Kanopi baja ringan sering menjadi pilihan karena anti karat dan juga kuat. Pada umumnya pembuatan kanopi bertujuan untuk peneduh halaman, carport/tempat parkit, ataupun dipasang pada bagian pintu masuk. Berikut informasi mengenai cara pasang kanopi baja ringan tanpa tiang.

3 Cara Pasang Kanopi Baja Ringan

Ada tiga cara pasang kanopi baja ringan tanpa tiang yang bisa Anda terapkan. 

1. Menggunakan Penyangga Bawah

Menggunakan penyangga bawah menjadi salah satu solusi dalam pemasangan kanopi baja ringan. Meskipun pemasangan kanopi ini tetap membutuhkan tiang, namun tiang tersebut tidak dipasang mulai dari bawah. Dengan demikian Anda bisa memiliki raung gerak yang luas.

Penyangga kanopi pada pemasangan ini menempel ke tembok. Oleh karena itu, Anda harus memahami bahwa struktur ini berpegang pada kolom. Dengan demikian diperlukan kolom yang kokoh dan kuat agar penyangga memiliki kekuatan yang baik.

Cara pasang kanopi baja ringan model ini perlu mempertimbangkan besaran dan bobot dari kanopi tersebut. Akan tetapi karena menggunakan baja ringan, maka bobot dari kanopi ini biasanya tidak terlalu berat.

2. Menggunakan Penyangga Atas

Hampir sama dengan teknik pemasangan kanopi baja ringan yang pertama, pada teknik ini kanopi baja ringan gantung dibuat dengan penyangga di atas. Pemasangan dengan teknik ini membuat kanopi lebih rapi karena penyangganya tersembunyi di balik kanopi.

Penyangga atas ini berpegangan pada kolom. Sehingga diperlukan kolom yang kokoh dan kuat untuk menahan kanopi tersebut.

3. Dibuat di Antara Tembok

Teknik pemasangan kanopi baja ringan yang terakhir ini membutuhkan kondisi bangunan yang sangat spesifik. Bagi Anda yang memiliki bangunan dengan dua tembok yang memiliki tinggi yang sama, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk memasang kanopi.

Kondisi ini memungkinkan Anda memiliki kanopi tanpa tiang. Namun, sebelumnya pastikan kedua tembok tersebut mampu menopang beban kanopi yang akan dipasang. 

Jika tidak memungkinkan untuk memasang kanopi baja ringan tanpa tiang, Anda bisa memasangnya menggunakan tiang. 

Cara Memasang Kanopi Baja Ringan dengan Tiang

Adapun cara pasang kanopi baja ringan dengan tiang adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pengukuran area yang akan dipasang kanopi baja ringan.

  • Memilih jenis baja ringan yang akan digunakan. Ada tiga jenis baja yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu baja ringan truss, spandek, dan bondek.

  • Membuat tiang kanopi baja ringan yang disesuaikan dengan kanopi yang akan dipasang. Pada umumnya ukuran tiang yang dipasang memiliki panjang 3 hingga 4 meter dan setiap tiang dilapisi oleh dua baja ringan.

  • Merancang rangka atap kanopi. Jumlah baja untuk rangka kanopi disesuaikan dengan luas kanopi yang akan dipasang.

  • Memilih bahan atap yang tepat. Ada tiga atap yang banyak direkomendasikan, yaitu atap spandek, gogreen, dan metal. 

  • Pemasangan kanopi.

Demikian cara pasang kanopi baja ringan yang bisa diterapkan di rumah Anda. Pastikan Anda melakukan perhitungan yang cermat agar pemasangan kanopi baja ringan bisa kokoh dan sesuai. Saat jual beli rumah, adanya kanopi ini bisa menjadi nilai tambah dari rumah tersebut.

 

By roket