Cara Memilih Pakaian Semi-Formal

Apa itu Pakaian Semi Formal?

Pakaian semi formal adalah kategori aturan berpakaian yang sering diperlukan pada acara semi formal seperti pesta liburan, pernikahan, dan di beberapa tempat makan. Pakaian semi formal mirip dengan pakaian kasual bisnis dan sedikit kurang formal dari pakaian koktail.

Pilihan pakaian termasuk kemeja button-down, celana panjang, dan sepatu, dan jumpsuits, gaun teh, dan gaun selutut. Palet warna pakaian semi-formal Anda bergantung pada waktu—pakai warna terang untuk acara siang hari dan warna gelap untuk malam hari.

Untuk anda yang ingin pesan semi kustom, bisa pesan melalui Maketees.net

Pakaian Pernikahan Semi Formal

Undangan pernikahan akan menentukan kode gaun pengantin. Pakaian pernikahan semi formal, kadang-kadang disebut kasual bergaya, populer untuk pakaian tamu pernikahan untuk pernikahan siang hari dan pernikahan malam. Semi formal lebih ditinggikan daripada pakaian pernikahan kasual. Jika ragu, selalu lebih baik berpakaian berlebihan daripada pakaian dalam. Pakaian seperti ini sebenarnya berbeda dengan seragam kerja. Karena memang tidak terlalu format seperti pakaian kerja pada umumnya.

Aturan berpakaian semi-formal sangat umum untuk pernikahan musim panas dan pernikahan pantai ketika suhu yang lebih hangat membutuhkan pakaian yang lebih nyaman, yaitu gaun selutut atau gaun malam. (Jika Anda mengenakan gaun, Anda mungkin ingin menanyakan terlebih dahulu tentang warna gaun pengiring pengantin agar Anda tidak dikira sebagai anggota pesta pernikahan.)

Pakaian Semi Formal Maskulin

Untuk acara semi formal, Anda bisa meninggalkan tuksedo dan ikat pinggang di lemari. Ansambel semi-formal terdiri dari yang berikut: sepatu resmi (seperti sepatu pantofel atau Oxford ), kaus kaki gelap, celana panjang, dan kemeja berkancing.

Setelan gelap selalu merupakan pilihan yang baik. Jika Anda memilih untuk mengenakan jas, dasi atau dasi kupu-kupu adalah opsional. Blazer atau jas olahraga cocok digunakan untuk acara siang hari, sedangkan jas untuk acara malam hari sebaiknya Anda kenakan. Ketika datang ke aksesori, lewati kotak saku dan kancing manset demi aksesori minimal, seperti jam tangan. Hindari pakaian kasual seperti t-shirt, polo shirt, celana khaki, dan sepatu tenis.

Pakaian Semi Formal Feminin

Pakaian semi formal feminin adalah kategori luas yang mencakup gaun midi, gaun maxi, gaun bungkus, gaun koktail, setelan celana, dan jumpsuits. Jika Anda memilih untuk mengenakan gaun, hemline Anda bisa jatuh di bawah lutut. Hindari gaun panjang lantai dan gaun pesta—ini adalah gaun tamu pernikahan yang cocok untuk pernikahan dasi hitam.

Heels, sandal, flats, dan dress shoes merupakan pilihan alas kaki yang tepat untuk acara semi formal; pertimbangkan di mana acara akan berlangsung (tumit di pantai mungkin tidak praktis). Jangan ragu untuk mengenakan aksesori atau perhiasan apa pun yang Anda suka, tetapi jangan salahkan sisi minimalis.