Jika iOS di perangkat iPhone Anda telah diperbarui ke iOS terbaru (minimal iOS 12, iOS 13 stabil), Cara Mengaktifkan dan Menggunakan NFC (Near Field Communication) di iPhone kini telah tersedia. Artinya, Anda dapat melihat saldo e-money dan mengisi saldo e-money langsung dari smartphone iPhone Anda.

Khusus untuk Anda pengguna iPhone 6 series, iPhone 6s, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dll, serta iPhone SE (generasi ke-2), Anda sudah dapat menggunakan NFC dan memperbarui ke versi terbaru melalui iOS (iOS 14 pada saat penulisan ini).

Namun, Anda perlu memastikan bahwa jenis NFC yang ingin Anda baca (scan) adalah NFC dengan format NDEF (NFC Data Exchange Format). Perlu diingat bahwa saat ini (sampai posting ini) NFC adalah jenis yang digunakan oleh iPhone.

NFC, chip yang sering terdengar dalam pembayaran elektronik (e-Money), memang sudah lama ditunggu-tunggu oleh pengguna iPhone. Pada saat itu, ponsel Android pertama yang menawarkan NFC adalah Samsung Nexus S.

Sejarah iPhone NFC

Sebagai pengantar, kita akan membahas sedikit tentang “nama terkenal” e-Money. Penamaan sebenarnya adalah istilah umum. Namun, sangat populer dan identik dengan kartu e-money Bank Mandiri. Sedangkan untuk alat pembayaran elektronik di media server atau chip di bank lain, beberapa di antaranya memiliki produk yang sama.

Misalnya Bank BCA bernama Flazz, Bank BNI bernama Tapcash, dan Bank BRI bernama Brizzi. Namun, masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan Mandiri e-Money, apalagi sekarang sudah didukung dengan fungsi NFC iPhone.

Bahkan, Apple pertama kali menawarkan NFC pada tautan iPhone, seri iPhone 6 (September 2014). Namun, itu hanya dapat digunakan dengan Apple Pay. Namun, sejak pembaruan iOS 11, iPhone telah dapat membaca tag NFC tanpa memerlukan aplikasi khusus.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jenis NFC yang didukung oleh iPhone adalah jenis NFC dalam format NDEF. Dalam hal ini, format NFC lainnya tidak dapat digunakan di iPhone.

Nah, pada awalnya, salah satu dari dua produk kartu e-money yang mendukung format NDEF (digunakan oleh iPhone) adalah Mandiri e-Money (melalui aplikasi Tokopedia dan Mandiri Online) sejak diperbarui ke versi 2.3.4. Bisa juga digunakan dengan kartu pembayaran elektronik BRI BRIZZI (melalui Tokopedia dan BRImo BRI).

Kemudian pada Februari 2021, BCA mengumumkan final BCA Mobile (BCA Mobile untuk iPhone versi 2.7.2) akhirnya mendukung NFC di iPhone. Dapat digunakan untuk memindai kartu elektronik Flazz miliknya untuk pengecekan saldo dan pengisian saldo.

Cara menggunakan NFC untuk memeriksa dan mengisi saldo e-money Anda di iPhone

Adapun cara menggunakan NFC di iPhone untuk memeriksa saldo dan menambah atau mengisi saldo e-money atau uang elektronik, pastikan Anda menggunakan salah satu dari 2 kartu pembayaran digital berikut:

  1. Kartu Mandiri e-money, atau
  2. Jembatan

Dan gunakan salah satu aplikasi atau mobile banking yang didukung. Misalnya Tokopedia (Mandiri e-Money dan BRI BRIZZI), Mandiri Online e-Money atau BRI BRIZZI BRI.

Saat ini Flazz BCA masih belum tersedia di Tokopedia, sehingga Anda hanya dapat memindai saldo atau mengisi saldo kartu Flazz melalui BCA Mobile Banking.

Nah, untuk tutorial kali ini, misalkan kamu menggunakan aplikasi Tokopedia untuk update saldo dan top up saldo e-money kamu menggunakan NFC di iPhone kamu.

Cara Cek Saldo Kartu Elektronik Menggunakan NFC iPhone

Berikut langkah-langkah cara cek saldo kartu elektronik (Mandiri E-Money atau BRI BRIZZI) menggunakan NFC di iPhone Anda:

  • Gunakan aplikasi Tokopedia untuk iPhone terbaru yang diperbarui.
  • Pada tampilan utama atau home page, pilih menu Top-up & Billing.
  • Kemudian pilih opsi Mata Uang Elektronik.
  • Sekarang, ketuk tombol “Perbarui Saldo” untuk memeriksa saldo kartu elektronik Anda melalui NFC di iPhone Anda. Jika muncul perintah tempel kartu, Anda hanya perlu menempelkan kartu elektronik (Mandiri E-Money atau BRI BRIZZI) ke kamera belakang ponsel atau bagian sensor NFC iPhone.
  • Setelah beberapa saat, informasi terkait uang elektronik Anda akan langsung muncul.
  • Biasanya menunjukkan nomor kartu dan saldo kartu elektronik Anda.

 

Memeriksa saldo kartu elektronik menggunakan NFC iPhone selesai. Gunakan iPhone NFC Anda sekarang untuk top up atau top up saldo kartu digital Anda.

Cara Mengisi Ulang Kartu Digital Anda Menggunakan NFC iPhone Anda

Masih menggunakan Tokopedia dan salah satu kartu elektronik iPhone berkemampuan NFC yaitu Mandiri E-Money dan BRI BRIZZI.

Berikut cara menggunakan NFC iPhone Anda untuk top up atau isi ulang saldo kartu digital Anda dengan Tokopedia:

  1. Nah, setelah cek saldo kartu elektronik, Anda bisa langsung melakukan tindakan untuk melunasi saldo tersebut.
  2. Silahkan klik tombol Isi Ulang Sekarang.
  3. Pilih nominal isi ulang saldo e-money. Minimal Rp 10.000.
  4. Tekan tombol bayar
  5. Pastikan jumlah dan saldo sudah benar, lalu klik tombol OK. Kemudian klik tombol Berikutnya.
  6. Anda dapat membayar langsung dengan OVO Cash. Kemudian ikuti proses pembayaran hingga selesai.
  7. Oke, sekarang pembayaran berhasil. Tapi prosesnya belum selesai!
  8. Kembali ke menu utama atau home page lagi.
  9. Pilih kembali menu Isi Ulang dan Tagihan, lalu pilih opsi Uang Elektronik.
  10. Kemudian klik tombol Perbarui Saldo di sudut kanan atas aplikasi.
  11. Tempelkan Mandiri e-money atau kartu BRI BRIZZI yang baru saja Anda isi ulang. Sama seperti saat mengecek saldo tadi.
  12. Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan “Balance update success”.
  13. Dikatakan bahwa proses pengisian saldo kartu elektronik menggunakan NFC dari iPhone baru telah selesai.

Saldo kartu digital Anda akan meningkat ke jumlah yang Anda masukkan sebelumnya.

Sumber : https://fauxsaics.com/