangat mencolok antara berlian dua karat dengan berlian 1,7 karat. Sebab, berlian seringkali dihargai dengan karat yang sudah dibulatkan. Itulah sebabnya, harga berlian dua karat akan sangat berbeda jauh dengan berlian 1,7 karat.

Nah, kamu bisa memilih untuk membeli cincin tunangan yang ukuran 1,7 karat. Dari segi harga, tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan yang berukuran 2 dua karat. Namun, walaupun begitu, berlian yang ukuran karatnya lebih rendah ini masih sangat layak untuk menjadi hadiah di momen spesial tersebut.

Itulah beberapa tips dalam memilih model cincin tunangan terbaru jika dana yang kamu miliki masih terbatas atau minim. Walau dana yang kamu miliki belum mampu untuk memberikan berlian dengan kualitas terbaik, ketulusan dan kesucian cinta kalian berdua akan tetap bersinar seindah logam mulia yang tercantik di dunia.