7 Cara Menyembuhkan Kutil Kelamin yang Mengganggu

Kutil kelamin adalah salah satu jenis infeksi seksual yang dapat menular yang muncul dijaringan lembab pada area sekitar kemaluan. Kutil kelamin dapat berupa kecil tetapi banyak namun ada juga yang besar namun sedikit namun biasanya tampak seperti benjolan kecil berwarna seperti daging atau sekumpulan mirip kembang kol. Menurut Mayo clinic, penyebab kutil kelamin adalah beberapa jenis strain human papilomavirus (HPV).

Kutil kelamin ini terjadi pada laki-laki maupun perempuan jadi siapapun bida mengalami penyakit seksual ini.

Pada wanita, penyakit ini biasanya muncul di bibir bagian luar vagina atau vulva, dinding vagina, sluran anus, leher rahim, dan area antara alat keamin dan anus. Sementara pada pria, penyakit ini biasanya terjadi di ujung batang penis, buah zakar, atau anus.

Bahkan jika seseorang melakukan kontak seksual dengan orang penderita yang terinfeksi, penyakit ini dapat berkembang hingga mulut dan tenggorokan.

Cara untuk menghilangkan kutil kelamin ini biasanya menggunakan obat yang diberi dokter maupun dengan melakukan operasi-operasi yang dilakukan oleh dokter. Namun pengobatan tersebut juga akan terhambat jika pasien itu merokok, menggunakan sabun mandi yang mengandung parfum, dan berhubungan seks ketika sedang mengalami kutil.

Untuk itu, berikut adalah beberapa cara menghilangkan kutil kelamin:

  1. Menggunakan obat-obatan

Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan sebagai langkah awal menyembuhkan penyakit kutil kelamin ini. obat-obatannya biasnya berbentuk salep seperti asam trikroasetat, imquimod, podophylin, sinecatechin. Asam trioasetat adalah salep yang berfungsi untuk membakar kutil kelamin, podophylin salep untuk menghancurkan jaringan kutil kelamin, sinecatechin adalah salep untuk menangani kutil kelamin bagian luar, dalam, atau sekitar anus. Sedangkan imquid ini berbeda dengan salep-salep lainnya karena salep ini merupakan salep untuk mengatasi kutil kelamin dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

 

  1. Memakai krim topical

Krim topikan adalah salah satu obat oles untuk menghilangkan kutil pada kelamin. Krim topical ini banyak jenisnya, salah satu krim topical yang paling efektif dan minim efek samping adalah krim tropical dari ekstrak teh hijau. Namun krim tropical yang lain juga biasanya efektif dan minim efek samping.

 

  1. Melakukan cryotherapy

Cyrotherap merupakan salah satu cara menyembuhkan kutil kelamin yang cepat dan efektif. Terapi ini menggunakan nitrogen cair untuk membebukan kutil kelamin. Kutil akan melepuh jika menggunakan nitrogen ini dengan begitu kutil kelamin akan mudah sembuh namun cara ini harus dijalani dengan baik agar tidak terjadi efek samping yang berbahaya.

 

  1. Operasi laser

Operasi laser juga merupakan cara cepat untuk menghilangkan kutil kelamin. Namun operasi ini harus dilakukan oleh dokter atau orang yang ahli, karena operasi ini akan berbahaya jika salah dilakukan. cara ini menggunakan sinar laser untuk mengoperasi jaringan kutil. Biasanya sebelum melakukan operasi, pasien akan dibius terlebih dahulu agar dapat megurangi rasa sakit. Bius ini bisa menggunakan anestesi loka atau umum, tergantung jumlah dan ukuran kutil. Operasi laser ini biasanya akan dilakukan juka kutil kelamin itu sudah sulit untuk disembuhkan maupun sudah sangat parah.

 

  1. Elektridesikasi

Elektridesikasi adalah membakar bagian kutil dengan aliran listrik. Ahli bedah melakukan elektridesikasi untuk menghilangkan kutil kelamin yang sesuai dengan prosedur medis. Cara ini akan mengikis jaringan kutil keamin jika kutil sudang mengering. Setelah itu kutil akan hilang. Tindakan ini dilakukan oleh medis menggunakan bius atau anestesi terlebih dahulu, sama halnya dengan operasi laser. penyembuhan dengan elektridesikasi ini biasanya dapat memakan waktu antara empat hingga enam minggu.

By sartika