DAFTAR UMKM KAMU DI LAPAK BARU BERNAMA PASAR DIGITAL UMKM

DAFTAR UMKM KAMU DI LAPAK BARU BERNAMA PASAR DIGITAL UMKM

Saat ini pemerintah telah meluncurkan sebuah platform digital marketplace B2B dan B2C yang akan digunakan sebagai lapak baru UMKM. Apalagi di era pandemi ini UMKM sangat kesulitan mendapatkan pelanggan tetapnya. PASAR DIGITAL UMKM ini diharapkan dapat menjadi tempat bangkitanya UMKM di era pandemi ini.

Pemerintah melihat sebuah kelemahan yang ada dalam sistem pengadaan barang dan jasa BUMN selama ini. Pengadaan barang dan jasa BUMN yang selama ini dilakukan dengan sistem lelang atau sistem tender tentu tidak dapat dimanfaatkan oleh beberapa sektor ekonomi lainnya.

Pemerintah melihat bahwa UMKM bisa menjadi supplier pengadaan barang dan jasa BUMN. Oleh karenanya PASAR DIGITAL UMKM hadir untuk memenuhi berbagai kebutuhan barang dan jasa BUMN.

BUMN juga memang mengalami kesulitan di era pandemi ini terutama dalam menemukan supplier yang tepat terkait pengadaan barang dan jasa BUMN. Apalagi pertemuan tatap muka di era pandemi ini sangat dibatasi demi mengurangi potensi penyebaran virus Corona.

PASAR DIGITAL UMKM hadir dengan inisiasi Kementerian BUMN. Inisiasi ini juga menjadi bukti bahwa Kementerian BUMN serta BUMN sangat memiliki peran untuk mendorong berbagai sektor ekonomi lainnya. Apalagi melihat potensi UMKM di seluruh Indonesia saat ini sangatlah bagus.

Memang UMKM telah memberikan kontribusi yang begitu besar bagi Indonesia, tetapi mereka kesulitan dalam menemukan pasar. Apalagi kebanyakan saat ini, pasar yang dihadirkan berisi produk yang sama sehingga masyarakat mengalami kejenuhan karena banyak yang menjadi re-seller.

Oleh karenanya PASAR DIGITAL UMKM bisa menjadi salah satu langkah mereka untuk memperluas pasar mereka. Perlu dibedakan ya antara PASAR DIGITAL UMKM B2B dan juga PASAR DIGITAL UMKM B2C.

Keuntungan PASAR DIGITAL UMKM B2B adalah sebagai berikut:

  1. Berpotensi mendapatkan transaksi dari BUMN dalam skala yang besar
  2. Berpotensi mendapatkan pinjaman dengan hanya mengajukan invoice
  3. Produk dapat dilihat oleh calon pembeli BUMN se-Indonesia

Sedangkan untuk PASAR DIGITAL UMKM B2C, keuntungan yang bisa diraih adalah sebagaimana berikut ini:

  1. Apabila Anda sudah memiliki beberapa toko di beberapa marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Lazada dan juga Shopee, Anda bisa mengelola produk dan transaksi terpusat melalui PASAR DIGITAL UMKM. Jadi dengan begitu, Anda bisa mengelola toko Anda dengan mudah.
  2. Dengan mendaftar di PASAR DIGITAL UMKM, usaha Anda akan otomatis tercatat sebagai daftar UMKM yang akan dimonitor secara langsung oleh Kementerian BUMN.
  3. Anda bisa mengintegrasikan data pelanggan Anda dari seluruh channel yang nantinya bisa Anda maksimalkan dengan fitur CRM yang tersedia.
  4. UMKM yang belum terdaftar sebagai supplier belanja barang dan jasa BUMN akan didukung untuk naik kelas sebagai UMKM yang bertugas menyediakan pengadaan barang dan jasa BUMN.

Jadi, PASAR DIGITAL UMKM tentu akan mendorong usaha UMKM ke arah yang lebih baik. Segera daftarkan UMKM Anda di PASAR DIGITAL UMKM B2B & PASAR DIGITAL UMKM B2C.