Mengangumi Megahnya Keajaiban Dunia Candi Borobudur

Destinasi wisata Magelang – Menengok ke arah barat laut Kota Jogja, terlihat bangunan candi yang megah dan wajib dikunjungi. Sebagai lokasi perayaan ibadah Waisak oleh umat Budha, candi tersebut juga dibuka untuk pariwisata. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk mengagumi bangunannya yang merupakan mahakarya terbaik yang pernah ada juga menikmati alam yang mengitari kompleks candi. Apalagi jika liburan dengan menggunakan jasa paket tour Jogja. Akan ada banyak keuntungan yang didapat ketika mengunjungi Candi Borobudur. Misal salah satunya adalah tersedianya fasilitas paket wisata dengan kegiatan super seru yang diselenggarakan di kawasan candi ini.

Candi Borobudur merupakan salah satu obyek wisata Magelang yang tidak pernah mati atau bahkan sepi pengunjung. Berikut ini ulasan singkat tentang keindahan Candi Borobudur. Disimak ya guys.

Lokasi Candi Borobudur

Wisata Borobudur ini lokasinya berada di Jalan Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang. Jaraknya dari pusat Kota Jogja sekitar 41.3 km dan dapat ditempuh dengan waktu 1 jam 16 menit.

Dari Kota Jogja, langsung saja menuju Jalan Magelang. Hingga di bundaran flyover Jombor, pilih jalur ke arah Magelang. Tetap berada di jalur utama (Jalan Magelang – Purworejo) sejauh 25.2 km. Sesampainya di pertigaan dekat Pos Polisi Palbapang, belok kiri ke Jalan Mayor Kusen atau Jalan Raya Borobudur sejauh 6.4 km. Sampai di simpang Monumen Proklamasi Soekarno – Hatta, belok kiri lagi masuk ke Jalan Jenderal Sudirman. Lalu belok kiri lagi di pertigaan Parkiran Sepeda Motor Purnama Borobudur. Kemudian belok kiri masuk ke gerbang masuk Candi Borobudur, ikuti jalan utamanya dan belok kanan masuk ke Jalan Borobudur Tram Ride sejauh 260 meter. Terkahir kamu sudah sampai di lokasi wisata Candi Borobudur.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur ini dibuka untuk wisatawan setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 5 sore. Nah, untuk tiketnya, masih terbilang terjangkau guys, yaitu sekitar Rp 40.000 per orang (dewasa), dan Rp 20.000 per orang (anak-anak). Ada juga diskon 50% untuk rombongan pelajar atau mahasiswa dengan jumlah minimal rombongan 20 orang.

Fasilitas Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur ini menawarkan fasilitas yang lengkap berupa, area parkir yang luas, toilet, mushola, toko penjual pernak-pernik khas Borobudur seperti asbak candi, kaos candi dan lain-lain untuk oleh-oleh.

Sepotong Cerita Dari Candi Borobudur

Arsitek bernama Gunadarma sekitar tahun 750 Masehi. Dia berdiri di puncah gunung di kerajaan syailendra. Dia ingin membangun sebuah tempat Ibadan yang berada di tengah danau yang dikelilingi tujuh gung aktif yang sekarang masih dua gunung yang aktif. Dia melihat di tengah danau ada sebuah bukit, juga terlihat sungai berkeok-kelok yang mengalir dari danau. Pokoknya indah sekali pemandangannya.

Pada saat itu kerajaan syailendra merupakan kerajaan dengan pemandangan alanm yang luar biasa indahnya. Meski indah dan tampak sangat cantik, namun lokasinya rawan bencana. Sebagai penganut agama Budha dan taat beribadah, Gunadarma ini ingin kerajaannya bebas dari bencana apapun. Akhirnya di merancang sebuah tempat ibadah umat Budha seperti bentuk bunga teratai mekar yang tumbuh di tengah danau dan diberi nama Candi Borobudur.

