Aktif di media sosial seperti Instagram kini bisa menguntungkan. Namun, bagaimana cara mendapat uang dari Instagram?

Media Instagram tidak hanya menawarkan konten foto dan video untuk memperbanyak relasi. Namun, bisa pula digunakan untuk kepentingan mencari cuan. Artikel ini menyajikan cara mendapat uang dari Instagram yang wajib Anda ketahui.

  1. Buatlah konten menarik

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuat konten unik dan menarik. Bisa dengan gambar yang estetis, dilengkapi quotes inspiratif.  Namun, usahakan unggahan mencerminkan passion diri.

  1. Lakukan riset untuk profil

Agar konten terlihat menarik, terlebih dahulu melakukan riset. Caranya dengan memperhatikan bagaimana kompetitor membuat unggahan suatu konten setiap hari. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lihat juga contoh-contoh profil pengguna Instagram lainnya.

  1. Menjaga konsistensi dalam unggahan

Konsistensi suatu postingan rupanya merupakan salah satu kunci suatu akun Instagram berkembang pesat dengan memiliki banyak follower. Orang akan percaya bahwa akun Anda aktif terus dan layak diikuti oleh mereka.

  1. Menjadi Influencer

Salah satu cara mendapat uang dari Instagram adalah menjadi influencer atau selebgram. Langkah pertama, melakukan self branding untuk mengundang kepercayaan publik. 

Kemunculan influencer dengan kontennya yang unik cukup menarik perhatian follower yang berpengaruh pada akunnya menjadi centang biru atau termasuk kalangan orang berpengaruh. 

Bila hal itu terjadi, banyak produk ternama yang mulai melirik untuk endorsement atau promosi produk di akun pribadi mereka. 

Jika tertarik, langkah pertama yakni maksimalkan tampilan profil. Lihat beberapa contoh bio instagram milik influencer lain sebagai bahan rujukan.

  1. Mendapatkan sponsor dari suatu produk

Jika suatu akun memiliki banyak follower, kemungkinan besar mendapat sponsor dari produk tertentu untuk melakukan promosi. Jumlah follower menjadi basis banyaknya jangkauan pasar suatu produk.

  1. Melakukan promosi produk

Keuntungan suatu akun yang memiliki banyak follower Instagram adalah dapat membuka layanan promosi. Caranya dengan menayangkan informasi melalui insta story atau feeds agar jangkauannya semakin luas.

  1. Melakukan review produk

Cara mendapatkan uang selanjutnya dari Instagram adalah me-review produk tertentu. Anda bisa bekerja sama dengan brand tertentu, lalu membuat konten review baik berupa gambar, cerita maupun video singkat.

  1. Menjual produk

Menjual produk di Instagram dengan membuat konten yang menarik dan harga terjangkau. Unggah di InstaStory maupun dalam feeds. Berikan penawaran menarik agar follower bisa meliriknya. 

  1. Melakukan kerja sama atau menjadi partner perusahaan tertentu

Melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan merupakan salah satu trik untuk menarik kepercayaan. Personal branding yang kuat dapat menjadikan Anda dilirik sebagai kandidat brand ambassador perusahaan tersebut, karena dinilai memiliki karakter yang sesuai dengan produk mereka.

  1. Menjadi admin akun Instagram 

Jika memiliki kemampuan menjadi seorang pengelola suatu akun, kini saatnya menjajal kesempatan yang menguntungkan yakni menjadi admin. 

Umumnya perusahaan ternama atau yang hendak berkembang membutuhkan pengelola akun untuk melancarkan bisnis mereka.

Demikian beberapa tips cara mendapat uang dari Instagram yang dapat diterapkan sebagaimana yang direkomendasikan. Namun, tidak ada salahnya jika menggunakan jasa SEO profesional untuk mendapatkan banyak keuntungan lainnya.

By roket