Apakah Anda berniat untuk mengejar karir sebagai programmer komputer atau sudah menjadi programmer komputer? Bekerja sebagai programmer merupakan hal yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia sendiri karena selain diminati tentunya dari segi penghasilan juga sangat menggiurkan. Tidak perlu dikatakan bahwa menjadi seorang programmer bukanlah tugas yang sederhana, Anda harus memiliki soft skill yang kuat. Berikut adalah beberapa cara untuk menjadi seorang programmer..

Kemampuan dalam Bahasa Inggris

Kemampuan berkomunikasi dengan lancar dalam bahasa Inggris jelas diperlukan jika Anda ingin meniti karir sebagai programmer komputer. Dalam hal menulis dokumentasi untuk bahasa pemrograman, bahasa Inggris mutlak diperlukan.
Untuk itu, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang kuat akan memudahkan Anda untuk mengidentifikasi hambatan jika Anda mengalami kendala atau mengalami kesalahan.

Kapasitas untuk Membaca Sumber Pemrograman

Setelah itu, tak perlu dikatakan lagi bahwa Anda harus bisa membaca sumber kode. Padahal, perlu diketahui bahwa logika dan source code tentunya harus sejalan satu sama lain agar nantinya Anda tidak bingung ketika sedang membangun sebuah program atau aplikasi. Anda harus memiliki setidaknya beberapa tingkat kompetensi di bidang ini.
Karena Anda dapat membuat atau mengedit kode program secara mandiri atau bekerja sama dengan orang lain saat mengerjakan proyek bersama.

Debug

Untuk dapat membuat program yang ditujukan untuk pemula, Anda harus memiliki keterampilan dasar seperti debugging. Debugging adalah proses mencari masalah, terkadang dikenal sebagai bug atau error, dalam sebuah program yang sedang dalam proses pembuatan. Kemampuan untuk men-debug perangkat lunak sangat penting untuk dimiliki oleh seorang programmer untuk mempertahankan sistemnya sendiri dari serangan hacker dan cracker.
Program atau aplikasi yang Anda tulis di kemudian hari tetap dapat berjalan dengan aman dan tidak mudah rentan terhadap serangan yang dapat membahayakan sistem.

Tambahkan Pengalaman

Contoh yang baik dari orang yang bercita-cita menjadi programmer yang hebat adalah seseorang yang memiliki pengalaman yang selalu dikembangkan. Ketika Anda memiliki lebih banyak pengalaman, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar.
Sejumlah besar pengalaman menunjukkan bahwa Anda telah melakukan banyak pekerjaan dan usaha di bidang pemrograman. Oleh karena itu, ketika memasuki dunia kerja, Anda tidak lagi bingung karena telah berpengalaman di bidang ini dan telah belajar banyak hal dan hambatan yang muncul saat membuat program. Ini karena Anda telah belajar banyak hal dan masalah yang terjadi saat membuat program.

Memulai Pemrograman

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan Anda adalah dengan lebih banyak berlatih. Karena, sama seperti diri kita sendiri, memiliki pengetahuan teoritis saja jelas tidak cukup jika tidak dibarengi dengan pengalaman pemrograman langsung.
Saat mencari pekerjaan, bahkan proses pembuatan program ini mungkin bisa menjadi tambahan portofolio. Atau jika Anda tertarik untuk mencari pekerjaan sampingan di bidang pemrograman, program-program yang telah Anda kembangkan dapat menjadi aset bagi Anda dalam hal mendapatkan klien.

Kunjungi situs Nextgen jika Anda tertarik untuk mencari lowongan kerja programmer. Mungkin ada lowongan di sana untuk Anda. Ada banyak jenis pekerjaan terkait TI yang tersedia di Nextgen. Anda bisa langsung menuju website nextgen.co.id untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

By mirfan