AutoFamily perlu tahu bahwa cara mengurus surat kehilangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) tidaklah sulit. Apabila saat ini Anda sedang dihadapkan dengan masalah STNK mobil yang hilang, jangan panik dan ikutilah informasi yang akan Auto2000 sampaikan melalui artikel ini.

Pada pembahasan kali ini, Auto2000 akan memberikan informasi seputar cara mengurus surat kehilangan STNK di kantor polisi dan bagaimana cara membuat STNK yang baru. Silakan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengurus Surat Kehilangan STNK Di Kantor Polisi

Surat keterangan hilang diperlukan untuk pengajuan STNK baru. Bagaimana cara mendapatkan surat keterangan hilang ini?

Pertama-tama, AutoFamily perlu mengunjungi kantor polisi terdekat baik itu Polsek maupun Polres. Nantinya, Anda akan diminta untuk menunjukkan KTP dan fotokopi dokumen yang hilang sebagai bukti kepemilikan dari STNK yang hilang.

Namun, bila AutoFamily tidak memiliki copy dari STNK yang hilang, bagaimana cara mengajukan surat keterangan hilang tersebut? Anda tidak perlu khawatir karena pengajuan surat tersebut bisa dilakukan dengan menunjukkan BPKB dari STNK kendaraan mobil yang hilang.

Pembuatan surat laporan kehilangan STNK di kantor polisi tidak memakan waktu yang lama. AutoFamily hanya perlu menunggu sekitar 5 hingga 10 menit atau tergantung dengan seberapa panjang antrian di kantor polisi tersebut.

Namun untuk mendapatkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian, Anda perlu memiliki surat pengantar dari RT atau RW tempat tinggal.

Baca juga:Pernah Mendengar Tentang Arti STNK Only?

5 Langkah Membuat STNK Baru Di Samsat

Setelah AutoFamily mendapatkan surat keterangan hilang dari kepolisian maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengunjungi kantor Samsat terdekat.

Pastikan Anda juga sudah membawa semua berkas yang dibutuhkan supaya proses mengurus STNK hilang dapat berjalan lancar. Setidaknya ada 5 langkah yang perlu Anda ikuti dalam membuat STNK yang baru.

1. Cek Fisik Kendaraan

Cek fisik dilakukan untuk mendapatkan informasi terkait kendaraan bermotor yang Anda punya. Pengecekan ini bertujuan untuk melihat apakah mobil Toyota AutoFamily masih layak untuk digunakan dan tidak membahayakan pengemudinya maupun pengguna jalan lainnya.

Selain itu, mobil AutoFamily juga akan dilakukan uji emisi untuk melihat kualitas pembuangan gas apakah masih dalam kondisi yang baik atau bahkan berpotensi menyebabkan polusi udara. Setelah semua informasi didapatkan maka hasil cek fisik tersebut akan difotokopi untuk keperluan mengurus STNK yang hilang.

DAPATKAN PROGRAM CICILAN RINGAN TOYOTA NEW CALYA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap. Berikan juga semua dokumen yang diperlukan ke loket. Berikan surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian, fotokopi KTP pemilik kendaraan bermotor, Fotokopi STNK, BPKB asli, sekaligus formulir pendaftaran yang telah diisi sebelumnya.

3. Pembuatan STNK Baru

Langkah selanjutnya ialah pembuatan STNK baru. Ketika semua dokumen yang diberikan sudah lengkap maka Anda akan langsung diarahkan menuju loket BBN II (Bea Balik Nama) untuk membuat STNK yang baru.

Baca juga:Cara Bayar Pajak STNK Online Untuk Kendaraan Bermotor Terbaru

4. Pembayaran Biaya Pembuatan STNK

AutoFamily hampir sampai di ujung rangkaian proses pembuatan STNK baru. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membayar biaya pembuatan STNK baru.

Biaya mengurus STNK hilang diatur sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No.60 tahun 2016. PP tersebut mengatur tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), baik perpanjangan dan penerbitan SIM, serta STNK. Biaya yang dibutuhkan untuk penerbitan STNK baru bagi kendaraan bermotor roda 4 sebesar Rp200.000.

Namun, apabila AutoFamily masih memiliki pajak mobil yang belum dibayarkan, maka pastikan agar Anda telah menyelesaikan pembayaran tersebut sebelum mengurus STNK yang baru. Pasalnya penerbitan STNK tidak bisa dilakukan kalau Anda tidak membayar pajak kendaraan bermotor terlebih dahulu.

Hal ini berlaku untuk semua jenis kendaraan, baik kendaraan bermotor roda 2 maupun kendaraan bermotor roda 4. Dengan demikian, proses pembuatan STNK baru tidak membutuhkan waktu yang lama.

5. Menunggu Pembuatan STNK Baru

Sebagai langkah terakhir, AutoFamily hanya perlu menunggu pembuatan STNK yang baru. Anda harus menyerahkan bukti pembayaran terlebih dahulu dan petugas Samsat akan langsung memproses pembuatan STNK mobil yang baru.

Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu petugas memanggil nama. Saat nama Anda dipanggil, langsung saja melakukan pengambilan STNK baru di loket.

Mudah sekali bukan cara untuk mengurus surat kehilangan STNK? Agar proses pengecekan fisik mobil dapat berjalan dengan lancar ketika AutoFamily ingin membuat STNK yang baru, maka selalu pastikan bahwa kendaraan Anda diservice secara berkala.

​​Baca Juga:Begini Caranya Mengurus SIM yang Hilang

Service berkala sangat dibutuhkan oleh mobil Anda untuk menjaga performa mesin agar dapat digunakan dalam waktu yang lama dan dapat menunjang keselamatan serta kenyamanan selama berkendara.

Untuk itu, silakan kunjungiAuto2000 Digiroomsekarang juga apabila AutoFamily ingin melakukan service berkala. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking Home Service melalui Auto2000 Digiroom.

KunjungiDealer Toyotasekarang juga dan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sedang Mencari Jasa Urus Stnk Bali ? Kunjungi https://samsatbali.com/ untuk solusi lengkap seputar adminsitrasi kendaraan Anda.

By Drajad