Karakteristik Linguistik Teks Proses Kompleks – Proses kompleks adalah langkah-langkah yang diambil untuk mencapai suatu tujuan. Banyak kegiatan di lingkungan kita yang terprogram.

Seperti cara membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP), cara membuat Surat Izin Mengemudi (SIM), dan cara menggunakan ATM, dll.

Jadi, menurut Kosasih, teks prosedur kompleks ini digunakan untuk menjelaskan langkah-langkah melakukan sesuatu secara lengkap, jelas, dan rinci.

Jadi bagi orang yang ingin melakukan sesuatu, cukup memahami langkah demi langkah, sehingga tidak akan dilewati di masa depan, dan ada kekurangan prosedural.

Sedangkan menurut Mahsun, teks prosedur atau teks instruksi merupakan salah satu jenis teks faktual dari subgenre prosedural.

Tujuan dari artikel ini adalah sosial. Intinya adalah untuk memandu langkah-langkah yang sudah dijelaskan.

Teks prosedur pada hakikatnya berupa eksperimen atau pengamatan yang menonjolkan aspek bagaimana melakukan sesuatu.

Itulah sebabnya dalam teks proses kompleks ini dihadirkan dalam berbagai bentuk tekstual.

Ada teks program kompleks yang berisi deskripsi naratif, bentuk grafis, dan memiliki pengantar singkat.

Ini adalah penentu awal dari langkah selanjutnya. Karena di dalam teks program kompleks ini terdapat kalimat imperatif (kalimat imperatif) yang berguna untuk meminta atau melarang seseorang melakukan sesuatu.

Definisi teks program: apa itu?

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa teks program kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah program yang terstruktur dan parsial untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Dengan Kata Kunci

Karena dikatakan prosedural karena beberapa langkahnya berurutan, tidak terbalik.

Dan itu sifatnya struktural dan komposisional karena bertahap dan ada komponen di setiap tahapnya.

Fitur linguistik dari teks prosedur yang kompleks

Fungsi bahasa untuk teks program yang kompleks hanyalah 8 fungsi yang memungkinkan Anda membuat teks program yang kompleks dengan lebih mudah. Ciri-ciri teks tersebut adalah:

  1. Gunakan kalimat imperatif, seperti Make, dan tuliskan.
  2. Penggunaan umum peserta manusia. Setiap orang diminta untuk menulis, dan Andalah yang diminta untuk melakukan sesuatu, bahkan jika Anda ditakdirkan untuk muncul dalam teks.
  3. Konjungsi bersyarat/pilihan/praanggapan kadang-kadang digunakan untuk membuktikan bahwa tidak ada teks prosedur yang kompleks dalam teks.
  4. Gunakan kata kerja material. Kata tersebut dikenal untuk menekankan tindakan tubuh seperti (menambahkan) dan (minum). Contohnya adalah menambahkan 1 sendok gula untuk membuat teh” dan “teh siap diminum”.
  5. Gunakan kata kerja tindakan untuk menggambarkan perilaku seperti menyetujui, menolak, melepaskan, dan menerima.
  6. Gunakan konjungsi temporal, yaitu konjungsi tentang urutan kronologis, sebagai sarana kohesi tekstual, misalnya pertama, kedua, kemudian, kemudian.
  7. Gunakan kata sifat untuk menandai suatu kondisi.
  8. Gunakan konjungsi seperti kondisi, opsi, dan preset. Kata yang sama digunakan melalui tiga konjungsi di atas, seperti jika, jika, jika, ketika, jika, jika.

Struktur teks proses

Struktur dalam teks proses kompilasi adalah:

  1. Tujuan

Sebagai struktur teks prosedur, tujuan dari makalah ini dirumuskan, dan ada hasil akhir yang ingin dicapai. Oleh karena itu, ketika membuat teks program ini, ada arahan yang jelas bagi mereka yang membaca dan menjalankan program ini.

  1. Langkah-langkah

Memenuhi definisi teks program yang berisi langkah-langkah. Pada bagian struktur teks, proses juga penting karena memiliki langkah-langkah yang dilakukan secara teratur daripada bolak-balik untuk sampai ke poin pertama, tujuan.

  1. Koneksi

Seperti disebutkan di atas, fitur bahasa teks program adalah kompleks, dan konjungsi juga merupakan struktur teks program.

Di sini, konjungsi adalah kata atau ungkapan yang menghubungkan dua unit linguistik yang sama.

Artinya kata demi kata, kalimat demi kalimat, kalimat demi kalimat.

  1. Deskripsi waktu

Adverbs of time yang merupakan bagian dari procedural text adalah deskripsi yang muncul ketika sebuah fenomena terjadi dalam sebuah kalimat atau bahkan sebuah teks.

Demikian informasi tentang ciri kebahasaan teks prosedur kompleks. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Itu saja, terima kasih. Salam berbagi teman.