Tau nggak sih, Candi Borobudur ini dibangun hampir 1 abad loh guys. Lebih tepatnya sih 75 tahun. Selesai pembangunannya, candi ini terlihat megah, dan cantik layaknya bunga teratai yang sedang mekar. Dinding-dinding candi yang berada pada tingkatan 1 dan 2 sebagai kelopak bunga, sedangkan deretan stupa yang melingkar di tingkatan 3 adalah benang sari. Sementara stupa induk perlambang Sang Budha. Sehingga, Candi Borobudur ini menggambarkan Budha yang sedang duduk di atas kelopak bunga teratai.

Namun, nasib malang menimpa bangunan cantik ini. Saat itu bumi Jawa di guncang gempa hebat dan gunung meletus. Bencana tersebut, menyebabkan danau di sekeliling candi menghilang, guys. Lebih tepatnya kering karena diselimuti debu vulkanik Gunung Merapi.

Menarik sekali ya ceritanya…..

Keindahan dan Kemegahan Candi Borobudur

Lalu, apalagi ya, daya tarik yang ditawarkan candi yang termasuk dalam 7 keajaiban dunia ini? Ini dia :

Arsitekturnya Keren

Bentuk bangunan Candi Borobudur sangat unik, rumit daripada struktur bangunan piramida di Mesir sana. Tau nggak? Candi tersebut dibangun dengan menggunakan material batu seberat 2 ton yang kemudian di susun menjadi sebuah candi satu per satu. Kebayang nggak capeknya kuli bangunan pada saat itu? Sebanyak 60.000 meter kubik batu andesit yang berjumlah dua juta balok batu yang diusung dari Sungai Progo dan Sunagi Elo. Kemudian dipahat dan dirangkai menjadi kepingan puzzle dan disusun hingga menjadi Candi Borobudur.

Pada dinding-dinding candi terdapat relief yang menggambarkan kehidupan masyarakat Kerajaan Syailendra, perjalanan hidup sang Budha beserta ajaran-ajarannya. Relief tersebut diukir dengan ketelitian yang tinggi sehingga menghasilkan lukisan yang sangat nyata.

Jam Raksasa

Kira-kira dimana letak jam raksasanya ya? Cari tahu yuuk! Candi Borobudur dibangun dengan stupa-stupa yang berjumlah kurang lebih 72 stupa. Bentuknya pun unik, menyerupai lonceng namun bentuknya terbalik. Stupa yang paling besar berada di lantai teratas atau berada di puncak bangunan candi.

Dipercaya, si arsitek Gunadarma ini menggunakan stupa-stupa tersebut sebagai titik tanda jam.  Lalu jarum jamnya menggunakan apa? Untuk jarum jamnya memanfaatkan sinar matahari. Sinar matahari yang mengenai stupa terbesar, lalu bayangannya jatuh tepat pada stupa yang berada di lantai bawah. Wow, unik ya jam raksasanya?

Petunjuk Arah yang Tepat

Percaya nggak sih? Candi Borobudur ini merupakan Global Positioning System (GPS) yang sangat akurat hingga saat ini. Kalian tahu kan? Kalau matahari itu terbitnya pas dari arah timur, namun kalau kamu perhatikan dengan teliti, tidak selalu matahari terbit tepat di titik timur. Ternyata, matahari itu terbit hanya 2 kali tepat di titik timur. Nggak percyakan? Arsitek Borobudur benar-benar tahu titik timur yang tepat.

Kosmologi Alam Semesta

Candi Borobudur merupakan karya seni yang tak ternilai harganya. Bangunannya sarat akan filosofi yang berkembang dalam Budha. Menggunakan konsep Mandala yang merupakan lambang dari kosmologi alam semesta dalam ajaran agama Budha. Bangunan candi terbagi dalam tiga tingkatan. Pertama, Kamadhatu (paling bawah) yang melambangkan hasrat atau nafsu. Kedua, Rupadhatu (tingkat kedua) yang berarti manusia tidak lagi dikendalikan oleh hawa nafsu, namun masih memandang sebatas pada dunia saja. Ketiga, Arupadhatu (tingkat paling atas) yang melambangkan kesucian Budha dimana kebahagian sejati itu berada. Tidak lagi terikat oleh hawa nafsu dan karma pada wujud yang berupa atau tidak.

Spot Sunrise dan Sunset Terbaik

Kamu bisa mengabadikan momen berhargamu bersama keluarga di Candi Borobudur dengan foto selfie. Pastinya dengan latar bangunan candi yang sangat megah ini. Kamu juga bisa menikmati pemandangan indah gunung-gunung yang mengelilingi bangunan Candi Borobudur. Seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Menoreh yang seolah-olah menjaga candi ini.

Selain mengambol foto, kamu juga bisa menyaksikan fenomena alam matahari terbit dan tenggelam dari candi ini. Percayalah, ini adalah spot terbaik untuk menikmati pesona matahari muncul di sisi timur dan matahari terbenam di sisi barat. Siapkan kamera mu untuk membidik indahnya pesona alam tersebut.

Waah, keren sekali candi Budha yang satu ini. Pastinya kamu ingin cepat-cepat mengunjungi wisata terhits sepanjang masa ini, bukan? Lalu, kira-kira apa aja sih yang bisa kamu lakukan di area Candi Borobudur ini?

Belajar Seni Dan Sejarah

Candi Borobudur merupakan salah satu spot wisata yang juga menawarkan edukasi tentang memahami seni dan sejarah masa lalu. Melalui panel relief yang terdapat di sekeliling dinding candi ini kamu bakal mengetahui bagaimana cerita menarik yang ingin disampaikan. Untuk bisa membaca keseluruhan cerita, harus berkeliling secara berurutan mulai dari pintu timur di tingkat terbawah dan berjalan memutar searah jarum jam. Begitu seterusnya hingga kamu mencapai puncak candi. Nggak perlu bingung untuk membaca ceritanya, tenang, kana da guide yang siap menemani dan memandu mu keliling candi.

Hunting Foto

Setiap sudut candi ini merupakan spot foto terbaik. Pastikan kamu menggunakan angle foto yang tepat untuk bisa menghasilkan foto yang instagramable.

Hunting Souvenir

Di area candi banyak tersedia toko souvenir yang menjajakan barang-barang unik yang bisa kamu jadikan buah tangan. Pastikan kamu pandai menawar ya guys.

Keliling Kompleks Candi

Disekeliling pelataran candi merupakan area rumput hijau yang biasanya digunakan untuk berjalan-jalan, atau menyewa sepeda mengelilingi kompleks candi. Wah menarik untuk dicoba nih!

Itu dia guys sedikit cerita tentang sejarah, keindahan dan kemegahan Candi Borobudur. Gimana, tertarik untuk datang dan membuktikan sendiri keindahannya? Buruan ke sini, sebelum waktu liburmu habis loh?

Paket Wisata Jogja dan Harga Paket Tour Jogja

Tugu Wisata adalah salah satu rekomendasi agen tour and travel terbaik di Jogja yang siap menjadi fasilitator liburan Anda di kawasan Candi Borobudur. Ada cukup banyak pilihan paket wisata Jogja dengan Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi wisata tujuan. Berikut tercantum daftar pilihan paket wisata Jogja lengkap dengan harganya.

Jenis Paket Wisata Jogja Harga
Paket Wisata Jogja Sehari Mulai dari Rp.180.000/ orang
Paket Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam Mulai dari Rp.530.000/ orang
Paket Wisata Jogja 3 Hari 2 Malam Mulai dari Rp.990.000/ orang
Paket Wisata Jogja 4 Hari 3 Malam Mulai dari Rp.1.200.000/ orang
Paket Wisata Jogja 5 Hari 4 Malam Mulai dari Rp.1.379.000/ orang
Paket Wisata Jogja Bulan Madu Mulai dari Rp.4.000.000/ orang

Jangan lupa untuk gunakan  paket wisata terbaik dan terpercaya seperti paket wisata yang disediakan oleh Tugu Wisata. Perusahaan Tugu Wisata tak hanya menyediakan paket wisata khusus di Jogja saja, melainkan juga ada banyak pilihan paket tour lainnya yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Selamat liburan ya.